Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Kisah Kapal Hantu Legendaris yang Paling Mencekam

Apa yang sebenarnya terjadi di balik kisah hantu kapal ini?

Ketika mendengar kisah kapal hantu, kamu mungkin akan langsung teringat dengan legenda The Flying Dutchman yang kerap kali muncul dalam serial kartun Spongebob Squarepants. Karena kepopulerannya, kisah kapal hantu yang satu ini pun diangkat ke dalam berbagai karya seni seperti lukisan, film, buku, opera dan sebagainya.

Kisah kapal hantu sendiri biasanya tersebar dari generasi ke generasi oleh para pelaut, pemancing dan sebagainya. Kisah-kisah tersebut umumnya berupa penampakan kapal secara tiba-tiba di tengah laut lalu menghilang dengan cepat tanpa jejak. Selain itu, kisah kapal hantu juga bisa berupa kapal-kapal yang ditemukan terkatung-katung di lautan atau ditinggalkan karena kondisi menyeramkan atau tidak jelas.

Kisah kapal hantu yang menyeramkan di dunia tentunya sangat beragam, tidak hanya kisah The Flying Dutchman. Mau tahu apa saja? Yuk simak tujuh kisah kapal hantu paling mencekam di dunia pilihan Bob!

Kapal Ourang Medan

Salah satu kisah kapal hantu paling menyeramkan datang dari Indonesia dengan kapal bernama Kapal SS Ourang Medan.  Kisah ini terjadi pada tahun 1947 saat dua kapal Amerika, City of Baltimore dan Silver Star, berlayar di Selat Malaka.

Kedua kapal tersebut memperoleh sinyal darurat dari kapal dagang SS Ourang Medan. Orang yang mengirimkan sinyal darurat mengaku sebagai awak kapal dan menyampaikan tentang kematian semua orang di kapal tersebut. Anehnya, dia mengakhiri pesan itu dengan kalimat “I die” atau “Aku mati”.

Sebagai kapal terdekat, Silver Star pun dikirim untuk mencari posisi kapal SS Ourang Medan. Setelah kapal ditemukan, awak kapal Silver Star pun memeriksa keadaan kapal tersebut. Mereka dibuat kaget dengan penemuan mayat dengan kondisi yang aneh, yakni kulit pucat, mulut terbuka serta mata membelalak. Meski begitu, mereka tidak menemukan indikasi adanya kekerasan.

Yang lebih aneh lagi, suhu dalam kapal cukup dingin padahal suhu perairan Indonesia mencapai sekitar 43 derajat. Sebelum kapal sempat ditarik ke pelabuhan untuk penyelidikan lebih lanjut, kapal tersebut tiba-tiba meledak. Ada yang bilang hal ini berkaitan dengan hal mistis. Namun, ada juga yang mengungkapkan alasan kapal meledak tersebut karena adanya nitrogliserin yang dibawa SS Ourang Medan secara ilegal.

Kapal Northumberland Strait

Kisah kapal hantu selanjutnya berhubungan dengan kapal Northumberland Strait. Sesuai dengan namanya, kapal ini kerap kali muncul di Selat Northumberland di malam hari, mendekati senja, atau di jam-jam sebelum matahari terbit.

Penampakannya berupa kapal layar besarr bertiang tiga yang terbakar. Kapal tersebut bergerak dengan cepat dan akan menghilang dalam sekejap. Tidak jarang, orang-orang melihat awak kapal yang berlarian di atas dek kapal.

Pernah suatu kali, sekelompok orang berusaha menyelamatkan awak kapal dengan mendekati kapal menggunakan perahu kecil. Namun, saat mereka mendekat kapal tersebut akan menghilang ke dalam kabut dan benar-benar lenyap dari pandangan. Kabarnya, kemunculan kapal ini adalah pertanda akan adanya badai.

Kapal Mary Celeste

Kisah kapal hantu Mary Celeste bisa dibilang merupakan salah satu kisah kapal hantu paling terkenal. Mary Celeste sendiri merupakan kapal dagang yang ditemukan terombang-ambing pada tahun 1872. Saat ditemukan, kondisinya masih bagus, barang-barang milik awak kapal masih utuh, dan muatan berisi 1.500 tong alkohol pun tidak tersentuh.

Hanya saja, keberadaan sekoci, buku harian kapal serta seluruh awak kapalnya tidak diketahui. Hal ini tentu menimbulkan tanya tentang apa yang terjadi kepada mereka. Kemungkinan adanya pembajakan tidak bisa diterima karena keadaan kapal yang masih sangat rapi tanpa kehilangan sesuatu pun. Karenanya, banyak yang berspekulasi bahwa hal tersebut adalah akibat adanya pemberontakan kru, badai, keracunan makanan yang menyebabkan kegilaan, atau kemungkinan kapal tersebut memasuki perairan segitiga Bermuda.

