Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mulai Tertarik untuk Melihara Ikan Hias? Ini Dia 7 Rekomendasi Ikan Hias Cantik Bagi Pemula

Selain cantik, harganya juga murah, lho. Yang mana ikan hias pilihanmu?

Untuk mengusir kejenuhan di masa pandemi seperti sekarang ini, orang-orang mulai mencari hobby, skill, ataupun kegiatan baru yang bisa dilakukan sehari-hari dari rumah. Salah satunya adalah melihara hewan peliharaan di rumah.

Untuk kamu yang masih bingung memilih hewan peliharaan atau malah sudah mulai tertarik untuk memelihara ikan hias, Bob punya 7 rekomendasi ikan hias bagi pemula yang pastinya cantik dan mudah untuk dipelihara. Check these out!

1. Guppy

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @guppyfullred via Instagram)

Untuk kamu yang baru mau mulai pelihara ikan hias di rumah, kamu bisa coba rekomendasi ikan hias bagi pemula yang satu ini. Yup! Ikan Guppy. Ikan hias mungil yang sangat cantik dengan ekor warna-warni ini termasuk ikan yang minim perawatan, lho.

Bukan hanya mudah dalam merawatnya, ikan Guppy juga termasuk ikan yang mudah berkembang biak saat dirinya merasa nyaman di tempatnya tinggal. Ikan asal Amerika Selatan ini juga memiliki tampilan yang sangat lucu, yaitu seperti wanita yang sedang mengenakan rok. Nggak salah kalau ikan Guppy menjadi salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula yang mesti ada di aquarium-mu.

2. Cupang

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @cupang.bagus via Instagram)

Rekomendasi ikan hias bagi pemula selanjutnya yang cocok untuk kamu pelihara di rumah adalah ikan Cupang. Ternyata, ikan Cupang masih satu keluarga dengan ikan Gurame, lho.

Ikan air tawar yang sangat dikenal sebagai ikan yang bisa diadu atau ikan adu siam ini memiliki ekor yang menjuntai dengan indah dan warna yang beragam. Selain tampilannya yang indah dan menarik, ikan Cupang juga menjadi salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula karena perawatannya yang terbilang mudah. Ikan yang satu ini bahkan tidak memerlukan tempat yang besar dan oksigen untuk dapat bertahan hidup.

Ikan Cupang juga menjadi salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula karena makanannya pun relatif mudah didapat. Ikan Cupang sangat menyukai cacing darah ataupun cacing rambut. Kamu juga tidak perlu khawatir air di tempat ikan Cupangmu terdapat jentik nyamuk, sebab jentik nyamuk juga merupakan salah satu makanan favorit dari ikan hias satu ini.

Meskipun ikan Cupang masuk dalam daftar rekomendasi ikan hias bagi pemula, namun perlu kamu ketahui bahwa ikan Cupang memiliki sifat yang agresif, bahkan terhadap sesama jenisnya. Maka dari itu, kamu harus menempatkan ikan Cupang di tempat yang terpisah dari ikan-ikan lainnya.

3. Ikan Lemon

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @ikanhiaslemon via Instagram)

Rekomendasi ikan hias bagi pemula selanjutnya yang cocok dipelihara oleh kamu adalah ikan Lemon. Sesuai dengan namanya, ikan hias air tawar ini memiliki warna kuning seperti lemon. Bagi kamu pecinta warna kuning, rekomendasi ikan hias bagi pemula ini pasti akan bikin aquarium-mu kelihatan gemes banget, deh!

Ikan hias dengan nama latin Neolamprologus Leleupi ini merupakan jenis ikan dengan daya tahan yang cukup kuat, lho. Namun, seperti ikan Cupang, ikan Lemon juga termasuk ikan yang agresif, terutama pada ikan yang berukuran lebih kecil. Maka dari itu, usahakan jangan menempatkan ikan satu ini bersama ikan jenis lain jika tidak ingin ikan hiasmu yang lainnya diserang oleh si kuning ini.

4. Neon Tetra

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @aquarium_king via Instagram)

Pernah dengar nama ikan hias yang satu ini? Ikan Neon Tetra. Ikan ini termasuk ke dalam jajaran rekomendasi ikan hias bagi pemula yang cantik dan mudah untuk dipelihara di rumah. Ikan Neon Tetra pada umumnya memiliki warna biru neon terang dan putih perak pada tubuhnya.

