Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Fans K-Pop Wajib Tahu! 7 Kolaborasi Artis K-Pop dengan Artis Barat yang Paling Ikonik

Bisa kamu masukkan dalam playlist

Musik K-pop kini menjadi salah satu jenis musik yang cukup digemari banyak kalangan di berbagai belahan dunia. Karenanya, tidak mengherankan jika beberapa tahun belakangan ini, industri musik K-pop tidak hanya menyasar dalam negeri dan kawasan Asia saja. Musik yang biasanya diiringi dance energik ini kini sudah mulai memasuki industri musik internasional terbukti dengan banyaknya kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat.

Hal ini sebenarnya bukanlah hal baru mengingat artis seperti G-Dragon dan CL sudah pernah bekerja sama dengan artis Barat sejak tahun 2011 silam. Namun, semenjak penampilan BTS dalam Billboard Music Awards di tahun 2017, kini mulai banyak artis Barat yang menunjukkan ketertarikan mereka pada musik K-Pop. Berikut ini adalah tujuh di antara banyaknya kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat.

Boy with Luv

HYBE LABELS via YouTube

BTS merupakan salah satu boy group asal Korea yang menyumbang cukup banyak kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat. Sebut saja Steve Aoki, The Chainsmokers, Lil Nas X, Zara Larsson, Nicki Minaj, Charli XCX, Halsey, dan masih banyak lagi. Nah, kolaborasi dengan Halsey ini menjadi salah satu yang paling ikonik dari kolaborasi dengan artis-artis lainnya lewat lagu “Boy with Luv” pada 2019 lalu.

Musiknya yang catchy membuat siapa saja yang mendengarnya pertama kali langsung tehripnotis dan ingin terus mendengarkan sambil mengikuti dance khas lagu tersebut. Dalam music videonya, Halsey pun tampak ikut terlibat serta menari langsung dengan para member sehingga kolaborasi terkesan tidak dipaksakan maupun terpisah.

Karena lagunya yang begitu energik, adiktif dan ceria, Buy with Luv pun dikategorikan sebagai salah satu dari 20 lagu terbaik K-Pop 2019 oleh Dazed Magazine. Lagu ini juga masuk daftar 10 lagu terbaik K-Pop 2019 oleh China Morning Post. Selain itu, saat pertama kali rilis di YouTube, video musik lagu tersebut berhasil mendapatkan 74,6 juta view hanya dalam kurun waktu 24 jam saja.

Selain itu, lagu satu ini juga memperoleh sertifikasi platinum dari RIAA (Recording Industry Association of America). Di Korea Selatan sendiri, Boy with Luv juga berhasil memecahkan rekor dengan memperoleh 21 kemenangan dalam music show, menandainya sebagai lagu dengan paling banyak kemenangan di Korea Selatan setelah tahun 2000-an.

Kiss and Make Up

Dua Lipa via YouTube

Tahun 2018 menandai kolaborasi girl group BLACKPINK dengan artis Barat lewat lagu “Kiss and Make Up” bersama Dua Lipa. Lagu itu sendiri masuk ke dalam deluxe edition dari album studio debut Dua Lipa, yaitu “Dua Lipa: Complete Edition.”

Dalam minggu pertama perilisannya, lagu ini berhasil terjual 11.000 copy. Selain itu, Kiss and Make Up juga berhasil menduduki peringkat 93 di US Billboard Hot 100. Lagu tersebut juga memperoleh sertifikasi platinum di Australia, gold di Italia dan silver di Britania Raya.

Close to Me

elliegoulding via YouTube

Selain BLACKPINK, kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat juga sempat dilakukan oleh girl group Red Velvet. Dalam hal ini, Red Velvet bekerja sama dengan Diplo untuk membuat remix lagu “Close to Me” Ellie Goulding. Lagu ini sendiri dirilis pada tahun 2019 dengan menghapuskan versi Swae Lee dalam lagu aslinya.

Untuk itu, dua anggota Red Velvet, yakni Wendy dan Yeri, menulis lirik bahasa Korea yang mereka nyanyikan dalam versi remix ini. Maka, terciptalah kolaborasi lagu Close to Me yang berisi campuran nyanyian berbahasa Inggris Ellie Goulding dengan nyanyian bahasa Korea para anggota Red Velvet. Lagu ini pun berhasil memenangkan “Choice Electronic/Dance Song” di 2019 Teen Choice Awards.

