Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Susah Tidur? Coba 7 Posisi Tidur Paling Nyaman Menurut Netizen Ini Yuk!

Yang mana posisi tidur favoritmu?

Tidur merupakan istirahat alami terbaik bagi tubuh setelah melakukan aktivitas, dengan tujuan untuk mengembalikan energi bahkan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Maka, sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap harinya. Kualitas tidur yang baik ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh faktor durasi tidur saja, loh. Lingkungan tempatmu tidur, serta posisi tidur juga ternyata memiliki pengaruh besar dalam hal tersebut. Nah, agar tidurmu semakin berkualitas dan nyenyak, kamu bisa coba 7 posisi tidur paling nyaman berikut ini.

1. Posisi Tidur Menyamping ke Kanan

posisi tidur paling nyaman

(Image by @starla.official via Instagram)

Posisi tidur paling nyaman yang pertama adalah posisi tidur miring atau menyamping ke sebelah kanan. Posisi tidur yang satu ini dapat memicu terbentuknya lingkaran otot yang mampu membantu menahan cairan asam lambung dan membuatnya mengalir ke kerongkongan.

Dengan begitu, gejala-gejala seperti rasa perih dan terbakar di dada (heartburn), rasa asam pada mulut, batuk, bahkan gejala yang cukup parah pada sebagian orang hingga terbangun tiba-tiba dari tidur pun dapat dihindari. Maka dari itu, posisi tidur paling nyaman yang satu ini sangat disarankan bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung naik atau yang biasa disebut GERD.

Tak hanya dari sisi kesehatan saja, posisi tidur paling nyaman satu ini pun dianggap sebagai posisi tidur paling baik oleh umat Islam. Sebab, posisi tidur ini adalah posisi yang di-sunnah-kan oleh Nabi Muhammad SAW.

2 . Posisi Tidur Menyamping ke Kiri

posisi tidur paling nyaman

(Image by @starla.official via Instagram)

Posisi tidur paling nyaman selanjutnya adalah posisi tidur miring atau menyamping ke sebelah kiri. Menurut sebuah penelitian, posisi tidur menyamping ke kiri merupakan posisi yang paling baik bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Hal tersebut dikarenakan posisi persimpangan antara lambung dan kerongkongan akan tetap berada di atas cairan asam lambung saat tidur dengan posisi yang satu ini.

Selain itu, posisi tidur paling nyaman yang satu ini pun merupakan posisi tidur yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Sebab, menurut para dokter, posisi tidur yang satu ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dari ibu hamil ke janin.

3. Posisi Tidur Telentang

posisi tidur paling nyaman

(Image by @hilonoutlet via Instagram)

Posisi tidur paling nyaman yang berada di urutan ketiga adalah posisi tidur telentang. Posisi tidur yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidur dengan posisi telentang ini diyakini mampu membantu meredakan nyeri pinggul dan lutut, serta melindungi tulang belakang. Sebab, posisi tidur telentang ini akan menjaga tubuh tetap sejajar di atas tulang belakang. Dengan begitu, tekanan yang mungkin terjadi pada sendi-sendi dan punggung pun cenderung akan berkurang.

Namun, posisi tidur paling nyaman satu ini tentunya tidak cocok bagi kamu yang memiliki masalah atau sakit pada punggung. Selain itu, posisi tidur telentang pun kurang disarankan jika kamu memiliki masalah sleep apnea. Maka dari itu, sebaiknya sesuaikan kembali posisi tidur tersebut dengan kondisi tubuhmu masing-masing, ya.

4. Posisi Tidur Tengkurap

posisi tidur paling nyaman

(Image by @starla.official via Instagram)

Posisi tidur tengkurap memang dianggap sebagai posisi tidur paling nyaman bagi sebagian orang. Posisi tengkurap ini memang dipercaya baik, bahkan terkadang disarankan oleh dokter bagi mereka yang memiliki masalah sleep apnea atau mendengkur keras.

