Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menyeramkan! Ini Dia 7 Palung Laut Terdalam di Bumi. Berani Mampir?

Yuk simak 7 palung laut terdalam di bumi berikut ini!

Palung laut terdalam di bumi berikut ini menyimpan banyak misteri yang mungkin belum banyak kamu ketahui. Keindahan laut yang luas tidak hanya bisa dinikmati dari permukaannya saja tapi juga dinikmati dari kedalaman dasar laut. Dari sekian banyak palung laut yang ada di Indonesia dan juga di dunia, faktanya ada sederet palung laut terdalam di bumi yang menarik untuk kamu telusuri lebih dalam.

Lalu sebenarnya apa itu palung laut? Palung laut pada dasarnya adalah sebuah cekungan yang sangat curam yang bisa kamu temukan di dasar laut. Sebagian orang menyebut palung laut sebagai relief laut. Uniknya setiap perairan memiliki keistimewaan bentuk relief yang berbeda-beda dengan kedalaman yang tentu berbeda pula. Apakah kamu tahu jika titik bumi terendah faktanya berada di salah satu palung laut di bumi?

Kamu pasti sudah tahu jawabannya. Palung Mariana yang teletak tidak jauh dari Jepang tepatnya di Samudera Pasifik merupakan palung laut terdalam di bumi dan menjadi titik bumi terendah. Selain Palung Mariana, masih ada banyak lagi palung-palung lainnya yang masuk ke dalam daftar palung laut terdalam di bumi. Yuk langsung saja kita bahas 7 palung laut terdalam di bumi berikut ini!

1. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Cekungan Eurasia

Palung laut terdalam yang pertama adalah cekungan Eurasia, yang dibatasi oleh Greenland, Lomonosov Ridge, yaitu punggungan bawah laut di Samudera Arktik serta Laut Laptev, Laut Kara, dan Laut Barents. Palung laut terdalam di bumi ini memiliki kedalaman 5.449 meter di bawah permukaan laut. Cekungan Eurasia merupakan perpanjangan dari Cekungan Atlantik Utara melalui Selat Fram yang tercipta sekitar 53 juta tahun yang lalu.

2. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Lubang Molloy

Palung laut ini bernama Molloy deep atau lubang Molloy yang berlokasi di Selat Fram, Laut Greenland, tepatnya sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard. Kedalaman pinggiran luar Lubang Molloy ini mencapai 2.700 meter dengan titik paling dalam Lubang Molloy yang mencapai 5.600 meter di bawah permukaan laut.

Lubang Molloy ini memiliki lantai cekungan dengan luas 220 km2 yang merupakan titik terdalam di Samudera Arktik. Nama palung ini diambil dari nama seorang ilmuwan peneliti Angkatan Laut asal Amerika Serikat bernama Arthur E. Molloy. Pada 24 Agustus 2019 lalu Victor Vescovo berhasil mencapai mencapai dasar Lubang Molloy dan menjadi orang pertama sekaligus satu-satunya yang berhasil mencapai dasar Lubang Molloy.

3. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Palung Diamantina

Palung Diamantina pun menjadi salah satu palung terdalam di dunia yang berlokasi di di barat daya Perth, Australia Barat. Palung ini memiliki luas 1.900 kilometer yang membentang dari Ninety East Ridge ke Naturaliste Plateau. Titik terdalam Palung Diamantina berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 7.079 meter di bawah permukaan laut.

Dibandingkan dengan palung laut lainnya yang ada di dunia, Palung Diamantina masuk ke dalam daftar palung terdalam di dunia peringkat kesebelas. Sebagian ahli lain menyangsikan kedalaman Palung Diamantina yang mencapau 7.079 meter di bawah permukaan laut karena meyakini bahwa kedalaman sebenarnya bisa mencapai 8.047 meter di bawah permukaan laut.