Kapal Octavius

Kisah kapal hantu Octavius tak kalah menyeramkan dari kapal-kapal sebelumnya. Kapal Octavius ini kabarnya ditemukan di lepas pantai Greenland oleh sebuah kapal penangkap ikan paus bernama Herald pada tahun 1775. Awak kapal Herald naik ke kapal dan mendapati bahwa seluruh penghuni Octavius tewas membeku akibat dinginnya arktika. Karena cuaca ekstrim tersebut, jasad mereka terlihat masih utuh.

Yang semakin menambah kesan menyeramkannya adalah kapten kapal yang ditemukan tewas dalam keadaan duduk di meja kabinnya sambil menulis. Di hadapannya, terdapat sebuah buku harian kapal dengan laporan bahwa Octavius memasuki wilayah tersebut pada tahun 1762. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa para awak sudah tewas selama 13 tahun saat mereka ditemukan.

Kapal Baychimo

Kisah kapal hantu berikutnya melibatkan kapal bernama Baychimo. Pada tahun 1931, kapal ini berlayar di bagian utara Kanada. Karena cuacanya yang sangat ekstrim, kapal ini pun terjebak di antara es di dekat Alaska.

Seluruh awak kapal berhasil diselamatkan. Namun sayang, kapal tersebut terpaksa harus diterlantarkan. Menariknya, 38 tahun setelah peristiwa tersebut, Baychimo terlihat tengah berlayar tanpa arah di perairan dekat Alaska. Lalu, di tahun 1969 Baychimo sudah tidak terlihat lagi berlayar di perairan tersebut.

Kapal Jenny

Kisah kapal hantu Jenny sedikit mirip dengan kisah kapal Octavius, yakni awak kapal mereka mati kedinginan. Kapal Jenny sendiri merupakan sebuah kapal sekunar Inggris yang berlayar dari Pulau Wight pada tahun 1822.

18 tahun kemudian, kapal ini ditemukan dalam keadaan membeku oleh kapal penangkap paus bernama Hope di Selat Drake. Selain awak kapal yang mati membeku, kapten kapal juga ditemukan di meja dengan buku harian kapal yang terbuka. Laporan terakhir buku tersebut menuliskan “4 Mei 1823. Tidak ada makanan selama 71 hari. Aku satu-satunya yang masih hidup.”

Kapal Jian Seng

Kisah kapal hantu selanjutnya yang tak kalah menyeramkan adalah kisah kapal Jian Seng. Kapal ini muncul pada tahun 2006 dengan keadaan tanpa awak di dekat perairan Queensland, Australia. Kapal tersebut terombang-ambing dengan sebuah tali penarik yang sudah putus.

Selain keterangan nama kapal, tidak ada lagi informasi yang diperoleh mengenai kapal ini. Penyelidikan terhadap kapal tersebut tidak ditemukan adanya sinyal bahaya, dokumen atau barang pengenal, serta  laporan tentang kapal yang hilang.

Pemilik serta asal kapal pun tidak bisa diidentifikasi. Yang bisa disimpulkan hanyalah bahwa kapal ini mungkin merupakan kapal pemasok makanan dan bahan bakar untuk kapal penangkap ikan. Namun, hal tersebut tentu tidak memberikan jawaban tentang apa yang terjadi pada kapal tersebut.

Di dunia ini, tentu masih banyak kisah kapal hantu menyeramkan serta kisah-kisah menarik lainnya yang bisa kamu dalami. Jika kamu ingin melakukan tersebut dengan suasana yang berbeda dari kamar kamu, coba saja menginap di Bobobox.

Wi-Finya kencang, kamu bisa sepuasnya browsing baik di dalam kamar ataupun communal area yang nyaman karena fasilitas tersebut dapat diakses di seluruh area Bobobox. Selain itu, sistemnya juga terinetgrasi dengan teknologi canggih sehingga kamu tidak akan dibuat repot selama menginap di sini.

Ada Bluetooth speaker untuk mendengarkan lagu-lagu favorit kamu dan moodlamp untuk mengatur warna cahaya kamar agar sesuai dengan suasana  hati kamu. Fasilitas tersebut bisa kamu atur lewat aplikasi Bobobox di ponsel kamu atau melalui panel di samping jendela kamar.

Asyik kan! Yuk segera unduh aplikasinya dan pesan kamar yang kamu mau.

You might also like