Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bukan Sayur Biasa, Ini Dia 7 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

So, mulailah untuk rutin mengonsumsi kacang panjang dari sekarang!

Siapa yang tidak kenal dengan kacang panjang, sayuran hijau panjang kurus yang sangat sering ditemukan dalam berbagai kuliner nusantara. Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang memiliki bentuk memanjang mulai dari 30-120 cm.

Selain rasanya yang enak dan renyah, terdapat pula berbagai manfaat kacang panjang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah penyakit kanker hingga mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Yuk, langsung cek aja 7 manfaat kacang panjang yang sudah Bob rangkum di bawah ini!

manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh

(Image by: @synthiatjipto via Instagram)

1. Mencegah Kanker

Siapa yang menyangka, jika salah satu manfaat kacang panjang yang biasa kita jumpai sehari-hari adalah mampu mencegah penyakit kanker. Ini dikarenakan kacang panjang memiliki berbagai kandungan zat penting seperti anti-oksidan, asam folat, flavonoid, serta riboflavin yang mampu menurunkan laju pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Selain dikarenakan tingginya kandungan anti-oksidan, manfaat kacang panjang yang satu ini juga disebabkan oleh kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada kacang panjang. Kedua zat ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab dari kanker dan penyakit-penyakit mematikan lainnya.

Selain dapat mencegah kanker, tingginya kandungan vitamin C pada kacang panjang juga memiliki berbagai manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Manfaat kacang panjang lainnya yaitu mampu mencegah penyakit asam urat. Menurut penelitian, orang-orang yang mencukupi kebutuhan hariannya akan vitamin C mengalami penurunan risiko asam urat hingga 31 persen.

2. Menyehatkan Mata dan Kulit

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata dan kulit. Manfaat kacang panjang bagi kesehatan kulit salah satunya dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada kacang panjang.

Kandungan vitamin C pada kacang panjang sangat berguna untuk menjaga kecerahan kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengurangi timbulnya keriput, memperlambat proses penuaan, menyembuhkan kulit kering dan kemerahan, serta membantu mencegah perkembangan sel kanker kulit.

Selain baik untuk kulit, manfaat kacang panjang lainnya adalah untuk memelihara kesehatan mata dan menjaganya dari berbagai masalah penglihatan, seperti katarak dan glaukoma. Ini karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam kacang panjang. 100 gram kacang panjang dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin A sebesar 28 persen pada laki-laki, dan 37 persen pada wanita.

manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh

(Image by: @suryaardalisa via Instagram)

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat kacang panjang selanjutnya yang pasti tidak terpikirkan olehmu adalah mampu membuat tidur lebih nyenyak. Yap! Manfaat kacang panjang yang satu ini dikarenakan oleh kandungan magnesium yang cukup tinggi pada kacang panjang, yaitu mencapai 44 mg per 100 gram sajiannya.

Magnesium diyakini mampu mencegah berbagai gangguan tidur. Sebab, magnesium merupakan zat yang dapat mengatasi gangguan fungsi pada otak yang menyebabkan kecemasan berlebih, gelisah, hiperaktif, dan berujung pada susah tidur.

Maka, dengan rutin mengonsumsi kacang panjang yang kaya akan magnesium, kamu bisa mendapatkan manfaat kacang panjang satu ini, karena magnesium dapat membantu menenangkan dan meningkatkan relaksasi pada otak. Sehingga, tubuh menjadi lebih tenang dan kamu bisa tidur lebih nyenyak.

4. Menjaga Kesehatan Janin

Bagi kamu para ibu hamil, manfaat kacang panjang satu ini pasti sangat kamu tunggu-tunggu. Manfaat kacang panjang satu ini sangat penting diperoleh untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin.

Sebab, kacang panjang yang juga kaya akan kandungan folat (vitamin B9) memiliki peran penting dalam kesehatan janin yang ada dalam kandungan, terutama pada trimester awal kehamilan.

Mengonsumsi makanan kaya folat mampu mengurangi risiko cacat bayi dalam kandungan seperti kelainan jantung dan spina bifida, sebesar 26 persen. Oleh karena itu, ibu hamil juga biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen folat untuk memenuhi kebutuhan folatnya yang tinggi.

Selain untuk janin dalam kandungan, ternyata manfaat kacang panjang juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Sebab, kacang panjang yang tinggi akan serat sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Tak hanya itu, kacang panjang juga mampu menenuhi kebutuhan harian ibu hamil akan protein, zat besi, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh

(Image by: @daliessiangadi123 via Instagram)

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh lainnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Ini dikarenakan kacang panjang yang memiliki kandungan folat cukup tinggi. Kandungan folat ini mampu mengurangi kadar asam amino homosistein dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor pemicu penyakit jantung.

Manfaat kacang panjang lainnya yang bisa kita rasakan jika rutin mengonsumsinya adalah terkontrolnya tekanan darah serta kadar kolesterol jahat LDL dalam darah. Sebab, kacang panjang mengandung serat larut, yang juga berguna untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah.

Satu porsi kacang panjang (100 gram) dapat mencukupi kebutuhan harian akan serat sebanyak 12 persen. Selain itu, dalam kacang panjang juga terdapat kandungan vitamin K yang mampu membantu mencegah pelebaran pembuluh darah arteri, yang merupakan salah satu faktor pemicu gagal jantung.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh memang tidak ada habisnya. Salah satu manfaat kacang panjang yang bisa kamu rasakan yaitu mampu menjaga kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran hijau satu ini baik untuk kamu yang menderita diabetes. Selain itu, kandungan serat larut air maupun serat tidak larut air dalam kacang panjang juga mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

Tak hanya itu, sebuah penelitian pun menemukan adanya aktivitas anti-hiperglikemik dan analgesik pada sayuran satu ini. Kedua zat ini dapat mengurangi rasa sakit dengan menurunkan sensitivitas tubuh terhadap stimulan, dan mengurangi kadar glukosa.

Kalori yang dimiliki kacang panjang pun tidak lebih dari 45 kal dalam satu porsinya. Maka, bagi kamu yang sedang diet atau menjalankan pola hidup sehat pun, kacang panjang merupakan salah satu makanan yang baik untuk kamu konsumsi secara rutin.

manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh

(Image by: @noura_clinic via Instagram)

7. Mengurangi Nyeri Saat Datang Bulan

Bagi kamu yang sering mengalami nyeri saat datang bulan, kacang panjang bisa jadi salah satu solusi untuk membantu masalahmu ini. Sebab, salah satu manfaat kacang panjang adalah mengurangi nyeri saat sedang datang bulan.

Manfaat kacang panjang yang satu ini didapat dari kacang panjang yang bisa memberikan efek analgesik atau meredakan rasa nyeri. Selain itu, kacang panjang juga mengandung mangan yang bisa membantu meminimalisir rasa nyeri saat datang bulan, serta memperbaiki mood-mu yang sedang jelek.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rajin mengonsumsi kacang panjang, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, lho. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

You might also like