Palung laut terdalam
@Photo by Marco Assmann on Unsplash

4. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Palung Sandwich Selatan

Palung ini menjadi salah satu palung yang tak hana memiliki kedalaman yang fantastis tetapi juga memiliki keunikan karena dikelilingi oleh beberapa gunung berapi aktif. Letak Palung Sandwich Selatan ini berada 100 kilometer di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, Britania Raya dan menjadi busur vulkanik karena dikelilingi oleh beberapa gunung aktif.

Kedalaman maksimal palung laut ini mencapa 8.266 meter di bawah permukaan laut sehingga tak heran jika masuk ke dalam salah satu daftar palung terdalam di dunia. Palung laut ini memiliki panjang hingga 965 kilometer dengan pengukuran menggunakan sonar multibeam Kongsberg EM124 dari 2-7 Februari 2019 saat Five Deeps Expedition berlangsung.

5. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Palung Puerto Rico

Tak kalah menarik dengan palung laut lainnya, Palungg Puerto Rico menjadi salah satu palung laut terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 8.376 meter di bawah permukaan laut. Palung Puerto Rico ini berada di perbatasan antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik dan memiliki parit dengan panjang 800 kilometer.

Dilansir dari sebuah studi ilmiah, gempa bumi yang terjadi di sepanjang zona patahan ini disinyalir dapat menghasilkan tsunami yang signifikan dan merusak. Salah satu palung laut terdalam di dunia ini memiliki panjang  sekitar 965 km dengan menggunakan pengukuran sonar multibeam Kongsberg EM124.

6. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Palung Filipina

Palung Filipina yang memiliki nama lain palung Mindanao menjadi salah satu palung laut terdalam di dunia berikutnya. Dinamakan Palung Filipina karena palung laut terdalam di bumi ini berlokasi di bagian timur Filipina tepatnya di bagian barat Samudera Pasifik Utara. Palung laut ini memiliki panjang 1.320 kilometer dan lebar sekitar 30 kilometer yang membentang sepnjang pulau Luzon Filipina hingga ke Pulau Halmahera di Maluku Utara.

Titik terdalam palung ini mencapai 10.540 meter di bawah permukaan laut dan terbentuk sekitar 8-9 juta tahun yang lalu. Dengan kedalamannya yang mencapai 10 ribu meter lebih ini maka Palung Filipinadinobatkan sebagai palung laut terdalam di bumi pada peringkat ketiga setelah Palung Tonga dan Palung Mariana.

@Photo by Chase Baker on Unsplash

7. Salah Satu Palung Laut Terdalam: Palung Tonga

Palung laut terdalam di dunia yang terakhir adalah Palung Tonga. Palung ini dinobatkan sebagai palung laut terdalam di dunia peringkat kedua setelah Pakung Mariana yang melegenda. Palung Tonga berlokasi di barat daya Samudra Pasifik. Selain menjadi palung terdalam di dunia kedua, Palung Tonga juga menjadi parit terdalam di belahan bumi selatan.

Palung ini memiliki lubang Horizon yang merupakan bagian terdalam di palung tersebut dengan kedalaman 10.800 meter di bawah permukaan laut. Gimana? Apakah kamu tertarik melakukan ekspedisi dan melakukan kegiatan diving di salah satu palung terdalam di dunia ini?

Ayo Staycation di Bobobox!

Menikmati liburan unik dan asyik nggak harus menguras isi dompet. Di Bobobox, kamu bisa tetap berlibur seru bersama keluarga dan teman, dengan biaya yang terjangkau! Hotel kapsul yang satu ini akan memberikan pengalaman menginap yang memorable. Setiap pod dilengkapi tempat tidur yang nyaman, serta teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Interior pod bergaya futuristik dan pencahayaan yang variatif akan bikin kamu nyaman deh! Cocok juga buat foto-foto Instagram, lho!

Selain itu, Bobobox dilengkapi beragam fasilitas umum seperti pantry, shared bathroom, communal space, dan musala. Ada juga vending machine untuk kalian yang ingin jajan minuman. Tertarik untuk booking pod di sini? Kamu bisa melakukan reservasi lewat aplikasi Bobobox. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi promosi menarik, lho! Yuk download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang!

lorong bobobox kamar

You might also like