Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian

Dijamin bisa kenyang sampai siang!

Melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan? Belum tentu. Faktanya, melewatkan sarapan bisa mendorong nafsu makan berlebih saat makan siang. Selain itu, melewatkan sarapan juga bisa membuat tubuh lemas dan tak bertenaga sepanjang hari.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan menu sarapan yang mengandung protein tinggi agar terhindar dari lapar dan lesu sepanjang hari. “Menambah konsumsi makanan kaya protein bisa membuatmu cepat kenyang dan membantu menurunkan bobot karena akan membuatmu makan lebih sedikit,” terang Kristen Smith, RD, seorang ahli gizi dari Atlanta, dikutip dari Reader’s Digest.

Lantas, apa saja makanan berprotein tinggi yang cocok untuk sarapan? Simak, yuk, 7 rekomendasi sarapan berprotein tinggi berikut ini. Selain mengenyangkan, menu makanan ini juga bisa membuatmu energetik seharian, lho.

1. Smoothies

Rekomendasi sarapan berprotein tinggi yang pertama adalah smoothies. Sekilas, smoothies nampak seperti menu minuman yang kurang mengenyangkan. Namun, jika diminum dalam porsi yang pas, smoothies bisa sangat mengenyangkan dan cukup untuk mengisi energimu sampai siang.

Kamu bisa membuat smoothies berprotein tinggi dari campuran buah-buahan dan sayuran, seperti pisang, stroberi dan kale, atau mangga, rasberi, dan bayam. Kemudian, campurkan produk olahan susu, seperti susu, yoghurt, es krim atau keju cottage.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa menggunakan produk olahan susu rendah lemak. Tambahkan cokelat hitam atau madu sebagai perasa dan pemanis tambahan jika rasanya cocok. Madu juga bisa berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@cravethebenefits via Unsplash

2. Overnight Oats

Overnight Oats adalah makanan yang terbuat dari oat atau biji sereal yang direndam dalam cairan seperti susu, yoghurt, jus, atau pure semalaman. Kandungan susu dan oats dalam overnight oats menjadikan makanan ini salah satu rekomendasi sarapan berprotein tinggi.

Salah satu menu overnight oats yang bisa menyegarkan harimu adalah red berries overnight oats. Sesuai namanya, menu ini mengandung dua buah beri berwarna merah, yaitu stroberi dan rasberi. Dua buah beri ini sangat cocok untuk diet karena kaya antioksidan, serat, rendah kalori dan tinggi nutrisi.

Kamu bisa mencampurkan oat, susu almond, dan madu pada malam harinya. Saat akan dimakan di pagi hari, barulah tambahkan stroberi, rasberi dan potongan almond atau kacang kenari jika suka. Dijamin, kamu akan lebih bersemangat setelah menyantap rekomendasi sarapan berprotein tinggi yang satu ini.

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@irinagrigorash via Unsplash

3. Granola Bar

Meski sama-sama berasal dari gandum, bentuk granola sangatlah berbeda dari oats. Umumnya, granola dijual dalam keadaan sudah matang, berasa, dan siap makan. Namun, kandungan protein dalam granola sama dengan oats. Jadi, kamu bisa menjadikan granola bar sebagai rekomendasi sarapan berprotein tinggi yang akan membuatmu energetik sepanjang hari.

Jika dirasa kurang, kamu bisa menyantapnya dengan ditemani segelas susu hangat rendah lemak untuk diet. Yoghurt rasa buah juga dirasa pas dan menambah kesegaran jika ditambahkan sebagai campuran granola yang sudah berasa manis.

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@americanheritagechocolate via Unsplash

4. Telur Rebus atau Telur Orak-Arik

Tak hanya di Indonesia saja, telur juga menjadi makanan yang sangat digemari di seluruh dunia sebagai menu sarapan. Telur merupakan sumber protein yang sangat tinggi, dan bisa membantumu cepat kenyang. Tak heran jika telur juga masuk ke dalam rekomendasi sarapan berprotein tinggi.

