tanaman beracun untuk kucing

Hati-Hati! 7 Tanaman Beracun untuk Kucing di Rumah

Tanaman beracun untuk kucing berikut ini faktanya tidak hanya akan membuat kucing merasa lesu tetapi juga bisa mengakibatkan berbagai masalah fatal bagi kucing. Kucing adalah binatang yang umumnya memakanan daging-dagingan dan tidak memakan sayur-sayuran. Namun sesekali kucing akan memakan rumput atau tanaman di sekitarnya. Hal ini bukan karena kucing kelaparan atau menyukai memakan rumput atau tanaman tapi hal ini membantu pencernaannya.

Saat kucing membersihkan bulu di badannya menggunakan lidahnya, terkadang beberapa bulunya tak sengaja tertelan dan menyumbat di saluran pencernaanya. Dengan bantuan rumput atau tanaman yang kucing konsumsi sesekali akan membantu kucing mengeluarkan bulu-bulu di saluran pencernaannya. Maka ak heran jika kucing terkadang suka memuntahkan tanaman iyu beberapa saat kemudian. Tak jarang juga kucing memakan rumput atau tanaman disekitarnya karena bosan.

Namun perlu di ingat jika kucing idak bisa mengonsusmi sembarangan rumput dan tanaman. Dilansir dari data Pet Poison Helpline, sekitar 10% telepon yang masuk berasal dari keluhan kucing yang mengalami keracunan. Keracunan pada kucing tersebut bisa karena kucing tak sengaja menelan insektisida, obat-obatan manusia, dan makanan manusia yang mengandung zat kimia. Selain itu keracunan pun bisa terjadi karena kucing menelan tanaman beracun untuk kucing.

Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki beberapa tanaman di rumah sekaligus memelihara kucing maka ada baiknya kamu memperhatikan jenis tanaman yang kamu miliki di rumah. Kamu bisa menghindari tanaman beracun untuk kucin tersebut agar berada jauh dai jangkauan kucing. Hal ini akan membuat kucing terjauh dari risiko keracunan. Yuk simak 7 tanaman beracun untuk kucing berikut ini.

1. Tanaman Beracun untuk Kucing: Daffodil dan Tulip

Tanaman beracun untuk kucing yang pertama adalah Bunga tulip dan daffodil. Kedua tanaman beracun untuk kucing tersebut memang akan membuat tampilan ruangan di rumah kamu terlihat indah namun dapat menjadi malapeta bagi kucing kamu. Saat kucing tidak sengaja menelan kedua tanaman beracun bagi kucing tersebut maka dapat menyebabkan berbagai penyakit pada kucing. Beberapa reaksi yang dapat terjadi pada kucing diantaranya adalah iritasi perut dan mulut, hilangnya nafsu makan, depresi, kelainan jantung, kejang-kejang, produksi air liur berlebih, dan mual.

2. Tanaman Beracun untuk Kucing: Pakis haji

Tanaman beracun untuk kucing berikutnya adalah pakis haji terutama bagian biji pakis haji. Pakis haji merupakan salah satu jenis pohon palem yang jika dikonsumsi kucing akan menyebabkan efek yang serius pada kucing. Beberapa gejala keracunan yang bisa terjadi pada kucing seteah mengonsumsi daun atau biji pakis haji adalah muntah, diare, kejang, dan yang paling fatal adalah gagal hati.

3. Tanaman Beracun untuk Kucing: Lili

Hampir semua jenis bunga lili merupakan tanaman beracun untuk kucing baik itu tiger lily, asian lily, maupun casa blanca. Tak main-main, tanaman beracun untuk kucing ini bahkan dapat berakibat fatal bagi kucing meskipun kucing hanya menggigitnya satu kali. Dalam kasus buruk, sekali gigitan daun atau serbuk bunga lily dapat menyebabkan gagal ginjal pada hewan peliharaanmu itu. Selain itu kucing bisa jadi akan merasa lesu dan muntah dalam satu jam setelah dikonsumsi.

