Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Momen Libur Cuti Ini Siap Menyambutmu di Tahun 2020!

Libur Cuti

Libur Cuti — Tak terasa kita sudah tiba di bulan September dan dalam beberapa bulan lagi, kita akan menyambut tahun baru. Setengah tahun sudah berlalu dan pasti ada banyak momen yang telah terlewati, baik positif maupun negatif. Semoga kita semua bisa menjalani setengah tahun berikutnya dengan keceriaan dan berbagai hal yang lebih positif, ya!

Nah, bicara tentang tahun baru, topik yang sering diangkat adalah liburan. Kita memang masih berada di tahun 2019, tetapi diskusi-diskusi mengenai tanggal libur cuti 2020 sudah banyak beredar. Wah, kelihatannya sudah tidak sabar untuk liburan, ya! Sebenarnya, informasi dan diskusi ini bermanfaat, lho! Dengan mengetahui tanggal libur, kamu bisa menentukan waktu liburan yang lebih pas. Selain itu, kamu juga bisa merencanakan cuti dan memesan tiket atau hotel lebih awal.

Sayangnya, beberapa hari libur nasional bertabrakan dengan hari Sabtu atau Minggu. Namun, untuk kamu yang tidak sabar ingin segera berlibur, Bob akan kasih informasi tentang hari libur di tahun 2020. Selain itu, ada beberapa tips cuti yang bisa kamu coba. Berikut adalah informasinya!

kalendar cuti bobobox 2020

Download Gambarnya disini

 

 

 

1. Hari Raya Nyepi — 25 Maret 2020

Sumber foto: Whats New Indonesia

Hari Raya Nyepi adalah salah satu libur nasional di awal tahun yang tidak bertabrakan dengan hari Minggu. Jatuh pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2020, Nyepi dirayakan oleh umat Hindu, terutama di Bali. Pada perayaan ini, umat Hindu tidak boleh bekerja, menggunakan listrik, menyalakan lampu, menikmati hiburan, dan bepergian. Tujuannya adalah agar seseorang dapat mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dan melakukan introspeksi.

Jika kamu ingin merasakan pengalaman menyepi, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk mengambil libur cuti. Tentunya, tempat terbaik untuk menikmati pengalaman ini adalah Bali. Namun, perlu diingat bahwa pada Hari Raya Nyepi, semua fasilitas kota tutup, termasuk bandara. Oleh karena itu, disarankan kamu mengambil cuti satu hari sebelum dan sesudah Hari Raya Nyepi (24 dan 26 Maret 2020).

Selain itu, jika kamu berencana menikmati Nyepi di Bali, ada beberapa peraturan yang tetap harus kamu ikuti. Kamu memang diizinkan menggunakan listrik atau menyalakan lampu di kamar hotel, tetapi kamu tidak boleh berkeliaran di pantai. Ketenangan pun harus tetap dijaga. Momen Nyepi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat dan melakukan berbagai kegiatan yang menenangkan, seperti meditasi.

2. Jumat Agung — 10 April 2020

Sumber foto: http://fransalchemist.com/2016/03/cinta-yang-berkorban/

Di bulan April, kamu bisa menikmati long weekend pada minggu kedua. Jatuh pada tanggal 10 April 2020, Jumat Agung adalah libur nasional yang bisa kamu manfaatkan. Perayaan ini merupakan momen peringatan penyaliban dan wafat Yesus Kristus di Bukit Golgota. Jumat Agung dilanjutkan oleh perayaan Sabtu Suci dan Minggu Paskah yang jatuh pada tanggal 11 dan 12 April 2020.

Jumat Agung diawali oleh prosesi Jalan Salib yang diadakan di gereja. Prosesi ini biasanya hadir dalam bentuk aksi teatrikal. Namun, ibadat ini juga dapat dilakukan dalam cara yang berbeda. Prosesi di Gereja Katedral Jakarta pada Jumat Agung 2018 kemarin, misalnya, justru menampilkan visualisasi perjalanan Yesus Kristus sebagai pengganti aksi teatrikal.

