Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Penyebab Kanker yang Ada di Kehidupan Sehari-hari

Jaga kesehatan kamu baik-baik ya!

Kanker adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satu penyebab kanker ternyata datang dari kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, gaya hidup yang tidak sehat perlahan-lahan berubah menjadi penyakit yang tiba-tiba muncul.

Maka dari itu, sebelum terlambat lebih baik kamu kenali penyebab kanker yang datang dari kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya.

Konsumsi gula berlebihan

penyebab kanker
Photo by Mae Mu on Unsplash

Gula adalah zat yang sering dikonsumsi setiap harinya. Bagi tubuh, gula berguna untuk mempertahankan organ vital supaya bisa berfungsi dengan normal. Akan tetapi, gula juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Konsumsi gula yang berlebihan bisa membuat kelebihan berat badan. Berat badan yang naik secara tidak sehat inilah yang meningkatkan resiko terkena kanker.

Normalnya, laki-laki disarankan mengonsumsi tidak lebih dari sembilan sendok makan (36 gram) sedangkan perempuan enam sendok makan (25 gram).

Hindari makan makanan manis yang mengandung gula tersembunyi seperti saus sambal dan mayones. Baca bagian komposisi dengan saksama sebelum membeli agar gula tidak menjadi penyebab kanker di kemudian hari.

Daging olahan

penyebab kanker
Photo by Rachel Clark on Unsplash

Daging olahan adalah daging yang diproses dengan cara digarami, difermentasi, diasapi, atau proses lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan rasa daging. Contoh dari daging olahan adalah sosis, kornet, bacon, atau dendeng.

Akibat pengolahan tersebut, zat tertentu muncul, baik zat yang muncul secara alami atau ditambah. Zat berbahaya penyebab kanker ini adalah N-nitroso yang selain muncul saat daging diproses juga saat daging dicerna. Jika terus-menerus dikonsumsi daging olahan bisa menjadi penyebab kanker usus.

Hindari sebisa mungkin konsumsi daging olahan. Jika harus mengonsumsi daging merah, batasi sebanyak 100 gram per hari karena daging merah pun bisa menjadi penyebab kanker. Yang lebih penting, imbangi konsumsi daging dengan sayuran.

Minuman beralkohol

penyebab kanker
Photo by chuttersnap on Unsplash

Menurut Cancer Council, minuman beralkohol adalah penyebab kanker dari 830 kasus kanker payudara dan 870 kasus kanker usus di Australia. Setiap tahun.

Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebab kanker lainnya seperti kanker mulut, tenggorokan, esophagus, perut, dan hati.

Alkohol dapat merusak lapisan pelindung mulut yang menyebabkan kanker mulut. Alkohol dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh yang dikaitkan dengan kanker payudara. Saat dicerna, alkohol akan terurai menjadi zat-zat yang merusak usus.

Yang menjadi penyebab kanker dari minuman beralkohol adalah etanol. Alkohol mengandung alkohol yang jika dikonsumsi bisa membuat sel dalam tubuh iritasi.

Sel yang iritasi ini lama kelamaan akan semakin parah dan menjadi penyebab kanker. Semakin sering kamu mengonsumsi minuman beralkohol, semakin tinggi pula resiko kamu terkena kanker.

Merokok adalah penyebab kanker

penyebab kanker
Photo by Irina Iriser on Unsplash

Di Indonesia, merokok terlihat seperti hal yang lumrah. Di rumah, di jalan, di pasar, bahkan di sekolah dan universitas. Meskipun sudah tertulis jelas di bungkusnya bahwa “merokok membunuhmu”, orang-orang seakan tidak peduli dengan peringatan ini.

Satu dari lima kasus kanker disebabkan oleh merokok. Ada sekitar 7.000 bahan kimia yang terkandung dalam rokok dan 69 di antaranya adalah karsinogen. Saat rokok diisap, zat kimia tersebut akan masuk ke dalam paru-paru dan menyebar ke seluruh tubuh lewat darah dan cairan dalam tubuh.

