Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menginap di Bobobox Alun-Alun Bandung? Ini Dia 7 Restoran Legendaris Terdekat yang Harus Kamu Coba!

Mencicipi cita rasa yang sudah melegenda

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata favorit terutama bagi warga sekitaran Bandung hingga Jakarta mengingat jaraknya yang cukup dekat. Tentunya banyak pesona yang ditawarkan hingga banyak wisatawan betah berlama-lama di kota kembang ini. Wisata alam, belanja, kekinian hingga kuliner yang tersedia di setiap sudut kota selalu siap untuk memanjakan para pengunjung.

Salah satunya adalah kawasan sekitar Alun-Alun Bandung yang terkenal dengan restoran atau tempat makan legendarisnya. Nah, jika kamu berencana untuk berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya kamu mampir dan menghabiskan waktu untuk menjelajahi kuliner legendaris di kawasan tersebut.

Biar lebih mudah menjangkau tempat-tempat di sekitar alun-alun, pastikan kamu memilih akomodasi yang strategis namun tetap nyaman dan terjangkau. Salah satunya adalah hotel kapsul Bobobox Alun-Alun. Untuk kulinernya sendiri, tentu banyak pilihan menarik dan menggugah selera yang bisa kamu coba dan berikut ini adalah tujuh dari tempat makan atau restoran dekat Bobobox Alun-Alun.

Warung Kopi Purnama

@warungkopipurnama via Instagram

Salah satu tempat makan atau restoran dekat Bobobox Alun-Alun adalah Warung Kopi Purnama. Tempat yang beralamat di Jalan Alkateri No.22, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1930. Karenanya, tidak mengherankan restoran dekat Bobobox Alun-Alun ini bisa mendapat predikat legendaris.

Kalau kamu ingin merasakan sensasi sarapan tempo doeloe, Warkop Purnama cocok banget kamu kunjungi di pagi hari. Buka mulai pukul 06.30-20.00 (jam operasional sementara di masa pandemi), warkop yang satu ini menawarkan pengalaman ngopi dengan suguhan arsitektus khas zaman Belanda.

Selain kopi, kamu juga bisa memilih berbagai menu lainnya seperti teh, susu, jus, roti, bubur, mi, sop, rawon, nasi goreng, gulai, gado-gado, soto, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya menu di sana, roti srikaya merupakan salah satu andalan Warung Kopi Purnama.

Selai srikaya yang digunakan merupakan selai buatan sendiri dengan resep turun temurun yang dijamin akan memanjakan lidah kamu yang kelaparan di pagi hari. Menu roti tersebut cocok banget kamu sandingkan dengan secangkir kopi panas yang menggunakan bubuk kopi Aroma, yakni pabrik kopi legendaris yang lokasinya tidak jauh dari warkop tersebut.

Braga Permai

@bragapermaibandung via Instagram

Restoran dekat Bobobox Alun-Alun berikutnya tidak kalah legendaris. Restoran yang satu ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1918. Berlokasi di Jalan Braga No. 58, Braga Permai menyuguhkan berbagai makanan otentik yang tak lekang oleh zaman yakni pastry, es krim dan kue-kue khas Belanda seperti speculaas almond, boosterstaf, ontbijkoek, ananas geap, tompeosjes, dan masih banyak lagi.

Selain itu, restoran dekat Bobobox Alun-Alun ini juga menawarkan menu makanan western lainnya (seperti steak dan pasta) serta menu Chinese dan Indonesia. Sama halnya seperti di Warung Kopi Purnama, Braga Permai juga menyuguhkan aroma nostalgia lewat bangunan khas Belanda tempat restoran tersebut berada meskipun sudah mengalami pemugaran. Karena menu-menu yang ditawarkan didominasi oleh makanan Western, Braga Permai pun menjadi favorit para turis asing yang merasa cocok dengan rasa makanan di restoran tersebut.

Sumber Hidangan

@niseng via Instagram

Toko dekat Bobobox Alun-Alun berikutya yang juga berkonsep Belanda tempo doeloe adalah toko roti Sumber Hidangan. Saat memasuki tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan deretan meja dan kursi kuno, langit-langit yang tinggi, dinding dan lantai yang tampak usang, etalase, mesin kasir hingga foto-foto Sumber Hidangan di masa lalu.

Berdiri sejak tahun 1929, Sumber Hidangan yang berlokasi di Jalan Braga No. 20-22 ini menawarkan berbagai macam jenis roti klasik dan kue kering seperti croissant, bitterballen, chocolate rotsjes, suikerbol, bokkepoot dan lainnya. Karena menu-menu tersebut banyak menggunakan bahasa Belanda, kamu tidak perlu sungkan untuk bertanya pada pramusaji mengenai menu-menu tersebut sehingga kamu tidak asal atau salah pilih.

