Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Terlihat Unik dan Lezat, Inilah 7 Manfaat Buah Naga!

Yuk, mulai rutin mengonsumsi buah naga!

Buah naga merupakan buah unik yang berasal dari Amerika Tengah. Buah yang juga dikenal dengan pitaya ini sudah sangat familiar di tanah air. Bentuknya yang unik serta rasanya yang lezat membuat buah naga langsung jadi favorit banyak orang. Tak hanya itu, manfaat buah naga bagi kesehatan pun ternyata tak main-main.

Yuk, langsung saja simak 7 manfaat buah naga yang sudah Bob rangkum khusus untuk kamu. Check these out!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena buah eksotis satu ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga juga dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan menangkal berbagai macam penyakit.

Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, proses penyembuhan pun akan berlangsung semakin cepat, contohnya pada kasus demam berdarah.

Manfaat buah naga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga tidak hanya baik untuk orang dewasa, namun juga untuk bayi. Maka dari itu, buah naga juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk MPASI bayi.

manfaat buah naga

(Photo by @Snapwire via Pexels)

2. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sebab, di dalam buah naga terkandung zat prebiotik yang merupakan sumber makanan untuk bakteri-bakteri baik di dalam usus. Bakteri-bakteri baik di dalam usus ini berfungsi sebagai pembasmi virus dan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit.

Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat buah naga yang satu ini, cobalah untuk mengonsumsi buah naga secara rutin setiap hari. Ini akan membuat sistem pencernaanmu senantiasa lancar dan bersih, serta dapat mengobati konstipasi dan sembelit. Sebab, buah naga mengandung serat atau fiber yang tinggi.

Manfaat buah naga yang satu ini juga sangat berguna bagi ibu hamil, lho. Sebab, ibu hamil memang rentan mengalami susah buang air besar yang disebabkan desakan janin dalam perut dan pengaruh hormonal.

3. Membantu Mencegah Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

Ternyata, manfaat buah naga tidak hanya seputar kesehatan tubuh saja, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat buah naga untuk kecantikan kulit di antaranya adalah dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, serta melawan penuaan dini.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, kamu dapat mengolah buah yang satu ini menjadi masker alami. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat membantu mengurangi proses peradangan jerawat pada wajah.

Selain itu, masker alami buah naga ini juga dapat membantu menjaga kulitmu tetap awet muda dan kencang. Ini karena buah naga juga mengandung antioksidan yang mampu memelihara kesehatan kulit dan membantu kulit untuk beregenerasi dengan lebih baik lagi.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah naga juga berguna untuk membantu mencerahkan kulit, melembapkan kulit yang kering, bahkan bisa kamu gunakan untuk merawat dan membantu menenangkan kulit yang terbakar.

Untuk membuat masker alami dari buah naga, caranya kamu cukup menghancurkan daging buah naga sampai berbentuk pasta. Setelah itu tinggal oleskan langsung pada kulit, dan diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan masker alami ini sebanyak dua kali sehari.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga bagi kesehatan yang selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Kok bisa? Sebab, buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik, serta dapat menurunkan kadar koleserol jahat dalam darah.

Selain itu, buah naga juga mengandung lycopene yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah serangan jantung mendadak. Manfaat buah naga untuk kesehatan jantung juga disebabkan oleh kandungan fosfor dan zat besi yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Tidak hanya daging buahnya saja yang membuat buah naga bermanfaat bagi kesehatan jantung, namun biji hitam pada buah naga juga ternyata kaya akan nutrisi. Biji buah naga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang mampu mencegah dan meringankan gangguan pada kardiovaskular. Wow! Keren, bukan?

manfaat buah naga

(Photo by @Md.MomtazAli via Pexels)

5. Kaya Vitamin C dan Nutrisi Lainnya

Tidak perlu dipertanyakan lagi, semua manfaat buah naga yang baik bagi kesehatan tubuh, dikarenakan oleh berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah naga. Terutama kandungan vitamin C tinggi dalam buah naga yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kebugaran, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Dalam 100 gram buah naga, terkandung 21 mg vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa sebesar 34 persen. Ini tiga kali lipat lebih banyak daripada vitamin C yang terkandung dalam sebuah wortel.

Selain karena tingginya kadar vitamin C yang terkandung dalam buah naga, manfaat buah naga bagi kesehatan juga disebabkan oleh kandungan nutrisi penting lainnya yang ada dalam buah ini, seperti zat besi, serat, magnesium, dan lain-lain. Maka, buah naga juga dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa kehamilan dan baik dikonsumsi oleh anak-anak.

Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, buah naga juga memiliki kadar air yang cukup tinggi di dalamnya. So, jangan ragu untuk mengonsumsi buah naga agar kamu dapat terhindar dari dehidrasi.

6. Mencegah Kanker

Manfaat buah naga yang tak kalah mencengangkan adalah kemampuannya untuk membantu mencegah kanker. Ini disebabkan oleh adanya kandungan lycopene dalam daging buah naga.

Lycopene merupakan zat yang berperan sebagai penyedia warna merah dalam buah naga. Zat ini terbukti mampu mengurangi risiko tubuh kita untuk terkena berbagai macam kanker, seperti kanker prostat dan kanker usus besar.

Bukan hanya kandungan lycopene saja, manfaat buah naga yang satu ini juga bisa kamu rasakan karena adanya kandungan antioksidan hytoalbumin yang mampu mencegah terbentuknya radikal bebas yang bersifat karsinogenik dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat, kalsium, vitamin C, vitamin B2, dan fosfor pada buah ini juga mampu membantu mengeluarkan racun logam dari dalam tubuh.

7. Mencegah Diabetes

Manfaat buah naga yang terakhir adalah untuk membantu mencegah diabetes, karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan antioksidan ini mampu membunuh sel-sel jahat di dalam tubuh yang diakibatkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Kandungan antioksidan ini membuat buah naga mampu membantu mencegah datangnya penyakit diabetes melitus. Selain itu, buah naga juga mampu membantu proses regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat buah naga yang satu ini secara maksimal, konsumsilah buah ini secara rutin dan teratur mulai sekarang.

manfaat buah naga

(Photo by @MadisonInouye via Pexels)

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rajin mengonsumsi buah naga, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, loh. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

kamar bobobox

You might also like