Telur bisa diolah menjadi menu yang sangat bervariasi, sehingga kamu tak akan mudah bosan memakannya. Untuk menu yang sangat sederhana, kamu bisa merebus telur begitu saja dan menyantapnya. Telur rebus juga baik untuk diet karena tidak melalui proses memasak yang panjang.

Variasi menu telur lainnya adalah telur orak-arik atau scrambled egg. Menu ini bisa meningkatkan cita rasa telur tanpa meninggalkan teksturnya yang lembut. Untuk menu diet, kamu bisa memasaknya dengan menggunakan sedikit minyak zaitun serta menambahkan sejumlah kukusan sayur.

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@amir_v_ali via Unsplash

5. Tumis Tahu Tempe Sayuran

Tahu dan tempe memang dikenal sebagai sepasang makanan berprotein nabati yang tinggi, yang juga amat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tahu dan tempe bisa banget kok dijadikan menu sarapan yang menarik, sehingga tak bosan saat menyantapnya.

Untuk menu sarapan yang sangat sederhana, kamu bisa merebus tahu dan tempe dengan sedikit garam untuk menambahkan rasa. Kemudian angkat, dan sajikan dengan cocolan kecap manis dan kecap asin.

Menu lainnya yang bisa dibuat dengan tahu dan tempe adalah tumis tempe tahu sayuran. Kamu hanya perlu menumis tahu dan tempe dengan sejumlah sayuran seperti buncis dan wortel. Dijamin enak dan mengenyangkan, deh. Tak salah ‘kan, jika tahu dan tempe menjadi salah satu rekomendasi sarapan berprotein tinggi.

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@shootdelicious via Unsplash

6. Dada Ayam Panggang

Daging ayam juga menjadi pilihan sumber protein yang cukup tinggi, terutama di pada bagian dada. Karenanya, menjadikan menu dada ayam sebagai sarapan juga akan membuatmu tak mudah lapar hingga waktu makan siang tiba.

Menu olahan yang terbilang sederhana adalah dada ayam panggang. Untuk menu makanan diet, dada ayam dipanggang tanpa menggunakan minyak atau mentega tentunya. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau dipanggang tanpa minyak di atas wajan antilengket.

Untuk menambahkan rasa dan tekstur, kamu bisa menambah garam dan lada, juga sayuran rebus yang menyehatkan. Sangat cocok sebagai salah satu rekomendasi sarapan berprotein tinggi, ‘kan?

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@angelabaileyy via Unsplash

7. Sandwich Tuna

Selain salmon, tuna juga merupakan ikan yang kaya akan protein. Dalam 100 gram tuna, terkandung sekitar 29 gram protein di dalamnya. Itulah sebabnya menu sandwich tuna bisa menjadi rekomendasi sarapan berprotein tinggi yang worth it.

Cara membuatnya juga tak sulit kok. Kamu hanya perlu membuat roti lapis dari roti gandum, tuna yang sudah dimasak, selada, timun, dan tomat. Masukkan tuna dan sayuran ke dalam roti lapis. Jika suka, kamu bisa menambahkan campuran telur rebus dan mayones agar rasanya lebih enak. Dijamin, kenyang deh sampai siang!

Sarapan, Yuk! 7 Rekomendasi Sarapan Berprotein Tinggi ini Bikin Kamu Energetik Seharian
@pillepriske via Unsplash

Staycation di Bobobox, Yuk!

Selain untuk tujuan diet, rekomendasi sarapan berprotein tinggi juga berguna untuk menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dalam menu sarapan. Tapi, ada juga lho cara untuk menjaga kesehatan hati dan pikiran selama pandemi COVID-19. Ya, staycation di Bobobox!

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Tak usah khawatir dengan masalah kesehatan, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dengan rutin melakukan pembersihan serta menyemprotkan disinfektan.

Pods-nya juga super nyaman, dengan fasilitas bersistem IoT yang terhubung dengan smartphone-mu. Kamu bisa mengatur lampu LED kamarmu sendiri, atau mendengarkan musik dengan audio yang terhubung dari ponselmu. Canggih, ‘kan?

Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya, karena interior Bobobox juga instagrammable banget. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar di aplikasi sekarang!

bobobox hotel aman covid

You might also like