Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Manfaat Jagung Sebagai Karbohidrat Sehat untuk Tubuh!

Beragam manfaat bisa kamu dapat

Buat kamu yang tidak begitu menyukai nasi atau ingin mengganti sumber karbohidrat tersebut dengan karbohidrat lainnya, jagung bisa menjadi pilihan. Selain rasanya enak dan bisa dijadikan olahan manis maupun asin, jagung ternyata memiliki banyak manfaat lho, tentunya jika dikonsumsi secukupnya dan diolah dengan benar! Apa sajakah manfaat jagung untuk kesehatan? Yuk simak informasi berikut ini!

Sumber Energi

via Freepik

Kandungan karbohidrat kompleks dalam jagung membuatnya memiliki manfaat untuk meningkatkan energi kamu. Karbohidrat kompleks akan dipecah dengan lebih lambat sehingga memberi kamu energi yang tahan lama juga. Dengan banyak energi, otak serta sistem saraf juga tentunya akan berfungsi dengan sangat baik. Kamu pun bisa beraktivitas dengan energi maksimal.

Baik untuk Mata

Salah satu manfaat jagung untuk kesehatan adalaha kandungan lutein dan zeasantin. Keduanya merupakan Vitamin A yang dapat mencegah penyakit katarak serta degenerasi makular akibat usia (gangguan penglihatan pada lansia). Bersamaan dengan kandungan vitamin C, vitamin E, zinc (zat seng), dan copper (zat tembaga), konsumsi jagung secara berkala akan membantu melindungi kamu dari hilangnya penglihatan.

Mencegah Kanker Usus

Manfaat jagung untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik. Bakteri tersebut kemudian berperan dalam menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dapat mencegah adanya kanker usus. Selain itu, kandungan serat tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk mencegah terjadinya konstipasi atau susah buang air besar.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan Jantung

@jessedo81 via Unsplash

Kandungan serat dalam jagung juga bermanfaat untuk kesehatan jantung kamu. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, terdapat juga kandungan potasium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta magnesium yang dapat membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung iskemik. Jika kamu rutin mengonsumsi makanan yang satu ini, kamu bisa membantu melindungi jantung kamu dari kerusakan jangka panjang.

Mengurangi Risiko Anemia

Kaya akan vitamin B12, asam folat dan zat besi membuat jagung memiliki manfaat untuk mengurangi risiko anemia. Anemia sendiri terjadi jika sel darah merah kamu tidak beregenerasi dengan teratur. Dengan mengonsumsi jagung, kondisi kekurangan darah merah tersebut dapat diatasi. Manfaat jagung untuk kesehatan ini didapat dari kandungan-kandungan tersebut yang membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh sehingga suplai oksigen ke seluruh jaringan tetap lancar.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan di Masa Kehamilan

@neal_johnson via Unsplash

Kandungan asam folat dan zeasantin dalam jagung sangat bermanfaat baik untuk ibu hamil maupun sang bayi. Zat-zat tersebut dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu mengurangi risiko konstipasi bagi ibu hamil.

Kesehatan Kulit

Manfaat jagung untuk kesehatan selanjutnya berkaitan dengan kesehatan kulit karena kandungan vitamin C serta likopen di dalam makanan tersebut. Vitamin C dan likopen ini dapat membantu produksi kolagen serta mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas oleh sinar UV.

Manfaat jagung untuk kesehatan kulit tersebut bisa didapat baik dengan mengonsumsinya atau menggunakan produk jagung lain seperti minyak dan pati jagung. Produk-produk tersebut juga kerap digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk-produk kosmetik.

Selain konsumsi makanan yang memiliki manfaat kesehatan, kamu juga perlu tidur yang cukup dan pikiran yang fresh agar tubuh kamu tetap sehat. Sesekali, kamu bisa pergi berlibur untuk melepas penat dari rutinitas kamu yang padat dan mungkin penuh tekanan.

Untuk masalah akomodasi, jangan ragu pilih Bobobox, si hotel kapsul berlogo koala. Hotel yang satu ini sudah tersedia di beberapa kota di Indonesia lho. Kamu bisa menjumpainya di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

Tempat tidurnya minimalis namun tetap mengedepankan kenyamanan, fasilitasnya cangih-canggih, dan tentunya harga terjangkau. Tunggu apa lagi? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox dan siap-siap berbetah ria bersama Bob!

 

You might also like