vacation-8941ad78308759a53c3074b9b122be6c_600x400

7 Manfaat Kalau Kamu Suka Meluangkan Waktu Untuk Refreshing

Refreshing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Hal itu dibutuhkan untuk menghilangkan kejenuhan akan rutinitas yang ada. Bisa berupa meluangkan waktu untuk berwisata, staycation, atau melakukan hobi yang disukai.

Kenapa Harus Meluangkan Waktu Untuk Refreshing?

Rutinitas yang dilakukan sehari-hari tentunya membuat kita merasa lelah baik fisik maupun mental. Melakukan kegiatan seperti bekerja, sekolah, dan mengurus rumah seringkali menimbulkan rasa bosan dan penat. Belum lagi jika ditambah dengan tumpukan tugas dan pekerjaan yang bisa bikin stress.

Kebanyakan orang kadang bekerja dan belajar hingga lupa bahwa otak juga butuh di-refresh. Terus-menerus mengerjakan suatu hal tanpa istirahat malah akan membuat kesehatan terganggu. Pikiran dan tubuhmu merupakan aset yang berharga seumur hidupmu. Seperti komputer yang butuh F5, dirimu juga butuh istirahat supaya tetap optimal.

Pilihan Dalam Melakukan Refreshing 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Bisa dengan meluangkan waktu untuk berkumpul bersama dengan keluarga atau teman. Berbagi cerita atau melakukan kegiatan yang disukai bersama-sama akan memperbaiki mood.

Refreshing bukan melulu soal pergi berwisata ke tempat yang jauh, mahal, atau dengan waktu  yang lama. Menghabiskan waktu dengan berpiknik di halaman rumah, berbelanja, atau menonton film juga bisa menjadi alternatif. Bagi kamu yang tidak suka dengan kegiatan di luar rumah, kamu bisa melakukan hal-hal yg kamu sukai di rumah.

manfaat refreshing

Bermain game, melakukan perawatan tubuh di rumah, atau mengundang teman-teman untuk makan malam bersama. Jika kamu suka dengan kegiatan di luar ruangan, kamu bisa pergi ke tempat wisata atau berjalan-jalan ke mall. Juga, refreshing tidak selalu harus dilakukan bersama orang lain.

Kamu bisa melakukan refreshing sendiri dengan pergi ke salon atau spa untuk memanjakan diri. Melakukan olahraga seperti yoga atau meditasi juga bagus untuk tubuh dan pikiranmu. Olahraga, selain sehat juga ia dapat meningkatkan hormon-hormon pencegah timbulnya stres.

Manfaat Meluangkan Waktu Untuk Refreshing Bagi Tubuh dan Pikiran

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan refreshing. Meluangkan waktu untuk refreshing juga tidak selalu harus dengan jangka waktu yang panjang. Meluangkan waktu selama satu atau dua hari pun sudah cukup untuk beristirahat dari rutinitas.

Kebanyakan orang tidak mengambil cuti dari kantornya dengan alasan takut dipecat atau ingin cutinya diuangkan saja. Padahal kantor sengaja memfasilitasi pekerjanya dengan cuti supaya mereka terhindar dari stress dan gangguan kesehatan. Karena kesehatan fisik dan mental berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

Nah, bagi kamu yang masih bertanya-tanya tentang manfaat refreshing. Berikut adalah 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan refreshing.

1. Mencegah Depresi

Rutin meluangkan waktu untuk refreshing bisa menurunkan risiko timbulnya gangguan mental seperti depresi. Hal itu dikarenakan dengan melakukannya, seseorang bisa memperoleh ketenangan jiwa. Otot-otot yang menegang akibat melakukan pekerjaan secara terus-menerus bisa membuat seseorang lebih emosional.

manfaat refreshing

Oleh karena itu, kamu harus melemaskan otot-otot tersebut dengan melakukan refreshing. Dengan bersantai atau melakukan hobi ringan dan melakukan pijat refleksi. Seseorang yang sering meluangkan waktu untuk me-refresh diri lebih kecil kemungkinan untuk terkena depresi dibandingkan yang tidak melakukannya.

