Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Kuliner Solo Legendaris, Dari yang Buka Dini Hari Sampai Favorit Pak Jokowi

Wajib deh nyobain kuliner Solo yang ini!

Sebagai kota bersejarah, Solo memiliki kuliner yang legendaris yang sudah ada sejak lama. Kuliner Solo ini ada dari yang makanan berat hingga camilan.

Keberadaan kuliner lgendaris bukan hanya sebagai pengenyang perut namun juga sarana untuk menjelajahi waktu. Soalnya mengenal sejarah tidak hanya dari peninggalan arsitektur dan budayanya saja. Kira-kira kuliner Solo legendaris apa saja ya yang bisa kamu coba? Sebelum ngiler, cek rekomendasi berikut ini!

Timlo Sastro

kuliner solo
@Mase Kacamata

Jika kamu belum tahu apa itu timlo, inilah kesempatan kamu untuk mencicipi kuliner Solo legendaris yang satu ini. Timlo adalah makanan berkuah bening yang berisikan mi soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, wortel, dan irisan telur pindang. Di Solo, salah satu tempat timlo yang terkenal adalah Timlo Sastro.

Kuliner Solo ini sudah ada sejak tahun 1952 dan sampai sekarang warung yang dirintis oleh Almarhum Pak Sastro itu tak pernah sepi. Seperti kuliner Solo legendaris lainnya, citarasa yang tak berubahlah yang dicari banyak orang. Sepiring timlo panas cocok untuk menmani dinginnya malam di Kota Surakarta.

Alamat

Jl. Abdul Muis No.32A, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jl. Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

06.30—22.00

Harga

Mulai dari Rp10.000,00

Serabi Notosuman

kuliner solo
@Setiawaty Lukman

Buat kalian pemggemar serabi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Cabangnya bahkan sudah ada di mana-mana termasuk Bandung dan Jakarta.

Kuliner Solo ini pertama kali didirikan pada tahun 1923 oleh Hoo Gek Ho. Namun, setelah diteruskan keturunannya, Serabi Notosuman terpecah menjadi dua. Ada versi Ny. Lidia dan Ny. Handayani.

Meskipun terpecah, keduanya masih menggunakan resep yang sama. Serabi berkulit tipis dengan bagian tengah yang gendut dan lembut tak pernah berubah rasanya. Ada dua pilihan rasa yang bisa kamu coba di kuliner Solo legendaris ini yaitu original dan coklat.

Alamat

Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

05.00—16.00

Harga

Mulai dari Rp3.000,00/buah

Gudeg Ceker Bu Kasno

kuliner solo
@Abed Hernando

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo tanpa menikmati gudeg. Salah satunya ya kuliner Solo legendaris ini, Gudeg Ceker Bu Kasno.

Berbeda dengan kuliner Solo pada umumnya, Gudeg Ceker Bu Kasno baru buka saat dini hari. Kuliner Solo ini menjadi para pemburu kuliner malam yang kelaparan mencari makan.

Kuliner Solo yang sudah ada sejak tahun 1970 ini tak usah ditanyakan lagi rasanya. Perpaduan antara nasi, gudeg nangka, ceker ayam, dan sambal krecek siap menggoyang perut kamu di malam hari.

Alamat

Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

02.00—07.00

Harga

Mulai dari Rp10.000,00

Es Dawet Telasih Bu Dermi

kuliner solo
@Mariska Annastasia

Kalau di Bandung ada Es Cendol Elizabeth, di Solo ada Es Dawet Telasih Bu Dermi. Konon kuliner Solo legendaris yang ada sejak tahun 1930 ini merupakan kesukaannya Presiden Jokowi.

Semangkuk es dawet berisikan dawet, ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, cairan gula merah, santan, dan yang paling penting, telasih. Dalam bahasa baku Indonesia telasih adalah selasih yaitu biji tanaman selasih. Disajikan dingin, kuliner Solo ini sangat pas untuk mengisi siang harimu di Kota Surakarta ini.

Alamat

Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta

Jam operasional

08.00—15.00

Harga

Mulai dari Rp10.000,00

Nasi Liwet Wongso Lemu

kuliner solo
@budi trianto

Kuliner Solo yang gurih dan lezat ini jangan sampai kamu lewatkan dari daftar kunjunganmu. Berdiri sejak tahun 1950, kuliner Solo yang satu ini siap menggoyang lidah kamu dan membawa kamu ke masa lalu.

Seporsi nasinya terdiri dari nasi gurih beralaskan daun pisang dan ditambah beragam lauk seperti suwiran ayam, sayur labu siam, telur, dan areh atau bubur santan.

Selain itu, ada juga jenis dan bagian ayam lainnya seprti ayam ingkung, dada, paha, sayap, ceker dan ampela ati yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap. Kalau soal rasa nggak usah ditanya lagi. Rasa pedas, gurih dan manis dari nasi liwet ini terbukti bisa menggaet banyak pengunjung.

Alamat

Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

16.00—01.00

Harga

Mulai dari Rp19.000,00

Kuliner Solo, Bakmi Jowo Bu Citro

kuliner solo
@Pratama Suherman

Satu lagi nih makanan khas Jawa Tengah yang nggak boleh kamu lewatkan, bakmi. Kuliner Solo yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan masih menggunakan cara masak tradisional yaitu menggunakan anglo atau tungku dari tanah liat yang diberi bahan bakar arang.

Konon, rahasia kelezatan bakmi ini terletak dari cara memasaknya yang menghasilkan aroma bakmi yang begitu khas. Selain bakmi goreng dan rebus. Di kuliner Solo legendaris ini juga kamu bisa memesan nasi goreng. Dimasak dengan metode yang sama, nasi goreng ini juga tak kalah sedap dan bisa jadi pilihan.

Alamat

Jl. Wijaya Kusuma No.8, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

10.00—23.00 (Selasa-Sabtu)

16.00—23.00 (Minggu)

Senin tutup

Harga

Mulai dari Rp17.000,00

Sate Kere Mbak Tug

kuliner solo
@Ferrie Ramlie

Kuliner Solo legendaris yang satu ini ternyata juga menjadi makanan favorit Presiden Jokowi yang lainnya lho. Dikabarkan bahwa setiap beliau pulang ke Solo, beliau pasti makan sate di tempat ini.

Sate yang satu ini tidak menggunakan daging. Jeroan sapi adalah bintang utamanya seperti jantung, paru, lambung, dan usus. Selain itu, tempe juga digunakan sebagai bahan Sate Kere ini.

Dinamakan Sate Kere adalah karena dulu, Mbah Tug, pemilik Sate Kere harus berjualan sebagai penghidupan. Namun, karena harga daging sapi mahal, ia menggunakan jeroan sapi sebagai penggantinya.

Jangan khawatir akan bau amis. Irisan daun jeruk nipis yang dihaluskan akan menghilangkan aroma itu dan menambah cita rasa yang semakin lezat.

Bumbu yang digunakan di tempat ini adalah bumbu kacang yang terbuat dari gula merah, cabai, dan kacang. Rasanya agak pedas namun terasa sekilas rasa manis, rasa yang bisa ditemukan di kuliner Solo pada umumnya.

Alamat

Jl. Arifin No.63, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam operasional

01.00—18.00

Harga

Rp30.000,00

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Desain kamarnya futuristik dan teknologi yang digunakan juga canggih.

Untuk memesan kamar kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan juga pengatur lampu led. Selain itu, buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul.

Di Bobobox juga ada ruang komunal yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.