Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Rempah Asli Indonesia Ini Bermanfaat Baik Untuk Tubuhmu, Lho!

Yuk kenali 7 rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini!

Rempah asli Indonesia dikenal tidak hanya menambah cita rasa masakan tetapi juga memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak mengeherankan jika banyak leluhur kita pada jaman dahulu memanfaatkan rempah asli Indonesia salah satunya untuk mengobati penyakit. Kekayaan rempah asli Indonesia merupakan salah satu anugerah yang patut kita syukuri sebagai masayarakat Indonesia.

Dengan mengenal lebih dekat manfaat konsumsi rempah asli Indonesia diharapkan kita semua dapat mulai memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita dalam menunjang kesehatan tubuh kita. Tak semua negara dikarunai dengan kekayaan alam seperti Indonesia. Sejarah pun mencatat salah satu alasan mengapa Indonesia banyak diperebutkan oleh negara-negara lain terutama negara Barat adalah karena kekayaan rempah asli Indonesia.

Untuk mendapatkan banyak manfaat rempah asli Indonesia ini kamu bisa menambahkannya ke dalam masakan sebagai penyedap rasa. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jamu yang dapat meningkatkan kekabalan tubuh kamu terutama di masa pandemi ini. Kementrian Kesehatan pun menghimbau masyarakat untuk menjaga kekebalan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi jamu secara rutin. Berikut adalah 7 rempah asli Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh!

1. Rempah Asli Indonesia: Bawang Putih

Rempah asli Indonesia yang pertama adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia bernama bawang putih. Bawang putih memang sangat dikenal memiliki kemampuan dalam menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi bawang putih maka fungsi sistem kekebalan tubuh akan terjaga karena adanya senyawa imunoregulatif pada bawang putih.

Selain mengonsumsinya dengan menusim bawang putih pada masakan kamu juga meminum air rebusan bawang putih, lho. Caranya adalah dengan menggunakan 1 sampai 2 siung bawang putih, ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari dalam keadaan perut kosong. Bawang putih juga dikenal memiliki kemampuan meringankan gejala pilek dengan cara menambahkan irisan bawang putih ke dalam masakan. Studi menunjukkan bawang putih dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Rempah Asli Indonesia: Kunyit

Kunyit merupakan salah satu kunci penyedap masakan khas Indonesia. Selain menambah kelezatan masakan, kunyit pun dikenal mengandung senyawa yang disebut kurkumin. Kurkumin merupakan sebuah senyawa yang memiliki efek antiradang sehingga baik dikonsumsi jka kau mengalami peradangan salah satunya radang tenggorokan. Khasiat antiradang kurkumin  pada kunyit ini pun bahkan tidak kalah ampuh dengan obat antiradang yang bisa kamu temui di apotek.

Selain memiliki manfaat antiradang, kunyit pun memilki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan imunomodulator. Sejak lama lelhuru kita memanfaatkan kunyit untuk melawan flu dan memperbaiki gejala pilek dan batuk. Selain itu, kunyit juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan paru. Kamu bisa mencampurkan kunyit, jahe, dan lemon ke dalam segelas teh untuk kemudian diminum sebanyak dua kali sehari

rempah asli Indonesia

3. Rempah Asli Indonesia: Jahe

Bicara mengenai rempah asli Indonesia tentu saja jahe masuk ke dalam daftar ini. Jahe memang dikenal menjadi salah satu rempah asli Indonesia yang diandalkan masayarakat kita terutama saat mengalami gejala masuk angin. Selain mengobati masku angin, jahe pun memiliki kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh, melawan peradangan paru, membantu melawan batuk dan meningkatkan produksi sel-T.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari jahe kamu bisa menambahkan irisan jahe dan madu ke dalam segelas teh hangat dan diminum dua kali sehari. Jahe pun dikenal dapat menghangatkan badan dan meredakan mual. Saat tubuh kamu merasa lelah dan nyeri kamu juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk jamu atau wedang yang dapat membantu meredakan nyeri pada otot. Sensasi hangat setelah mengonsumsi jahe dapat membuat tubuh kamu rileks.

4. Rempah Asli Indonesia: Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang memiliki aroma khas yang bersumber dari senyawa antioksidan. Selain menjadi penyedap masakan, kayu manis pun dapat menangkal penyakit seperti pilek, batuk, dan radang sekaligus sebagai stimulator kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis, kamu bisa mencampurkan madu dan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat untuk kemudian dikonsumsi setiap pagi hari. Kayu manis pun baik dikonsumsi bagi mereka yang memilki penyakit diabetes. Pasalnya kayu manis memiliki kemampuan mengendalikan gula darah.

5. Rempah Asli Indonesia: Cengkeh

Rempah yang satu ini telah dikenal sejak lama sebagai salah satu pengobatan tradisional dalam mengobati berbagai penyakit. Mengonsumsi cengkeh secara rutin dapat  meningkatkan respons imun tubuh sehingga dapat membantu menetralkan virus dan bakteri. Selain itu cengkeh dapat mengurangi peradangan paru dan mengeluarkan lendir di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa merebus 4 sampai 5 siung cengkeh untuk kemudian diminum setiap hari. Cengkeh juga memiliki efek antimikroba yang mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri E.coli. E.coli ini merupakan salah satu penyebab beberapa masalah kesehatan seperti diare, kelelahan, bahkan kematian.

6. Rempah Asli Indonesia: Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga faktanya memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat dan bisa menambah kekebalan tubuh salah satunya adalah kandungan vitamin C. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa merebus beberapa irisan bawang selama 7 sampai 8 jam lalu ambil 3 sampai 4 sendok makan air rebusan tersebut untuk diminum 3 kali sehari. Salah satu manfaat bawang merah ini adalah menurunkan risiko berbagai kanker termasuk kanker kolorektal dan lambung.

7. Rempah Asli Indonesia: Kapulaga

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan rempah yang satu ini. Kapulaga merupakan salah satu rempah yang mudah kamu temukan di Indonesia dan dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi kapulaga secara rutin faktanya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat kesehatan yang bsa kamu dapatkan dari rempa kapulaga tak perlu kamu ragukan lagi.

Untuk mendapatkan manfaat kapulaga kamu bisa menambahkan rempah ini ke dalam masakan. Beberapa masakan yang kerap kali memanfaatkan remah kapulaga diantaranya adalah berbagai jenis gulai atau kari. Kapulaga baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah kolesterol, diabetes, dan juga kelebihan berat badan.

Yuk Konsumsi Rempah Asli Indonesia!

Nah, itulah tujuh jenis rempah asli Indonesia yang bisa kamu konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan. Jangan lupa untuk mengonsumsi rempah-remoah tersebut sesuai aturan dosis. Untuk mendapatkan manfaat dari rempah, kamu harus mengonsumsinya secara rutin namun tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping.

Pastikan juga kamu mengolah rempah dengan tepat agar kandungan gizinya tidak hilang. Mengonsumsi rempah, sayuran, dan buah-buahan scara rutin dapat meningkatkan kualitas kesehatan kamu. Selain itu menghindari diri kamu dari stres dan mencukupi kebutuhan tubuh akan istirahat akan membuat kamu selalu fit.

Jangan biarkan stress menjadi pemicu timbulnya penyakit ya! Berlibur atau staycation bisa bantu kamu untuk mengurangi stress. Lepaskan tekanan batin dalam dirimu dengan menginap di Bobobox. Bobobox memberikan kenyamanan dengan fasilitasnya yang lengkap. Pesan pods -nya sekarang di aplikasi bobobox atau klik di sini.

bobo
travelingyuk.com

You might also like