Ice Cream

BLACKPINK via YouTube

Selain sukses dengan Kiss and Make Up, BLACKPINK kembali membuat gempar lewat kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat dengan lagu berjudul “Ice Cream”. Kali ini, mereka melakukan kolaborasi dengan aktris sekaligus penyanyi Selena Gomez. Lagu yang dirilis pada 28 Agustus, 2020 ini ditulis dalam bahasa Inggris kecuali beberapa bagian rap yang dinyanyikan oleh Lisa.

Uniknya, hanya dalam tiga jam perilisannya, music video Ice Cream telah memecahkan rekor dengan memperoleh 10 juta tayangan. Akibatnya, Ice Cream pun menjadi MV girl group tercepat yang meraih 10 juta penonton. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh BLACKPINK sendiri lewat lagu “How You Like That” yang meraup 10 juta view dalam waktu tiga jam lebih 40 menit.

Chanyeol

Spinnin’ Records via YouTube

Pada 2016 lalu, Chanyeol EXO diam-diam melakukan kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat Far East Movement, Marshmello, dan Tinashe. Keempatnya bekerja sama untuk menciptakan lagu berjudul “Freal Luv” yang menjadi bagian dari album “Identity” Far East Movement. Selain tampil sebagai rapper, dalam kolaborasi ini Chanyeol juga ikut andil dalam pembuatan serta penulisan lirik lagu tersebut.

Hal ini tentu sangat mengagumkan mengingat lagu Freal Luv ini hampir seluruhnya berbahasa Inggris, kecuali dalam beberapa bagian kecil rap Chanyeol. Sayangnya, lagu ini tidak terlalu mendapatkan promosi yang cukup gencar sehingga tidak sedikit EXO-L yang belum atau baru mengetahui keberadaan lagu ini.

Don’t Need Your Love

SMTOWN via YouTube

Selain Red Velvet dan Chanyeol EXO, NCT Dream juga menjadi salah satu dari sekian banyaknya kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat lewat lagu “Don’t Need Your Love.” Dalam lagu tersebut, mereka berkolaborasi dengan penyanyi HRVY.

Lagu ini sendiri mendapat apresiasi dan penerimaan yang baik terutama karena HRVY ikut terlibat langsung dengan para member NCT Dream. Dalam video musiknya, kamu bisa melihat jika HRVY memang menikmati kolaborasi dan bahkan tak segan untuk ikut menari bersama para member NCT sehingga kolaborasi ini tidak terkesan seperti dua lagu yang terpisah namun dipaksakan untuk menyatu.   

Monsta X

Ultra Music via YouTube

Kolaborasi artis K-Pop dengan artis Barat berikutnya melibatkan Monsta X dan Steve Aoki. Dalam kolaborasi ini, Steve Aoki dan Monsta X bekerja sama lewat lagu berjudul “Play it Cool.” Suara para member Monsta X yang lembut dan mellow berpadu dengan musik khas Steve Aoki akan membuat kamu susah lupa dengan lagu satu ini. Sebagaimana yang ditunjukkan Aoki dalam music videonya, lagu ini cocok banget buat kamu dengering saat sedang berkendara dalam mobil.

Bosan di rumah tapi malas kalau harus liburan jauh-jauh? Cobain staycation di Bobobox yuk! Selain menawarkan tempat yang nyaman serta harga terjangkau, hotel kapsul satu ini juga Instagrammable banget.

Desainnya yang minimalis bisa kamu jadikan latar untuk berfoto bahkan di dalam kamar mandi sekalipun. Berfoto di dalam pod pun tak jadi masalah. Dengan bantuan efek moodlamp, kamu bisa menyulap suasana kamar menjadi semakin asyik. Pilih saja warna cahaya yang kamu mau dan siapkan pose terbaik kamu. Selain itu, hotel berlogo koala ini juga ditunjang dengan fasilitas berbasis teknologi sehingga pengalaman menginap kamu akan terasa nyaman dan mudah.

Ingin lebih menyatu dengan alam? Ada Bobocabin yang saat ini sudah mulai dibuka di kawasan Rancaupas dan didesain untuk memfasilitasi kamu-kamu yang ingin menyegarkan diri di tengah alam namun masih ditemani kecanggihan teknologi. Apapun pilihannya, unduh dulu aplikasinya bisa mudah untuk booking hingga check-in dan check-out.

You might also like