Sayangnya, posisi tidur yang dianggap paling nyaman oleh sebagian orang ini ternyata tidak terlalu memberikan manfaat bagi kesehatan, bahkan malah cenderung menyumbang masalah. Bagaimana tidak, tidur dengan posisi tengkurap memang pada kenyataannya dapat menyebabkan nyeri leher dan punggung. Sebab, dengan posisi tidur ini, tubuh tak lagi mengandalkan tulang belakang untuk menyangganya, serta membuat otot-otot leher tertarik dan berputar hingga hampir 90 derajat.

Selain itu, posisi tidur tengkurap pun dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti kesulitan bernapas, detak jantung yang tak teratur atau lebih cepat daripada biasanya, bahkan dapat menyebabkan kematian pada bayi. Tak heran jika para ahli menganggap posisi tidur tengkurap ini merupakan salah satu posisi tidur yang paling tidak baik di antara posisi tidur lainnya.

5. Posisi Tidur Seperti Bintang Laut (Starfish)

posisi tidur paling nyaman

(Image by @maibox.palu via Instagram)

Posisi tidur paling nyaman yang satu ini pada dasarnya adalah posisi tidur telentang. Namun, pada posisi tidur seperti bintang laut atau starfish ini kedua tungkai kaki lebih terbuka lebar dan tangan pun terangkat ke atas. Persis seperti bintang laut.

Posisi tidur seperti bintang laut ini memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu baik bagi kesehatan punggung. Tak hanya itu, posisi tidur paling nyaman yang satu ini juga ternyata bermanfaat untuk kecantikan, yakni mencegah timbulnya jerawat serta kerutan di wajah.

Selain itu, posisi starfish ini juga cukup baik bagi penderita GERD, dengan catatan kepala diganjal bantal agar asam lambung tidak sampai naik ke tenggorokan.

Namun, posisi tidur satu ini tidak disarankan bagi kamu yang menderita obstructive sleep apnea (OSA), sebab posisi ini dapat memicu dengkuran saat tidur. Selain itu, posisi tidur seperti bintang laut dengan lengan terangkat ke atas ini pun berpotensi menekan syaraf bahu. Maka dari itu, perhatikan lagi dan pastikan semua bagian tubuhmu rileks saat tidur dengan posisi yang satu ini.

6. Posisi Tidur Seperti Janin (Fetus)

posisi tidur paling nyaman

(Image by @hilonoutlet via Instagram)

Posisi tidur selanjutnya yang juga dianggap sebagai posisi tidur paling nyaman adalah posisi tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan atau fetus. Bahkan, posisi tidur yang satu ini diyakini mampu memberikan kualitas tidur yang sempurna. Tidur dengan posisi seperti janin ini juga dapat mengurangi dengkuran pada penderita sleep apnea, serta meredakan nyeri punggung.

Tak hanya itu, posisi tidur seperti janin ini pun ternyata merupakan posisi tidur paling nyaman dan paling cocok bagi ibu hamil. Sebab, tidur dengan posisi yang satu ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ibu hamil serta janin yang ada dalam kandungan. Selain itu, posisi ini pun dapat mencegah rahim menekan hati atau jantung jika dilakukan dengan miring ke sisi kiri.

Namun, posisi tidur yang satu ini tidak disarankan jika kamu sedang mengalami masalah dengan nyeri sendi dan sesak napas. Dan jangan lupa, pastikan tubuhmu cukup rileks sebelum tidur.

7. Posisi Tidur Paling Nyaman dengan Bantal di Bawah Perut

posisi tidur paling nyaman

(Image by @solusikehamilanku via Instagram)

Posisi tidur paling nyaman terakhir yang bisa kamu coba adalah posisi tidur dengan bantal di bawah perut. Posisi tidur satu ini dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak dan cepat saat kamu sedang mengalami susah tidur.

Tak hanya itu, posisi tidur paling nyaman satu ini pun sangat cocok bagi para penderita hernia atau penyakit degeneratif. Selain itu, tidur dengan posisi meletakkan bantal di bawah perut juga mampu membantu penyelarasan tulang belakang, loh.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Nggak ada salahnya sekali-sekali mencoba tempat dan suasana baru untuk membantu tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas. Cobain deh menginap di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like