Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bisa Menyebabkan Gangguan Kesehatan, Hindari 7 Kombinasi Makanan Berikut Ini!

Sebaiknya jangan dimakan berlebihan

Saat menyantap makanan, satu jenis saja rasanya terlalu membosankan dan kurang menggugah selera. Kamu juga memerlukan lebih dari satu makanan untuk mencukupi nutrisi bagi tubuh. Karena itu, memadukannya dengan jenis santapan lain terasa lebih nikmat.

Namun, kamu perlu lebih hati-hati dengan hal ini. Pasalnya, ada banyak makanan yang jika dimakan bersamaan justru berbahaya atau tidak baik untuk tubuh karena dapat merugikan kesehatan. Apa saja kombinasi makanan berbahaya itu? Yuk simak tujuh di antaranya berikut ini!

Susu dan Pisang

@louishansel via Unsplash

Susu dan pisang dianggap sebagai salah satu kombinasi makanan berbahaya berdasarkan prinsip Ayurveda. Menurut prinsip tersebut, keduanya tidak memiliki kecocokan karena kombinasi itu dapat melemahkan agni (api). Dalam Ayurveda, hal tersebut bertanggung jawab dalam pencernaan dan metabolisme makanan. Selain itu, kombinasi susu dan pisang juga diyakini dapat menyebabkan penyumbatan sinus, produksi racun hingga kelelahan. Karena itu, jika kamu memiliki masalah sinus atau tengah mengalami flu atau pilek, sebaiknya hindari dulu keduanya.

Meski begitu, sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahaya dari konsumsi susu dan pisang secara bersamaan. Melansir Healthline, keduanya justru memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan tidak bermasalah jika dikonsumsi bersamaan. Susu sendiri kaya akan kalsium, protein, potasium, vitamin B, dan fosfor. Sementara itu, pisang mengandung serat, mangan, dan potasium, serta vitamin B dan C. Keduanya bahkan sangat bagus jika dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengganti protein serta karbohidrat yang hilang.

Di samping manfaat kesehatannya tersebut, konsumsi susu dan pisang berlebihan bisa berkontrbusi pada kenaikan berat badan. Pisang sendiri mengandung gula sementara susu memiliki kandungan laktosa alami yang dapat memicu kenaikan berat badan terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: Suka Pisang? Ternyata Ini Lho Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuhmu

Soda dan Pizza

Pizza dan soda merupakan perpaduan makanan dan minuman yang sangat memanjakan lidah. Kamu pasti sudah sering menikmati keduanya untuk menikmati waktu luang atau sekadar mengganjal perut keroncongan kamu.

Meski begitu, kamu tentu tahu bahwa makanan termasuk ke dalam makanan junk food. Keduanya juga dianggap sebagai kombinasi makanan berbahaya apalagi jika menu tersebut merupakan menu makanan rutin kamu. Lantas, apa yang membuatnya berbahaya?

Melansir Healthline, gula tambahan merupakan salah satu bahan paling buruk dalam makanan di era modern ini. Kamu tentu tahu hal tersebut dapat kamu temukan dalam jumlah besar di dalam minuman bersoda. Sementara itu, pizza umumnya terbuat dari adonan serta daging olahan. Kadar gula yang tinggi juga dapat menghambat pencernaan dan berakibat perut begah dan kembung. Selain tidak sehat bagi tubuh, kombinasi keduanya juga akan membuat kamu merasa kurang puas karena mengandung kalori kosong (kalori tanpa nilai gizi).

Baca Juga: Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Berikut Bahaya Minuman Bersoda Bila Dikonsumsi Berlebihan

Kentang Goreng dan Burger

Perpaduan kentang goreng dan burger juga tak kalah populer dari pizza dan soda. Sama halnya seperti pizza dan soda, kentang dan burger juga termasuk junk food serta dianggap sebagai kombinasi makanan berbahaya karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi kentang goreng dan burger bersamaan hanya akan menambah jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tanpa ada tambahan protein. Selain itu, keduanya juga dapat mengakibatkan lonjakan kadar gula yang kemudian membuat kamu lebih cepat lelah dan lesu.

Melansir Insider, seorang ahli diet dan gizi, Emily Field, mengungkapkan disbanding kentang dan burger, memakan dua buah burger dirasa lebih baik. Kandungan di dalam burger dinilai lebih seimbang karena adanya daging dan terkadang sayuran seperti selada. Meski begitu, konsumsi berlebih tentu tidak disarankan.