2. Lebih Bahagia

Melakukan kegiatan untuk refreshing bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Hal itu dikarenakan melakukan hobi yang disukai atau bertemu dengan orang tersayang bisa meningkatkan hormon serotonin dan oksitosin. Kamu bisa melakukan kegiatan seperti berpiknik ke pantai atau bersepeda di dekat danau misalnya.

manfaat refreshing

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering traveling atau meluangkan waktunya untuk bersenang-senang lebih bahagia dibanding yang bekerja terus-menerus. Hal itu karena pikiran mereka yang menjadi lebih terbuka dan banyak bersosialisasi.

Kemudian dengan menghabiskan waktu bersama orang terkasih seperti menonton ke bioskop atau melakukan skinship. Hal tersebut juga bisa membuatmu lebih bahagia dan memperoleh energi positif untuk jiwa dan tubuhmu.

3. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang melewatkan waktu berlibur selama beberapa tahun memiliki 30% kemungkinan lebih besar terserang penyakit jantung. Dibandingkan dengan orang yang meluangkan waktu untuk berlibur sedikitnya satu minggu dalam setahun.Hal tersebut disebabkan oleh aktivitas jantung yang secara terus-menerus dipacu tanpa ampun. Aktivitas yang secara berlebihan dilakukan seperti bekerja membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Jika dibiarkan seperti itu tanpa mengistirahatkan badan, seseorang akan lebih mudah terkena serangan jantung.

4. Merangsang Kreatifitas

Selain membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Refreshing juga bisa memberikan ide-ide baru dan meningkatkan kreatifitas seseorang. Dengan bepergian ke tempat baru dan bertemu orang-orang baru kita akan mendapat banyak inspirasi baru juga.

Seperti halnya pelukis atau penulis yang mencari ide-ide segar untuk bahan karyanya. Karena inspirasi bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja, termasuk saat kita berlibur. Dan terkadang ide-ide justru muncul saat kita sedang bersantai. Karena pada saat itu seseorang punya ruang lebih untuk mengeksplor banyak hal.

5. Lebih Dekat dengan Orang Tersayang

manfaat refreshingMeluangkan waktu untuk refreshing dengan orang tersayang akan membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Hal itu membuat kita dan orang tersayang, misalnya keluarga, lebih saling terhubung satu sama lain. Menghabiskan waktu dengan orang tersayang akan mempererat kedekatan dan ikatan positif.

6. Berpikir Lebih Positif

Refreshing bisa membuat seseorang terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang akan merusak mental. Seseorang yang banyak meluangkan waktu untuk berlibur atau beristirahat pikirannya lebih positif daripada yang bekerja terus-menerus. Karena orang yang terus-menerus tenggelam dalam pekerjaan cenderung berpikiran sempit.

Hal itu terjadi sebab mereka tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal selain pekerjaan. Sehingga lupa untuk mengistirahatkan otaknya. Seperti halnya komputer yang mengalami hang saat dipakai terus-menerus.

7. Lebih Panjang Umur

Meluangkan waktu untuk refreshing juga disinyalir membuat seseorang lebih berumur panjang. Hal ini dikarenakan orang yang menyempatkan diri untuk me-refresh tubuh dan pikirannya lebih besar kemungkinannya terhindar dari penyakit-penyakit kronis.

manfaat refreshing

Orang yang meluangkan waktu untuk refreshing cenderung lebih sehat karena mereka lebih peduli terhadap dirinya dibandingkan orang yang tidak melakukan refreshing. Oleh karena itu, jangan terlalu tenggelam dalam kesibukan sampai lupa untuk melakukan penyegaran tubuh dan pikiran ya.

Bobobox Sebagai Alternatif Refreshing-mu

Bagi kamu yang bingung mencari ide untuk melakukan refreshing yang terjangkau dan mudah, Bobobox solusinya. Kamu tidak perlu repot-repot mencari penginapan yang nyaman dan ramah di kantong. Kamu bisa berlibur dan menginap bersama teman atau keluargamu di Bobobox.

Dapatkan fasilitas pod yang oke dilengkapi teknologi canggih seperti lampu led yang bisa kamu atur warnanya sendiri. Ada speaker bluetooth juga lho! Kamu bisa memainkan musik kesukaanmu di sini. Pesan pods –nya melalui aplikasi bobobox atau kunjungi websitenya hotel kapsul ini sekarang juga!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles