Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bergelimang Harta, Ini Dia 7 Kerajaan Terkaya di Dunia

Kekayaannya bisa mencapai ratusan milyar dollar, bahkan 1 triliun lebih, lho!

Kerajaan atau monarki merupakan sistem pemerintahan tertua di dunia, di mana kekuasaan sang raja, ratu, atau kaisar biasanya akan berlangsung sepanjang hayat mereka, dan kemudian akan digantikan oleh penerusnya yang juga merupakan anggota kerajaan.

Banyak sekali hal menarik yang bisa dibahas dari suatu kerajaan. Bukan hanya melulu tentang politik negara atau kepemimpinannya, namun bahkan hal-hal pribadi pun sangat menarik untuk dibahas, salah satunya adalah kekayaan atau harta yang mereka miliki.

Berikut ini Bob sudah merangkum untuk kamu 7 kerajaan terkaya di dunia, yang pasti akan membuatmu tercengang. Check these out!

1. Kerajaan Arab Saudi – Kekayaan USD1,7 Triliun

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @kingdom_of_saudi_arabia_17 via Instagram)

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa predikat kerajaan terkaya di dunia disandang oleh Kerajaan Arab Saudi. Kekayaan yang dimiliki oleh peringkat teratas kerajaan terkaya di dunia ini totalnya diperkirakan mencapai USD1,7 triliun. Wow! Sungguh nilai yang fantastis, bukan?

Jumlah total kekayaan tersebut dikalkulasikan dari 15.000 anggota keluarga kerajaan yang ada di dalamnya. Seperti yang telah diketahui oleh seluruh dunia, salah satu sumber terbesar dari kekayaan kerajaan paling kaya di dunia ini adalah dari pendapatan perusahaan minyak.

Meski kerajaannya merupakan kerajaan terkaya nomor 1 di dunia, namun Raja Salman Abdulaziz bin Saud hanya menempati urutan ke-3 sebagai raja terkaya di dunia. Perkiraan kekayaan yang dimiliki beliau adalah sebesar USD18 milyar. Selain itu, Raja Salman dan keluarga pun cenderung sangat tertutup tentang kekayaan dan harta mereka.

2. Kerajaan Kuwait – Kekayaan USD360 Milyar

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @kuwaitrulingfamily via Instagram)

Predikat kerajaan terkaya di dunia yang selanjutnya jatuh kepada Kerajaan Kuwait ‘Al-Sabah’. Keluarga kerajaan terkaya di dunia yang beranggotakan kurang lebih 1.000 anggota ini telah memerintah wilayah Kuwait sejak tahun 1752.

Saat ini, pemerintahan Kerajaan Kuwait berada di bawah kepemimpinan Sheikh Sabah IV Ahmad Al-Jaber Al-Sabah. Total kekayaan yang dimiliki oleh kerajaan terkaya di dunia setelah Kerajaan Arab Saudi ini sebesar USD360 milyar.

3. Kerajaan Qatar – Kekayaan USD335 Milyar

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @tamim via Instagram)

Menyusul Kerajaan Kuwait ‘Al-Sabah’, predikat kerajaan terkaya di dunia selanjutnya diraih oleh Kerajaan Qatar. Total kekayaan yang dimiliki oleh peringkat ke-3 kerajaan terkaya di dunia ini adalah sebesar USD335 milyar.

Keluarga Al Thani yang menjadi dinasti penguasa di Qatar ini telah memimpin sejak pertengahan abad ke-19. Jumlah anggota keluarga kerajaan terkaya di dunia ini diperkirakan mencapai 8.000 orang.

Saat ini, pemerintahan Kerajaan Qatar berada di bawah kepemimpinan Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Beliau telah memimpin kerajaan ini sejak tahun 2013 pada usia 37 tahun, dan menyandang predikat pemimpin termuda di dunia.

4. Kerajaan Abu Dhabi – Kekayaan USD150 Milyar

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @abudhabi via Instagram)

Predikat kerajaan terkaya di dunia yang selanjutnya diduduki oleh Kerajaan Abu Dhabi. Kerajaan yang berada di bawah kekuasaan dinasti “Al Nahyan” ini memiliki total kekayaan yang ditaksir mencapai USD150 milyar.

Keluarga kerajaan yang merupakan salah satu kerajaan terkaya di dunia ini telah memerintah wilayah Abu Dhabi sejak tahun 1793. Keluarga kerajaan terkaya di dunia dengan kepala keluarga Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan ini terdiri dari 200 anggota laki-laki dan anggota keluarga perempuan yang tidak diketahui jumlahnya.