Zat-zat penyebab kanker ini akan mengganggu pertumbuhan sel sehingga sel tumbuh terlalu cepat dan berkembang dengan tidak normal. Selain perokok aktif, perokok pasif pun rentan terhadap kanker. Saat orang yang tidak merokok mengisap asap dari perokok aktif, zat yang sama akan masuk ke dalam tubuh orang tersebut.

Maka dari itu, cara terbaik adalah berhenti merokok sama sekali. Enam jam pertama saat berhenti merokok, tubuh akan mereparasi dirinya sendiri. Selama 10 tahun, resiko kamu terkena kanker paru-paru akan berkurang sebanyak setengahnya dari yang masih merokok.

Kurang olahraga

penyebab kanker
Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Di zaman di mana kebutuhan bisa diraih dengan instan, orang jadi malas bergerak. Ingin membeli makan? Sudah ada aplikasi online yang bisa membantu. Butuh hiburan? Semua tersedia di genggaman tangan.

Jika kamu banyak menghabiskan waktu dengan pasif seperti duduk atau berbaring, insulin akan terus berada dalam tubuh tanpa digunakan. Dengan berolahraga, kamu bisa mengurangi produksi insulin dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab kanker.

Kamu harus aktif secara fisik setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Tidak perlu yang berat-berat. Kamu bisa memulainya dengan jalan-jalan mengelilingi komplek atau taman. Membersihkan rumah juga bisa menjadi salah satu cara. Jika kamu memiliki olahraga favorit, coba rutinkan kegiatan tersebut.

Kurang mengonsumsi serat

penyebab kanker
Photo by Hüseyin on Unsplash

Salah satu penyebab kanker adalah kurangnya konsumsi fiber, mineral, vitamin, dan antioksidan. Zat-zat tersebut bisa ditemukan di dalam buah dan sayuran.

Buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi bisa membantu kamu mempertahankan berat badan yang ideal sehingga memproteksi tubuh dari resiko kanker.

Cobalah untuk mengonsumsi dua hingga lima buah per harinya. Jadikan buah dan sayuran sebagai cemilan pengganti gorengan, seblak, dan keripik-keripik yang tidak sehat lainnya. Lakukan secara perlahan dan bertahap agar penyebab kanker tidak bisa menyerang tubuh kamu di kemudian hari.

Terpapar sinar matahari langsung

penyebab kanker
Photo by chuttersnap on Unsplash

Berjalan-jalan di tengah terik sinar matahari tidak hanya panas tapi juga beresiko menjadi penyebab kanker. Matahari memancarkan sinar ultraviolet dan radiasi dari sinar inilah yang menjadi penyebab kanker.

Ada berbagai jenis sinar ultraviolet, yaitu ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Keduanya berkontribusi sebagai penyebab kanker, kulit terbakar, penuaan kulit, sakit mata, melanoma dan lain-lain.

Sinar UVA masuk ke dalam kulit dan menyebabkan sel rusak, penuaan, dan pigmentasi. Sinar UVB masuk ke lapisan atas kulit dan juga merusak sel kulit.

Sebagai langkah pencegahan, gunakan tabir surya, baju yang tertutup, topi, dan kacamata hitam, terutama jika tingkat radiasi ultraviolet sudah mencapai tingkat tiga.

Gunakan tabir surya yang mengandung SPF30+. Olesi tabir surya ke kulit 20 menit sebelum bepergian. Setelah itu, gunakan lagi setiap dua jam sekali selama kamu masih terpapar sinar matahari.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, kenali beberapa penyebab kanker di atas yang bisa kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Jangan anggap sepele. Mulai dari diri sendiri dan ajak orang terdekatmu untuk  mulai hidup lebih sehat.

Menginap di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Selain desainnya yang futuristik, teknologi yang digunakan juga canggih. Kalau soal kenyaman nggak perlu ditanyakan lagi. Buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul. Di Bobobox, kasur yang digunakan berukuran king size sehingga membuat kamar terasa lebih luas.

Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan pengatur lampu led di kamar kamu lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like