Kamu bisa memanfaatkan hari libur nasional ini untuk berlibur. Agar weekend-mu semakin panjang, kamu dapat mengambil libur cuti pada hari Kamis. Karena perayaan Wafat Isa Almasih jatuh pada hari Jumat, ini artinya kamu hanya perlu mengambil cuti selama satu hari. Lumayan untuk menghemat jatah cuti, ‘kan?

3. Hari Buruh Internasional — 1 Mei 2020

Sumber foto: Kumparan News

Ada banyak cara untuk menyambut kehadiran bulan baru. Mungkin kamu tak asing dengan status post seperti “Welcome, May! Be good to me!” dan semacamnya. Namun, di tahun 2020 nanti kamu bisa menyambut datangnya bulan Mei dengan long weekend. Jatuh pada tanggal 1 Mei, Hari Buruh Internasional menandai perayaan kesuksesan kelompok buruh dari aspek ekonomi dan sosial.

Di tahun 2020, 1 Mei bertepatan dengan hari Jumat. Ini artinya kamu bisa menikmati libur selama 3 hari di awal bulan Mei. What a good way to start a new month! Akhir pekan panjang ini bisa dimanfaatkan untuk berwisata ke luar kota atau sekadar bersantai di rumah. Namun, perlu diingat bahwa perayaan Hari Buruh sering kali diwarnai dengan aksi-aksi besar. Ini artinya beberapa lokasi mungkin ditutup dan kemacetan bisa terjadi akibat penutupan jalan.

Agar liburanmu berjalan lancar, Bob punya tips yang bisa kamu ikuti. Cari tahu informasi aksi Hari Buruh sejak awal dari internet. Kenali lokasi aksi dan hindari kawasan-kawasan di sekitar lokasi tersebut. Ada baiknya kamu tidak berkendara dan memanfaatkan transportasi alternatif seperti ojek motor online. Dengan begini, kamu tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman.

4. Hari Raya Idul Fitri — 24-25 Mei 2020

Sumber foto: Republika

Masih di bulan Mei, kamu bisa menikmati libur cuti yang cukup panjang. Jatuh pada tanggal 24-25 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah adalah perayaan besar yang ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim. Bertepatan dengan hari Minggu dan Senin, momen spesial ini merupakan waktu untuk bermetamorfosis menjadi pribadi yang lebih baik. Di Hari Lebaran, kita bisa berjumpa dengan keluarga, saling memaafkan, dan tentunya menikmati beragam makanan lezat seperti opor dan ketupat.

Yang lebih mengasyikkan adalah hari besar umat Muslim ini dilengkapi dengan cuti bersama selama 3 hari. Sejak hari Jumat tanggal 22 Mei, kamu sudah bisa memanfaatkan cuti dan segera mudik. Liburanmu bersama keluarga di kampung halaman juga masih bisa dinikmati pada tanggal 26 dan 27 Mei, lho! Oh, ya! Bob hampir lupa! Tanggal 21 Mei 2020 juga merupakan Hari Kenaikan Isa Almasih. Ini artinya liburanmu bisa dimulai sejak hari Kamis! Mantap betul!

Namun, sebelumnya Bob punya beberapa tips untuk menyambut libur cuti bersama yang panjang ini. Pastikan kamu sudah memesan tiket kereta atau pesawat sejak jauh-jauh hari agar tidak sampai kehabisan. Untuk kamu yang ingin berlibur ke luar kota, periksa harga dan pesan kamar hotel sejak awal. Dilansir dari Tripadvisor, kamu bahkan bisa menghemat hingga 39% saat memesan hotel di Jakarta sekitar 3 bulan sebelum hari kedatangan. Asyik, ‘kan?