Teh dan Susu

@alex_boyd via Unsplash

Teh dan susu merupakan perpaduan yang cukup terkenal di berbagai dunia seperti di Inggris dan India. Keduanya juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Teh baik teh hijau atau teh hitam mengandung flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas sendiri berpotensi menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan masalah lainnya. Karenanya, meminum teh dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, memberikan efek antikanker, serta mengurangi kadar kolesterol. Sementara itu, susu mengandung protein, kalsium, potasium, vitamin B, dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan pertumbuhan.

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa keduanya bisa jadi kombinasi makanan berbahaya. Melansir Healthline, kombinasi tersebut dapat menghambat penyerapan serta aktivitas antikanker dari teh. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kasein, jenis protein di dalam susu, dapat mengikat flavonoid pada teh sehingga menghambat aktivitasnya di dalam tubuh. Meski begitu, masalah ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Karbohidrat dan Tomat

Perpaduan karbohidrat seperti dalam bentuk spaghetti dan saus tomat dianggap sebagai salah satu kombinasi makanan berbahaya. Meskipun kerap kamu temukan dalam menu makanan Italia, keduanya bukanlah perpaduan yang sempurna. Pasta biasanya terbuat dari karbohidrat olahan yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang diikuti dengan turunnya kadar insulin secara drastis. Hal tersebut kemudian bisa mengakibatkan lelah dan lesu. Tambahan saus tomat dan keju biasanya akan memperparah masalah tersebut. Karena itu, sebaiknya kamu mengganti saus tomat dan keju dengan saus pesto atau sayuran panggang.

Baca Juga: Kamu Mudah Merasa Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Granola dan Yogurt

Granola dan yogurt mungkin kerap digunakan sebagai menu sarapan sehat. Namun, sebelum kamu memulai hal tersebut, ketahui dulu kandungan gizi di dalamnya karena kedua makanan tersebut bisa saja menjadi kombinasi makanan berbahaya bagi kesehatan tubuh. melansir Health Digest, kedua makanan tersebut mungkin mengandung gula tersembunyi. Pasalnya, yogurt aneka rasa serta berbagai merk granola yang dijual di pasaran umumnya mengandung gula tambahan.

Sebagaimana kamu tahu, konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, jantung, dan diabetes. Maka dari itu, sebaiknya cek terlebih dahulu kandungan gizi kedua makanan tersebut dan hindari konsumsi berlebih.

Petai dan Jengkol

Kamu mungkin sering mendengar bahwa petai dan jengkol terlebih jika dimakan mentah merupakan kombinasi makanan berbahaya. Namun, hal tersebut belum dibuktikan secara ilmiah. Meski begitu, konsumsi masing-masing makanan tersebut secara berlebihan akan memberikan masalah pada tubuh.

Petai sendiri jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan bau mulut dan urine, diare, gangguan ginjal serta meningkatnya asam urat. Sementara itu, jengkol mengandung asam jengkolat yang juga tidak baik untuk ginjal. Asam jengkolat ini mirip dengan asam urat yang dalam konsentrasi tinggi dapat membentuk kristal-kristal di dalam urine. Kristal tersebut dapat melukai pembuluh darah di dalam ginjal atau saluran kemih sehingga menimbulkan rasa sakit atau mengeluarkan darah saat buang air kecil. Selain itu, kelebihan asam jengkolat juga berpotensi menyebabkan mual muntah serta nyeri perut.

Manjakan Diri di Bobobox

Selain menghindari kombinasi makanan berbahaya, menghindari stres juga termasuk salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran kamu. Di tengah padatnya aktivitas, kamu bisa meluangkan waktu untuk menjauhkan diri dari segala kepenatan bahkan hanya dengan staycation saja.

Bingung pilih akomodasinya? Ke Bobobox, yuk! Selain menawarkan harga yang terjangkau, hotel kapsul satu ini memang dirancang demi kenyemanan pengunjung. Kamu bisa menikmati fasilitas moodlamp yang tersedia untuk memastikan kualias tidur tetap terjaga.

Moodlamp ini menyediakan banyak pilihan warna cahaya yang bisa kamu ubah sesuai dengan suasana hati kamu, dari remang hingga terang. Selain itu, fitur satu ini juga bisa menambahkan nilai estetik di dalam pod sehingga kamu bisa mengubah suasana di dalam seperti studio foto dadakan.  Yuk unduh dulu aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

You might also like