Ikan Neon Tetra masuk dalam jajaran rekomendasi ikan hias bagi pemula karena jenisnya yang sangat beragam dan menarik, contohnya seperti black neon, fire neon, tetra albino, dan neon blue eyes. Ragam jenis ikan hias ini bisa kamu bedakan dari warna yang dimilikinya.

Ikan Neon Tetra juga merupakan ikan yang memiliki sifat berkoloni. Maka dari itu, cobalah untuk memelihara ikan hias satu ini dalam jumlah yang banyak dengan jenis warna yang berbeda, maka isi aquarium-mu akan terlihat lebih cantik dan meriah.

Selain karena perawatannya yang mudah, ikan Neon Tetra juga menjadi salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula karena harganya yang relatif murah. Namun, harganya bisa mencapai jutaan rupiah, lho, jika Neon Tetra tersebut termasuk jenis yang langka.

5. Ikan Mas Koki

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @renzagoldfish888 via Instagram)

Meskipun belum pernah pelihara ikan hias, tapi kamu pasti tahu kan dengan rekomendasi ikan hias bagi pemula yang satu ini? Ikan Mas Koki merupakan ikan lucu yang memiliki perut buncit dan ekor berkibar. Bagi kamu yang baru mau mulai atau sudah biasa memelihara ikan hias, ikan Mas Koki memang selalu menjadi salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula dan pilihan utama calon penghuni aquarium di rumah.

Ikan hias yang juga dikenal dengan sebutan Goldfish ini memiliki beragam jenis yang siap mencuri hatimu. Nggak heran kalau ikan yang selalu menjadi salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula ini memiliki julukan sebagai “ikan model” karena keindahannya. Di seluruh dunia, terdapat sekitar 130 jenis ikan Mas Koki yang dibudidayakan sebagai ikan hias air tawar.

Meski perawatannya terbilang mudah, ikan Mas Koki harus dipelihara di aquarium yang cukup luas. Sebab, ikan hias satu ini membutuhkan oksigen yang cukup banyak dan ruang yang luas untuk hidup.

6. Angelfish

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @aquaristicplantslifestyle via Instagram)

Ikan Angelfish atau yang juga dikenal dengan nama ikan Manfish, juga termasuk salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula yang mudah untuk kamu pelihara di rumah. Ikan hias air tawar ini pun termasuk ikan hias paling indah dan memiliki tampilan yang elegan.

Bentuknya yang pipih serta siripnya yang panjang dan cantik tidak akan membuatmu bosan untuk memandanginya terus-menerus. Gerakan tubuhnya yang tenang juga akan membuatmu rileks saat melihatnya. So, bukan hanya merupakan rekomendasi ikan hias bagi pemula, ikan Angelfish pun sangat cocok untuk kamu yang suka keindahan plus ketenangan.

7. Black Ghost

rekomendasi ikan hias bagi pemula

(Image by: @us_tropicalfish via Instagram)

Jangan merinding dulu mendengar nama ikan hias yang satu ini, ya. Black Ghost, yang juga merupakan salah satu rekomendasi ikan hias bagi pemula, merupakan salah satu ikan hias yang populer di kalangan pecinta ikan hias tanah air. Meski begitu, ikan yang juga dikenal dengan nama Black Phantom ini ternyata adalah ikan yang berasal dari sungai Amazon dan Suriname.

Ikan Black Ghost sering juga disebut sebagai ikan penari balet. Sebab, ikan yang memiliki nama keren ini kerap kali melakukan gerakan maju-mundur dan jungkir balik dengan lentur seolah sedang menari.

Ikan kecil berwarna hitam dan pipih dengan sirip panjang ini termasuk dalam daftar rekomendasi ikan hias bagi pemula karena mudah dipelihara. Kamu tidak perlu pusing memikirkan makanannya, karena ikan Black Ghost terbilang tidak pilih-pilih. Mereka suka memakan serangga air kecil, jentik nyamuk, ataupun pelet ikan.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Melihat tingkah laku ikan peliharaan yang lucu memang bisa membuat pikiran kita rileks. Tak hanya itu, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pikiran dan jiwamu rileks, salah satunya adalah dengan staycation! ;D

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like