Selain hidangan roti, Sumber Hidangan juga menyediakan menu minuman berbagai rasa serta es krim homemade yang wajib banget kamu coba. Salah satu yang menjadi andalan adalah es krim noga yang menawarkan rasa manis erta renyahnya noga.

Warung Nasi Ibu Imas

@warungnasi_ibuimas via Instagram

Kalau sudah bosan dengan menu berbau roti, kamu bisa mampir ke Warung Nasi Ibu Imas untuk mencicipi rasa khas Sunda. Meski tidak setua Waarung Kopi Purnama, Braga Permai serta Sumber Hidangan, restoran dekat Bobobox Alun-Alun ini tak kalah legendaris.

Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1980-an ini memiliki beberapa cabang di sepanjang Jalan Balonggede, salah satunya di Jalan Balonggede No. 48. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi pengunjung. Pasalnya, selalu ada saja cabang yang buka setiap kali kamu hendak mengunjungi tempat makan tersebut.

Salah satu menu favorit yang ditawarkan tempat ini adalah ayam goreng sambel dadak, karedok leunca dan tentunya sepiring nasi hangat yang siap bikin lidah kamu ketagihan. Selain menu tersebut, kamu juga akan menjumpai hidangan seperti pepes ikan, sate usus, ayam bakar, telur dadar, sop kikil, dan masih banyak lagi.

Rumah Makan Linggar Jati

@mielinggarjati via Instagram

Buat pecinta mi, Rumah Makan Linggar Jati cocok banget jadi pelabuhan kamu saat berkunjung ke Alun-Alun Bandung. Salah satu restoran dekat Bobobox Alun-Alun ini tepatnya berlokasi di Jalan Balonggede No.1. Berdiri sejak tahun 1950, Rumah Makan Linggar Jati menyuguhkan nuansa tempo doeloe yang tidak pernah mengalami perubahan sejak pertama kali didirikan.

Salah satu menu favorit dan menjadi andalan di sini adalah mi ayam babat ditemani segelas es alpukat. Minya yang kenyal, kuah serta ayamnya yang gurih, babatnya yang kenyal dipadukan dengan sambal tauco yang nikmat dijamin membuat kamu kecanduan. Terakhir, kamu bisa menetralisir rasa dalam mulut dengan kesegaran es alpukat yang pembuatannya tidak diblender melainkan dikocok sehingga menyisakan bulir-bulir daging yang lembt.

Soto Ojolali

@lennanonkfebry via Instagram

Tidak lengkap rasanya jika kamu bertandang ke Bandung namun tidak menikmati gurihnya soto legendaris khas Bandung. Terletak di Jalan Cibadak No.79, Soto Ojolali sudah berdiri sejak tahun 1939 dan menawarkan menu berupa soto Bandung.

Isiannya berupa kuah bening yang guih ditambah dengan potongan daging sapid an lobak. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan taburan kacang kedelai, seledri, bawang goreng serta perasan jeruk limo yang semakin membuat kuah soto terasa segar.

Warung Nasi SPG

@azmi_young via Instagram

Umurnya mungkin tidak setua restoran-restoran dekat Alun-Alun Bobobox lainnya, namun cita rasa yang ditawarkan sangat sayang untuk dilewatkan. Berdiri sejak tahun 1999, Warung Nasi SPG menyuguhkan kelezatan ayam goreng, serundeng dengan paduan sambal pedas yang akan membuat kamu langsung ketagihan.

Kelebihan dari menu di tempat tersebut adalah porsinya yang cukup besar namun dengan harga yang terjangkau. Karenanya, tidak heran tempat ini selalu penuh kapanpun kamu datang. Selain ayam goreng, kamu juga memiliki pilihan menu lain seperti ayam bakar, ayam balado, ikan goreng, dan aneka gorengan.

Berlokasi di Jalan Kepatihan 8, Balonggede, Bobobox Alun-Alun Bandung memang paling pas menjadi tempat persinggahan kamu setelah puas menjelajahi wisata dan kuliner di sekitar alun-alun. Dengan jarak tempuh lima sampai 20 menit , kamu bebas keluar masuk hotel untuk menikmati hidangan-hidangan yang siap menggoyang lidah kamu.

Selain itu, jaraknya pun cukup dekat dengan kawasan Alun-Alun Kota Bandung, yang bisa kamu tempuh hanya dalam lima menit berjalan kaki. Meskipun berlokasi di tempat strategis, kamu tidak perlu khawatir mengenai biayanya.

Rata-rata, hotel dekat tempat wisata akan mematok harga yang cukup mahal. Namun tidak dengan Bobobox yang justru menawarkan harga ramah di kantong. Per malamnya, kamu cukup membayara sekitar Rp 149.000,00 – 169.000,00. Tertarik mencoba, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox demi kemudah booking hingga check-out!

You might also like