Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lho!

Tahukah kamu jika memelihara kesehatan kulit juga manfaat dari nasi merah?

Nasi merah sering dikenal sebagai makanan yang bisa menurunkan berat badan. Pasalnya, nasi merah mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Nasi merah bisa dimakan untuk menggantikan nasi putih yang cenderung lebih cepat dicerna.

Namun, ternyata manfaat nasi merah tak hanya itu saja. Nasi merah mengandung banyak gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh banyak penelitian, termasuk penelitian yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO).

Penasaran apa saja manfaat nasi merah yang mungkin belum kamu ketahui? Untuk lebih jelasnya, yuk, simak 7 manfaat nasi merah untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Mengatasi kolesterol tinggi

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa nasi merah dapat membantu mengatasi kadar kolesterol atau lemak jahat yang tinggi dalam darah. Hal ini karena nasi merah mengandung asam gamma aminobutyric yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada nasi merah juga dapat menurunkan kolesterol melalui penghambatan penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein. Dengan mengonsumsi nasi merah, kamu bisa menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Itulah sebabnya, nasi merah sangat baik jika dikonsumsi secara rutin oleh penderita kolesterol tinggi. Namun, perlu diingat bahwa manfaat nasi merah tidak dapat dirasakan oleh penderita penyakit liver. Ini dikarenakan efek samping mengonsumsi nasi merah cukup fatal, yakni mual hingga heartburn.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@hush52 via Unsplash

Mencegah penyakit kardiovaskuler

Nasi merah bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Selain mengandung kadar serat yang cukup tinggi, nasi merah juga mengandung antioksidan, kalium, magnesium, dan zat lignan. Zat-zat itulah yang menjadi kunci manfaat nasi merah untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

Kandungan tersebut dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam darah, mengontrol tekanan darah, serta mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Efek tersebut tentu saja membuat nasi merah baik dikonsumsi untuk mencegah resiko penyakit kardiovaskular.

Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh ahli jantung di Rumah Sakit Chestnut Hill, Amerika Serikat. Penelitian ini melaporkan bahwa kadar kolesterol lebih cepat berkurang pada pasien yang mengonsumsi nasi merah dibanding dengan perawatan plasebo.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@jessedo81 via Unsplash

Melawan radikal bebas

Nasi merah termasuk makanan yang kaya akan antioksidan. Hal ini mengungkap manfaat nasi merah lainnya, yakni dapat membantu melawan radikal bebas. Diketahui, bahwa radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan berbagai kanker.

Menurut beberapa riset, nasi merah berpotensi lebih tinggi untuk melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Nasi merah bahkan memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang lebih banyak dari beras cokelat.

Tak hanya itu saja, nasi merah juga kaya akan kandungan zinc dan mineral yang juga dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Kandungan zinc ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit manusia.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@charles via Unsplash

Bagus untuk kesehatan kulit

Nasi merah memang sangat bagus untuk diet. Namun, tahukah kamu jika nasi merah juga sangat bagus untuk kesehatan kulit? Seperti yang dijelaskan di atas, nasi merah merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan. Kadar antioksidan inilah yang bisa sangat bermanfaat untuk kulit.

Nasi merah mampu menangkis radikal bebas, sehingga dapat membantu proses peremajaan kulit. Mengonsumsi nasi merah secara rutin juga dapat membantu mempercepat pembaruan sel kulit dan mengikis sel-sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati yang terkikis bisa mengatasi masalah kulit kusam, sehingga kulit bisa tampak lebih cerah dan segar. Kulit yang sehat dan terjaga tentu akan mengurangi risiko terserang penyakit kanker kulit.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@iavnt via Unsplash

Memproduksi hormon serotonin

Manfaat nasi merah lainnya adalah mampu berperan sebagai produsen hormon serotonin. Hormon serotonin adalah hormon yang dapat menciptakan perasaan nyaman dan senang. Hormon ini juga berperan sebagai antistres pada tubuh manusia.

Di samping itu, serotonin juga berperan sebagai penyeimbang kadar darah merah dalam tubuh sekaligus sebagai produsen sel DNA. Nasi merah mengandung 23 % vitamin B6, yang jika diolah dapat memicu penyebaran hormon serotonin ke seluruh tubuh.

Dengan mengonsumsi nasi merah secara rutin, suasana hati bisa terus terjaga serta dijauhkan dari perasaan stres dan tertekan. Kamu juga bisa mengombinasikan nasi merah dengan telur, udang, salmon, dan tahu untuk mendapatkan efek yang maksimal.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@pablomerchanm via Unsplash

Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Selain susu, nasi merah juga dapat membantu untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya, nasi merah memiliki kandungan magnesium. Magnesium merupakan kandungan penting yang dibutuhkan untuk membangun struktur fisik tulang dan gigi yang kuat.

Kandungan magnesium yang ada pada nasi merah cukup tinggi, yakni sebesar 43 miligram untuk setiap 100 gram beras merah. Kandungan tinggi magnesium ini dapat mencegah demineralisasi tulang.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Nasional Informasi Bioteknologi, Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, mengonsumsi nasi merah secara teratur juga dapat bermanfaat untuk kondisi medis seperti radang sendi, osteoporosis, serta masalah persendian lainnya.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@owenbeard via Unsplash

Mencegah anemia

Menurut penelitian dari Food and Agliculture Organization (FAO), tercatat bahwa nasi merah juga kaya akan kandungan zat besi. Dalam 100 gram beras merah, terkandung 5,5 gram zat besi yang mampu mencukupi 68,75 % total kebutuhan harian manusia akan zat besi.

Jumlah tersebut tergolong jumlah yang paling tinggi, jika dibandingkan dengan kandungan zat besi pada jenis beras putih, beras cokelat, beras ungu, dan beras hitam. Di sinilah manfaat nasi merah sangat berperan penting, yakni dapat membantu mencegah anemia.

Zat besi merupakan kandungan yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Fungsinya untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi akan membuatmu cepat merasa lelah dan bisa menimbulkan anemia jika dialami berkepanjangan.

7 Manfaat Nasi Merah, Tak Hanya untuk Diet Lo!
@sagarcia via Unsplash

Itulah 7 manfaat nasi merah yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Jadi, tak hanya bisa menurunkan berat badan, kamu juga bisa mendapatkan beragam manfaat kesehatan lainnya dalam tubuhmu.

Staycation di Bobobox, yuk!

Manfaat nasi merah akan sangat terasa jika dikonsumsi secara rutin. Namun tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga. Salah satunya bisa dengan menyenangkan dirimu dan staycation di Bobobox.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Tak usah khawatir dengan masalah kesehatan, karena tim Bobobox selalu rutin melakukan pembersihan menyeluruh, lengkap dengan penyemprotan disinfektan.

Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya, karena interior Bobobox juga instagrammable banget. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Yuk, pesan kamar di aplikasi sekarang!

You might also like