4. Tanaman Beracun untuk Kucing: Aglonema

Aglonema adalah salah satu tanaman hias yang memang kerap kali digunakan untuk mempercantik ruangan karena bisa disimpan di dalam rumah. Daunnya yang lebar selain terlihat cantik juga terbilang mudah untuk dirawat. Namun perlu kamu ketahui tanaman hias jenis ini masuk ke dalam salah satu tanaman beracun untuk kucing. Aglonemia faktanyamengandung calcium oxalates yang bisa menyebabkan radang pada lidah, tenggorokan, perut, hingga ginjal kucing.

 

5. Tanaman Beracun untuk Kucing: Lidah Buaya

Tanaman beracun untuk kucing selanjutnya adalah lidah buaya. lidah buaya dikenal sebagai tanaman serbaguna karena gelnya bermanfaat untuk membuat rambut kepala subur dan kulit menjadi lembut dan sejuk. Namun disamping manfaatnya bagi manusia, lidah buaya ternyata dapat bereaksi sebalikya bagi kucing.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman beracun untuk kucing karena memiliki kandungan racun dalam tingkat ringan hingga sedang bagi kucing. Meskipun ringan, kucing bisa mengalami diare, kejang, perubahan warna urine, hingga muntah-muntah jika tidak sengaja menelannya.

6. Tanaman Beracun untuk Kucing: Pakis Asparagus

Pakis asparagus merupakan salah satu tanaman hias yang bisa dibilang musuh dari kucing. Berdasarkan pernyataan dari American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) daun dan buah dari pakis asparagus dinilai mengandung zat yang beracun untuk kucing. Jika kucing tidak sengaja menelan daun dan buah pakis asparagus, kucing tersebut dapat mengalami diare, muntah-muntah, hingga sakit perut.

7. Tanaman Beracun untuk Kucing: Krisan

Tanaman beracun untuk kucing yang terakhir adalah tanaman krisan. Tanaman krisan ini kerap kali digunakan sebagai tanaman hias sekaligus digunakan untuk menjadi ekstrak teh. Tanaman ini beracun jika dikonsumsi oleh kucing karena  mengandung zat pyrethrins yang dapat menimbulkan sakit perut, muntah, dan diare.

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) juga menekankan bahwa kucing bisa mengalami depresi dan kehilangan koordinasi setelah memakannya. Oleh karena itu kamu bisa menjauhkan tanaman ini dari jangkauan kucing kesayangan kamu jika kamu memiliki tanaman ini di rumah kamu.

Bosan Saat WFH? Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias, Yuk!

Ilustrasi Tanaman Hias / Foto oleh Patrick Perkins dari Unsplash

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing Tak Sengaja Memakannya?

Jika kamu memilikinya tanaman beracun untuk kucing seperti yang telah Bob sampaikan maka kamu harus dengan segera jauhkan dari jangkauan kucing. Dengan bergitu kamu masih bisa tetap merawat tanaman kesayangan kamu sekaligus menjaga kesehatan kucing kamu. Saat kucing kamu mengalami keracunan bawa kucing kamu segera ke dokter hewan. Pastikan kucing kamu pun dalam keadaan terhidrasi dengan memberinya air minum.

Hilangkan Stres dengan Menginap di Bobobox!

Memelihara kucing memang asyik dan seru. Namun, menginap di Bobobox juga tak kalah seru dan menyenangkan, lho. Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang seru dan menyenangkan di sini. Fasilitas di Bobobox ini didukung oleh sistem IoT, yang bisa kamu hubungan dengan smartphone-mu, lho.

Ada lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan mood-mu, serta kamu bisa menghubungkan smartphone dengan audio musik agar kamu bisa mendengar lagu favoritmu. Cara pesan kamarnya juga mudah banget! Pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa.

Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles