Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat

Dijamin jadi escape plan yang seru dari padatnya rutinitasmu!

Merasa penat dengan rutinitasmu setiap hari? Itu tandanya kamu butuh liburan. Jika kamu tak punya banyak waktu, tak usah jauh-jauh dulu untuk berpikiran liburan ke Bali atau Lombok deh. Kamu bisa banget mempertimbangkan untuk liburan di sekitar Jawa Barat.

Ya, Jawa Barat memang dikenal memiliki banyak destinasi wisata dengan keindahan alam yang menyejukkan. Selain pegunungan dan hutan, Jawa Barat juga memiliki koleksi wisata curug atau air terjun yang masih tersembunyi dan cantik. Bahkan, ada pula air terjun dengan kolam sebening kaca, lo.

Penasaran ‘kan seperti apa kecantikan sejumlah air terjun di Jawa Barat? Tanpa berlama-lama lagi, berikut 7 rekomendasi air terjun di Jawa Barat yang pas untuk escape plan-mu. Dijamin, air terjun di Jawa Barat ini akan membuat penatmu cepat hilang deh!

1. Curug Cikanteh, Sukabumi

Lokasi: Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi

Sukabumi dikenal memiliki banyak koleksi wisata air terjun dengan pemandangan yang memesona. Curug Cikanteh salah satunya. Meskipun tak sepopuler Curug Cikaso, namun keindahan Curug Cikanteh membuatnya layak menjadi salah satu rekomendasi air terjun di Jawa Barat yang harus kamu kunjungi.

Air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki tiga tingkatan yang bisa kamu nikmati sekaligus. Selain itu, letaknya yang cukup tersembunyi membuat keasrian sangat terjaga.

Eksotisme air terjun setinggi 60 meter ini juga tercipta karena bentuknya yang lebar dengan beberapa undakan. Kamu juga bisa berenang dan bermain air di bawah air terjunnya yang sejuk dan dingin, lo. Biaya untuk masuk ke sini terbilang sangat murah, yakni Rp3.000/orang.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
@fadhelrabbani via Unsplash

2. Curug Goa Lumut Indah, Bogor

Lokasi: TN. Gunung Halimun Salak, Desa Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor

Mencari kesegaran air terjun di Bogor? Banyak! Namun, kamu wajib mencoba salah satu curug tersembunyi yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, bernama Curug Goa Lumut Indah. Untuk masuk ke sini, kamu cukup membayar Rp10.000 saja.

Salah satu air terjun di Jawa Barat ini memancarkan keindahan dari aliran air yang jatuh dari ketinggian 7 meter, dengan kolam yang sangat jernih dan dingin. Dari ujung hingga tepi kolam, kamu juga akan melihat gradasi warna hijau menuju coklat yang cantik karena lapisan lumut hijau yang tampak seperti karpet beludru.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
Adhie Sathya via pegipegi.com

3. Curug Luhur, Cianjur

Lokasi: Desa Pamoyanan, Ke. Cibinong, Kab. Cianjur

Surga tersembunyi berupa air terjun di Jawa Barat selanjutnya bisa kamu temui di daerah Cianjur Selatan. Dikenal dengan nama Curug Luhur, air terjun ini terlihat sangat memesona karena memiliki formasi geologi yang unik, dengan hamparan batuan cadas berundak yang terbentuk alami.

Selain keindahan air terjunnya, pemandangan di sekelilingnya pun masih sangat bersih dan asri, sehingga kamu akan puas menikmatinya. Karena belum banyak wisatawan yang tahu, kamu bisa menanyakan pada warga sekitar Jalan Pamoyanan untuk akses masuk ke lokasi air terjun ini. Tiket masuknya pun masih terjangkau, yakni hanya Rp10.000.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
@ali_babah83 via Instagram

4. Curug Jagapati, Garut

Lokasi: Desa Neglasari, Kec. Cisompet, Kab. Garut

Di antara keindahan panorama Garut Selatan yang memesona, tersimpan satu destinasi wisata air terjun yang masih sangat terjaga. Adalah Curug Jagapati, yang menjadi salah satu aliran air terjun di Jawa Barat yang patut diperhitungkan untuk destinasi liburanmu. Cukup mengeluarkan uang Rp10.000 saja, kamu sudah bisa masuk ke lokasi curug ini.

Curug Jagapati memiliki empat undakan yang membuatnya semakin cantik. Airnya yang masih bersih dan jernih juga sangat cocok untuk berenang atau sekadar bermain air untuk menyegarkan diri. Namun, sebaiknya hindari mendatangi air terjun ini pada hari Selasa dan Jumat seperti kata juru kunci di sini, ya.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
via agusstrav12.blogspot.com

5. Curug Bangku, Bandung

Lokasi: Desa Margaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung

Selain hamparan kebun teh bak permadani serta indahnya Situ Cileunca, Pangalengan juga memiliki sejumlah curug yang bisa menyejukkan hati dan badan. Kamu bisa berkunjung ke Curug Bangku untuk membuktikannya. Tak mahal kok untuk bisa masuk ke curug ini, hanya Rp10.000 saja.

Curug Bangku merupakan salah satu air terjun di Jawa Barat yang masih sangat terjaga kealamiannya. Bahkan, saking terjaganya, belum banyak informasi lengkap yang menceritakan tentang air terjun ini, lo. Padahal, air terjun dengan ketinggian 30 meter ini sangat menarik, dengan air yang jernih saat musim kemarau tiba.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
@bangetbdg via Twitter

6. Curug Tunan Katumiri, Subang

Lokasi: Kp. Dangdeur, Desa Sanca, Kec. Ciater, Kab. Subang

Tak banyak yang mengetahui bahwa Subang merupakan daerah yang memiliki banyak air terjun yang masih sangat alami. Curug Tunan Katumiri contohnya. Karena belum ada pengelola resmi, untuk masuk ke salah satu air terjun di Jawa Barat yang tersembunyi ini pun tak dibebankan biaya alias gratis.

Daya tarik curug ini bukan terletak dari air terjunnya yang kembar saja. Namun, saat menuju curug ini kamu akan melewati hamparan pematang sawah dan perkebunan nanas khas Subang yang indah. Tak hanya itu, air terjun ini juga dihiasi dengan pahatan alami bebatuan serta pepohonan yang menyejukkan mata.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
Ridwan via ridwanderful.com

7. Curug Panetean, Tasikmalaya

Lokasi: Desa Pangliaran, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya

Jika air terjun identik dengan curahan air dari ketinggian, lain halnya dengan Curug Panetean yang ada di Tasikmalaya. Curug ini tak terlalu tinggi, dengan debit air yang tak terlalu deras. Namun, jangan sangsikan keindahannya, karena warna airnya yang kebiruan membuatnya nampak seperti jacuzzi alami.

Jangan lewatkan untuk berenang di kolam air terjun ini, karena airnya yang jernih akan menyegarkan badan dan pikiranmu seketika. Sst, untuk bisa menikmati keindahan salah satu air terjun di Jawa Barat ini, kamu hanya harus membayar seikhlasnya saja, lo.

Berkelana ke Curug-Curug Tersembunyi Nan Cantik, Yuk! Berikut 7 Rekomendasi Air Terjun di Jawa Barat
@tasikeksis via seringjalan.com

Nikmati juga keseruan menginap di Bobobox

Selain berwisata ke air terjun di Jawa Barat yang tersembunyi nan cantik, ada lagi lo yang menarik dan tak kalah seru. Ya, menginap di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Kamu bisa menginap atau sekadar staycation di sini.

Caranya, tinggal pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

You might also like