Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Prediksi New Normal Hotel yang akan Diterapkan di Dunia

New normal hotel berikut akan diterapkan di berbagai hotel di dunia.

New normal hotel adalah salah satu kebijakan yang akan diterapkan sebagai upaya preventif menghentikan penyebaran virus corona setelah pandemik berakhir. Seperti yang kita ketahui bersama, hotel dan resor merupakan salah satu sektor pariwisata yang terdampak krisis sejak pandemi corona melanda. Tak sedikit pihak pengusaha yang mengelola bidang ini kemudian memilih untuk merumahkan para karyawannya.

Banyak karyawan hotel yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia dan juga di berbagai negara lainnya. Di Amerika Serikat sedikitnya tujuh dari 10 kamar hotel di Amerika Serikat kosong, ribuan hotel ditutup, dan beberapa lainnya memutuskan untuk gulung tikar dilansir dari American Hotel & Lodging Association (AHLA). Hotel telah kehilangan keuntungan senilai lebih dari 25 miliar US dollar dalam pendapatan kamar sejak dimulainya pandemik.

Sekitar 70% karyawan hotel di Amerika Serikat mengalami pemutusan hubungan kerja dan sebagian lainnya dirumahkan atau cuti. Hotel-hotel kosong yang tidak kuat bertahan kemudian menjual obligasi untuk perjalanan diskon di masa depan. Namun para engusaha bidang perhotelan tetap menaruh harap  ketika negara-negara bagian Amerika Serikat dan negara-negara lain termasuk Indonesia mulai dibuka kembali.

Banyak perusahaan perhotelan dunia yang telah menanti kedatangan wisatawan untuk kembali menginap di hotel dengan tetap merasa aman. Seiring waktu berlalu jumlah pasien terinfeksi virus corona mulai menurun sehingga hotel pun mulai berbenah untuk kembali membuka pintu mereka. Namun hal ini tetap harus dilakukan dengan tetap memperhatikan keamanan tamu dan juga pekerja. Berikut adalah sederet prediksi new normal hotel yang akan diterapkan di dunia.

1. Standar Kebersihan Saat New Normal Hotel

Salah satu kebijakan new normal hotel yang sangat ditekankan adalah perihal kebersihan. Hal ini dikarenakan kebersihan hotel menjadi salah satu faktor krusial yang menentukan tamu tertarik menginap atau sebaliknya. Oleh karena itu diperlukan sebuah standar kebersihan dengan pembersihan secara menyeluruh. Pemberlakuan standar kebersihan ini tidak hanya mengenai kebersihan kamar hotel melainkan juga fasiltas lainnya seperti ruang rapat dan ruang umum lainnya .

Agar standar kebersihan new normal hotel ini dapat tercapai dengan baik, American Hotel and Lodging Association bahkan telah merilis sebuah program bernama safe stay. Program ini terdiri dari bebagai praktik new normal hotel seperti tamu harus mencuci tangan, dan juga menerapkan kawasan masker. Karyawan hotel pun harus senantiasa dilengkapi oleh alat pelindung diri seperti masker, kacamata goggle, dan juga sarung tangan.

2. Layanan Makanan Saat New Normal Hotel

Selain kebersihan, kebijakan new normal hotel selanjutnya adalah mengenai layanan makanan. Jika biasanya saat menginap di hotel kamu akan makan di tempat umum yang telah disediakan pihak hotel maka saat new normal hotel hal ini akan sedikit berbeda. Breakfast buffet diprediksi hampir tidak akan diterapkan di masa pandemik dan juga new normal hotel.

Hal ini dikarenakan penerapan physical distancing hampir tidak mungkin dapat dilakukan dalam kegiatan tersebut. Mengingat risiko terlalu besar jika tamu berkumpul dalam jumlah banyak saat waktu makan maka diterapkan kebijakan baru. Penyajian makanan diprediksi akan dilakukan secara individu. Sistem breakfast kemudian dapat dirubah dengan proses pengantaran secara privat ke masing-masing kamar dan makanan yang diantarkan ke kamar dapat ditinggalkan di luar pintu.

new normal hotel

3. Improvisasi Fasilitas Lain Saat New Normal Hotel

Beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan selain menginap saat berada di hotel adalah menggunakan fasilitas kolam renang, fasilitas kebugaran, fasilitas sauna, dan lainnya. Tentu beberapa fasilitas tersebut pun akan mengalami improvisasi dan tetap mengikuti protokol baru sesuai dengan himbauan pemerintah dalam pelaksanaannya.

