Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sakit Tenggorokan? Ini Dia 7 Obat Alami yang Bisa Kamu Coba untuk Mengobatinya!

Jangan biarkan sakit tenggorokan mengganggu aktivitasmu!

Banyak hal yang bisa memicu sakit tenggorokan, seperti iritasi, paparan asap rokok, infeksi virus dan bakteri, maupun alergi. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meredakan dan menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun, ada baiknya jika kamu tidak langsung mengonsumsi sembarang obat-obatan kimia. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi obat alami sakit tenggorokan seperti di bawah ini terlebih dulu.

1. Madu

obat alami sakit tenggorokan

(Image by @SteveBuissinne via Pixabay)

Madu memang dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk meningkatkan sistem imun dan merawat bekas luka, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami sakit tenggorokan.

Ini karena madu mengandung berbagai nutrisi penting seperti antioksidan, antibakteri, dan berbagai vitamin, sehingga madu cocok untuk dijadikan obat alami sakit tenggorokan. Selain sebagai obat alami sakit tenggorokan, madu juga efektif sebagai obat pereda batuk pada anak-anak yang terinfeksi ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan bagian Atas).

Menggunakan madu sebagai obat alami sakit tenggorokan juga terbilang sangat cocok untuk anak-anak (di atas 1 tahun), karena rasa madu yang manis dan lezat. Maka, sebaiknya konsumsilah madu secara rutin setiap hari. Kamu bisa meminumnya langsung, atau mencampurnya dengan segelas air hangat.

2. Teh Chamomile

obat alami sakit tenggorokan

(Image by @congerdesign via Pixabay)

Siapa sangka, teh aromatik yang satu ini ternyata juga bisa dijadikan obat alami sakit tenggorokan yang sangat ampuh. Sebab, selain memiliki efek menenangkan bagi tenggorokan, teh chamomile juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang efektif untuk mengobati sakit tenggorokan.

Selain itu, memanfaatkan teh chamomile sebagai obat alami sakit tenggorokan juga sangat disarankan karena minuman yang satu ini juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, ini akan membantu tubuh melawan infeksi yang diakibatkan oleh tenggorokan yang radang.

Tak hanya ampuh sebagai obat alami sakit tenggorokan, mengonsumsi teh chamomile juga ternyata dapat membantu meredakan gejala pilek. Menghirup uap hangatnya juga bermanfaat untuk melegakan pernapasan dan tenggorokanmu yang tersumbat.

3. Air Jahe

obat alami sakit tenggorokan

(Image by @pearly-peach via Pixabay)

Obat alami sakit tenggorokan yang selanjutnya adalah air jahe. Rempah-rempah yang satu ini memang terkenal dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Selain untuk menghangatkan serta meningkatkan stamina tubuh, jahe juga dipercaya ampuh sebagai obat alami sakit tenggorokan. Sebab, jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang mampu membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan peradangan di tenggorokan.

Untuk mengonsumsi obat alami sakit tenggorokan yang satu ini, kamu bisa membuatnya menjadi air jahe atau teh jahe. Caranya, rebus jahe dengan segelas air hingga mendidih, saring, lalu minum airnya selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu agar air jahemu terasa lebih enak.

4. Air Garam

obat alami sakit tenggorokan

(Photo by @ArtemBeliaikin via Pexels)

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, garam juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat alami sakit tenggorokan yang terbilang ampuh. Sebab, garam mengandung berbagai nutrisi yang mampu membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Berkumur dengan air garam juga diyakini mampu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas serta mencegah demam. Selain sebagai obat alami sakit tenggorokan, air garam juga baik sebagai larutan antiseptik yang berguna untuk menjaga kebersihan tenggorokan.

Cara membuat air garam sebagai obat alami sakit tenggorokan pun  terbilang sangat mudah. Kamu tinggal mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah dengan kepala sedikit menengadah ke atas, lalu buang. Ingat, jangan telan airnya. Kamu bisa lakukan ini setiap tiga jam sekali secara rutin hingga mendapat hasil yang optimal.

5. Bawang Putih

obat alami sakit tenggorokan

(Image by @SteveBuissinne via Pixabay)

Selain garam, bumbu dapur yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat alami sakit tenggorokan, lho. Ini karena bawang putih memiliki sifat antivirus, antijamur, dan antibakteri yang mampu melawan radang dan infeksi pada saluran tenggorokan.

Kandungan allicin serta senyawa organosulfer yang ada pada bawang putih juga bisa membantu meredakan sakit pada tenggorokanmu. Selain sebagai obat alami sakit tenggorokan, mengonsumsi bawang putih secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah tubuh terserang flu.

Namun, ada satu tantangan untukmu dalam mengonsumsi obat alami sakit tenggorokan yang satu ini. Yaitu, kamu harus memakan langsung bawang putih tersebut mentah-mentah.

Ini karena senyawa-senyawa yang ada pada bawang putih, terutama senyawa allicin, akan bekerja lebih efektif jika dikunyah mentah-mentah. Tapi jangan lupa untuk menyikat gigi setelahnya, ya, untuk menghilangkan bau mulut tak sedap akibat bawang putih.

6. Air Lemon

obat alami sakit tenggorokan

(Photo by @Julia Zolotova via Pexels)

Obat alami sakit tenggorokan yang selanjutnya adalah air lemon. Si kuning yang asam ini memang kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah vitamin C.

Vitamin C yang terkandung dalam obat alami sakit tenggorokan ini berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, serta sebagai antioksidan, sehingga efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi dan radang.

Selain itu, kandungan astringen yang ada dalam lemon juga bermanfaat untuk meredakan pembengkakan pada tenggorokan, serta membunuh virus dan bakteri penyebab iritasi. Untuk mengonsumsi lemon sebagai obat alami sakit tenggorokan, kamu cukup mencampurkan perasan lemon dengan segelas air hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk rasa yang lebih enak.

7. Kayu Manis

obat alami sakit tenggorokan

(Photo by @NgôTrọngAn via Pexels)

Obat alami sakit tenggorokan yang terakhir adalah kayu manis. Tanaman rempah yang satu mampu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan karena terdapat zat antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi di dalamnya.

Selain khasiatnya sebagai obat alami sakit tenggorokan yang mampu membantu mengurangi rasa sakit serta pembengkakan akibat radang, aroma kayu manis yang harum juga dapat membantu membuat tubuh menjadi rileks.

Cara mengonsumsi kayu manis sebagai obat alami sakit tenggorokan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa potong kayu manis atau satu sendok teh kayu manis ke dalam air hangat, lalu tambahkan madu jika ingin rasanya lebih enak.

Nah, jika mengonsumsi obat alami sakit tenggorokan seperti di atas ternyata tidak mampu membantu meredakan sakit tenggorokanmu, jangan tunda untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan medis, ya.

Pasti happy menginap di Bobobox!

Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu cara agar sakit tenggorokan cepat sembuh, lho. Tapi, kamu bosan istirahat di rumah aja? Mau ke hotel, tapi gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama menginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like