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan sendiri telah menjadi emir Abu Dhabi dan Presiden Arab Saudi sejak tahun 2004 dan mengepalai Otoritas Investasi Abu Dhabi. Beliau telah mengelola aset sebesar USD875 milyar, termasuk Burj Khalifa Dubai, yang mana merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

5. Kerajaan Inggris – Kekayaan USD88 Milyar

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @hm.queenelizabethh via Instagram)

Jika kamu berpikir bahwa kerajaan terkaya di dunia adalah Kerajaan Inggris, maka kamu salah besar. Nyatanya, Kerajaan Inggris ternyata menempati urutan ke-5 sebagai kerajaan terkaya di dunia.

Total kekayaan yang dimiliki oleh kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II diperkirakan sebesar USD88 milyar. Sumber kekayaan milik kerajaan terkaya di dunia dan kerajaan terkaya di daratan Eropa ini berasal dari sektor pariwisata, bisnis, dan sektor-sektor lainnya.

Tak salah lagi, pemegang kekayaan terbesar dari seluruh anggota keluarga kerajaan Inggris adalah Sang Ratu, The Queen Elizabeth II. Kekayaan yang dimiliki beliau diperkirakan mencapai USD480,5 juta. Wow!

6. Kerajaan Thailand – Kekayaan USD60 Milyar

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @rachwong.chakri via Instagram)

Kerajaan terkaya di dunia selanjutnya berasal dari Asia Tenggara. Yup! Kerajaan Thailand. Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

Selama 236 tahun terakhir, kerajaan terkaya di dunia yang satu ini berada di bawah kekuasaan dinasti Chakri. Keluarga kerajaan ini sangat terhormat dan terpandang di negeri gajah putih. Kekayaan yang dimiliki oleh kerajaan terkaya di dunia yang satu ini diperkirakan mencapai USD60 milyar.

Sebelumnya, kerajaan terkaya di dunia yang satu ini dipimpin oleh Raja Bhumibol Adulyadej. Setelah beliau meninggal dunia, sejak tahun 2016, tahta kemudian diambil alih oleh sang anak, yaitu Raja Maha Vajiralongkorn.

Meskipun kerajaan Thailand hanya menduduki peringkat ke-6 sebagai kerajaan terkaya di dunia, namun Sang Raja yaitu Raja Maha Vajiralongkorn berada di urutan teratas sebagai raja terkaya di dunia. Kekayaan miliknya pribadi diperkirakan mencapai USD43 milyar.

Kekayaan tersebut diperoleh dari beberapa sumber, seperti saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank, ribuan hektar tanah dan kontrak sewa nasional, hingga kepemilikan Golden Jubilee Diamond yang merupakan berlian potong dan segi terbesar di dunia.

7. Kerajaan Brunei Darussalam – Kekayaan USD30 Milyar

kerajaan terkaya di dunia

(Image by @tmski via Instagram)

Kerajaan terkaya di dunia yang terakhir juga berasal dari Asia Tenggara, lho, yakni Kerajaan Brunei Darussalam. Kerajaan yang sempat viral beberapa waktu lalu di salah satu platform media sosial karena ”sang pangeran”-nya yang sangat tampan ini dilansir memiliki kekayaan mencapai USD30 milyar.

Keluarga kerajaan yang menyandang predikat salah satu kerajaan terkaya di dunia ini telah berkuasa sejak tahun 1363. Saat ini, Kerajaan Brunei Darussalam dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang telah berkuasa sejak tahun 1967, yang berarti Sang Sultan adalah penguasa monarki terlama setelah Ratu Elizabeth II (berkuasa sejak 1953).

Seperti kebanyakan kerajaan terkaya di dunia yang berasal dari wilayah Timur Tengah, Kerajaan Brunei Darussalam juga memperoleh kekayaan dari hasil cadangan minyak bumi yang berlimpah di negerinya.

Sebagian besar kekayaan kerajaan ini tentu saja dimiliki oleh Sang Sultan, yang diprediksi mencapai USD20 milyar. Sedangkan putranya yaitu Pangeran Haji Abdul Azim dikabarkan memiliki kekayaan yang diperkirakan sebesar USD5 milyar.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Kerja setiap hari bikin pikiran mumet? Kenapa nggak staycation aja dan santai di hotel yang oke biar serasa jadi sultan?

Apa? Bosan sama hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like