Contoh penerapan kebijakan new normal hotel pada fasilitas ini yaitu jadwal penggunaan fasilitas. Jika biasanya kamu dapat menggunakan fasilitas kebugaran semau kamu maka di era new normal penggunaan fasilitas tersebut akan memiliki jadwal tertentu.

Jadwal yang diterapkan dapat dibuat sesuai nomor kamar sehingga para pengunjung tidak dapat datang di sembarang waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan catatan khusus bahwa semua peralatan dalam fasilitas tersebut seperti peralatan olahraga dibersihkan secara menyeluruh setelah digunakan.

4. Proses Check-in

Bagi hotel yang tidak memiliki fitur self check-in maka harus diberlakukan penetapan jarak aman selama proses tersebut. Hotel dapat menyediakan partisi meja depan dan menyediakan hand sanitizer di sana. Setiap tamu yang akan datang menginap harus melalui proses pengecekkan suhu tubuh.

Hotel pun dihimbau untuk menyediakan alat cuci tangan juga menyiapkan masker bagi pengunjung. Bagi tamu yang akan menginap lebih dari satu malam maka dihimbau untuk dilakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari. Kebijakan new normal hotel ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah.

5. New Normal Hotel akan Lebih Minimalis

Jika sebelum pandemik tren hotel yang dsukai wisatawan adalah hotel dengan sentuhan mewah maka saat new normal dimulai akan ada sedikit perbedaan. Hotel minimalis diprediksi akan menjadi  tren baru di era new normal. Hal ini dikarenakan hotel yang memiliki lebih sedikit dekorasi tentu akan membuat proses disinfeksi lebih mudah dan cepat dilakukan.

6. New Normal Hotel Didominasi Turis Lokal

Mesikipun terdapat beberapa larangan perjalanan, staycation diperkirakan masih akan dilakukan warga lokal. Lebih dari 50 persen properti dipesan secara online selama Maret dan April dilansir dari accommodationbooking.com. Sebagain besar tamu yang menginap pun disebutkan berasal masih di daerah hotel yang dipesan. Saat new normal dimulai hotel akan lebih fokus mencoba menarik turis lokal dibandingkan turis mancanegara.

hotel kapsul bandung

7. SOP New Normal Hotel dari Pemerintah

Proses penerapan kebijakan new normal hotel akan tetap berjalan sesuai dengan panduan yang dihimbau oleh pemerintah setempat. Hal ini agar hotel memiliki standar hieginitas yang tinggi dan para pengunjung akan tetap merasa aman dan nyaman untuk menginap dan melakukan kegiatan di seluruh bagian dan area hotel. Pengembangan SOP dalam aspek manajemen juga menyangkut standar kesehatan dan higienitas karyawan, physical distancing, hingga penetapan standar peralatan perlindungan bagi karyawan.

Evaluasi dan Sosialisasi New Normal Hotel

Dengan adanya standard operational procedure (SOP) new normal hotel maka akan dilakukan sosialisasi, uji coba, dan juga evaluasi. Dengan adanya sosialisasi dan uji coba maka evaluasi dan pembaruan terhadap seluruh prosedur dan mekanisme layanan dan operasional hotel dapat dilakukan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kebijakan new normal hotel telah berjalan sesuai dengan standar dan persyaratan. Kebijakan new normal hotel ini pun tetap mengedepankan pemenuhan kebutuhan tamu dan juga  aspek higienitas agar tamu dapat menginap dengan aman dan nyaman.

Di masa yang sulit ini Bobobox masih akan melayani kamu untuk dapat beristirahat dengan nyaman. Bobobox memastikan kebersihan dan kenyamanan kamar kapsul untuk melayani kamu dengan maksimal. Jika kamu teratrik untuk mencoba pengalaman menginap di kamar kapsul ala Bob, ayo segera unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lengkap!