5. Hari Lahir Pancasila — 1 Juni 2020

Sumber foto: http://amaliamandaa.blogspot.com/2016/10/memperingati-hari-kesaktian-pancasila.html

Awali bulan Juni dengan semangat nasionalisme yang kuat! Jatuh pada tanggal 1 Juni, Hari Kelahiran Pancasila adalah hari libur nasional yang bisa kamu manfaatkan di tahun 2020. Kelahiran Pancasila biasanya dirayakan melalui upacara. Dilansir dari Historia.co.id, hari bersejarah ini ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2017.

Karena berdekatan dengan libur cuti Lebaran, kamu bisa memaksimalkan momen ini dengan memperpanjang liburanmu. Untuk kamu yang hanya bekerja dari hari Senin hingga Jumat, kamu bisa mengambil cuti pada tanggal 28 dan 29 Mei. Digabungkan dengan cuti bersama Idul Fitri dan Hari Kenaikan Isa Almasih, kamu bisa menikmati libur dari tanggal 21 Mei hingga 1 Juni! Wah, Bob bisa tidur seharian, nih!

6. Hari Kemerdekaan Indonesia — 17 Agustus

Sumber foto: Kompas

Untuk kamu penyuka long weekend, di bulan Agustus kamu juga bisa menikmati momen liburan. Jatuh pada tanggai 17 Agustus, HUT RI yang ke-75 ini bertepatan dengan hari Senin. Say goodbye to Monday blues! Kamu tak perlu terburu-buru bangun tidur dan bersiap-siap di Senin pagi. Malam masih panjang di hari Minggu tanggal 16 Agustus.

Biasanya, diadakan berbagai perlombaan untuk memeriahkan HUT RI. Agar momen liburanmu semaking mengasyikkan, kamu bisa mengikuti perlombaan tersebut. Lomba-lomba klasik seperti balap kelereng, makan kerupuk, atau balap karung dapat menjadi pilihan yang menarik. Beberapa kota dan daerah juga biasanya menyelenggarakan event besar yang bisa kamu hadiri. Asyik, bukan?

7. Hari Natal — 25 Desember 2020

Sumber foto: Kayak

Salah satu liburan yang ditunggu-tunggu di akhir tahun adalah libur Natal. Ya, Hari Natal merupakan momen peringatan lahirnya Yesus Kristus. Hari besar umat Kristiani yang jatuh pada tanggal 25 Desember ini menjadi momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga. Perayaan ini identik dengan pohon Natal, berbagai aksesori warna-warni yang meriah, dan Sinterklas. All is bright!

Dirilis dari CNN Indonesia, Hari Natal tahun 2020 diawali dengan cuti bersama pada tanggal 24 Desember 2020. Wah, seru nih! Untuk kamu yang ingin memanfaatkan libur cuti ini, kamu bisa berwisata ke kota-kota tetangga. Sebagai contoh, kalian yang tinggal di Jakarta bisa meluangkan liburan di Bandung. Untuk kalian yang tinggal di Batam, tidak ada salahnya menyeberang ke Singapura untuk menikmati libur Natal. Oh, ya! Biasanya libur Natal juga dimeriahkan oleh beragam event, termasuk ajang diskon akhir tahun di mal-mal besar!

Kesimpulan

Itulah 7 hari libur nasional yang akan menyambutmu di tahun 2020. Untuk kamu yang ingin berwisata di tahun depan, kamu bisa memanfaatkan tanggal-tanggal tersebut untuk merencanakan liburanmu. Namun, yang terpenting adalah pastikan kamu melakukan persiapan yang matang, termasuk memilih tempat menginap yang aman dan nyaman.

Bingung memilih akomodasi yang nyaman dan terjangkau? Bobobox solusinya! Mengusung konsep hotel kapsul, Bobobox hadir dengan pod yang luas dan dilengkapi beragam fitur canggih yang akan menunjang kenyamananmu. Fitur-fitur tersebut terintegrasi dengan aplikasi Bobobox yang bisa diunduh secara gratis untuk platform iOS dan Android. Praktis, ‘kan?

Jadi, jangan menunggu lagi! Segera unduh aplikasi Bobobox dan rencanakan liburan yang mengesankan di tahun 2020!

You might also like
Comments
Loading...