Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!

Selain meningkatkan imunitas, ada yang bagus untuk kulit juga lho!

Madu merupakan cairan alami yang diproduksi oleh lebah dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Bahkan, madu bisa dikonsumsi untuk menggantikan gula karena memiliki kandungan yang jauh lebih menyehatkan.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi madu secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena madu kaya akan nutrisi. Nah, jenis madu apa saja yang bisa kamu konsumsi untuk menjagamu agar tetap sehat? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Clover Honey

Clover honey atau madu semanggi merupakan madu yang berasal dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga semanggi. Jenis madu ini tengah populer belakangan ini karena diklaim memiliki beragam manfaat dibandingkan dengan madu jenis lainnya.

Faktanya, clover honey memang mengandung protein (asam amino), vitamin, mineral, enzim, dan asam fenolat yang merupakan antioksidan. Zat antioksidan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Tak hanya itu, jenis madu ini juga memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang bisa meredakan gangguan pada kulit, menyembuhkan luka, meredakan gejala flu, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Secara tampilan, warna clover honey terlihat lebih bening dibandingkan madu lain yang biasanya berwarna kuning pekat. Madu semanggi juga memiliki rasa manis yang lebih ringan dengan sensasi rasa dan aroma floral yang segar.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@alexandermils via Unsplash

Madu Manuka

Sudah pernah mencoba salah satu jenis madu terbaik di dunia? Jika belum, kamu bisa mencoba madu manuka. Madu ini hanya diproduksi secara eksklusif oleh perusahaan The True Honey di Selandia Baru. Harga satu botol berisi 230 gramnya saja dibanderol seharga USD 1.780 atau Rp27 juta-an lho!

Madu manuka berasal dari lebah yang mengambil nektar dari bunga manuka. Bunga manuka sendiri adalah tanaman endemik Selandia Baru, sehingga tak bisa ditemukan di wilayah lain. Jenis madu ini juga tergolong langka, karena bunga manuka hanya mekar beberapa minggu saja dalam setahun.

Madu manuka juga tergolong sangat istimewa karena memiliki sifat antibakteri yang sangat tinggi. Tak hanya itu, madu ini juga diperkaya dengan zat antioksidan dan antiinflamasi yang berguna untuk meningkatkan imunitas, mengobati radang tenggorokan dan meredakan masalah pencernaan.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@meggyn via Unsplash

Madu Kopi

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak asal muasal madu ini. Ya, madu ini berasal dari lebah yang menghisap nektar dari bunga kopi. Jenis madu ini memiliki aroma yang sangat khas yang sangat nikmat, sehingga menjadi salah satu madu terbaik di Indonesia.

Jenis madu ini berwarna coklat tua kehitaman, dengan tekstur yang kental seperti madu pada umumnya. Biasanya, madu ini dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan masakan atau dijadikan minuman. Jangan khawatir, karena dikonsumsi dengan cara apapun tak akan mengubah khasiat dari madu kopi itu sendiri.

Madu kopi memiliki banyak manfaat, antara lain untuk menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi insomnia, meredakan flu serta melancarkan sirkulasi darah. Madu ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dengan cara dioleskan langsung pada kulit yang luka.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@sonjalangford via Unsplash

Madu Hutan Sumatera

Madu hutan Sumatera menjadi salah satu jenis madu khas tanah air yang cukup digemari oleh masyarakat. Pasalnya, madu ini mudah didapatkan karena banyak beredar di pasaran.

Madu hutan ini memiliki warna yang cenderung lebih gelap dari warna madu kebanyakan. Selain itu, teksturnya juga lebih cair dengan rasa yang sedikit asam karena adanya kandungan bee pollen.

Jenis madu ini berasal dari kawanan lebah berjenis Apis dorsata atau lebah madu raksasa yang hidup bebas di belantara hutan Sumatera. Kawanan lebah tersebut mengolah madu dari sari bunga asli yang didapatkan dari hutan habitatnya berada.

Daur hidup lebah yang alami tersebut yang membuat madu yang diproduksi kaya akan manfaat. Biasanya, madu ini dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, memaksimalkan proses pemulihan dari penyakit, serta menjadi solusi untuk mengatasi anemia.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@arwinneil via Unsplash

Buckwheat Honey

Buchwheat honey merupakan jenis madu bernutrisi tinggi. Madu ini dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga buckwheat atau bunga gandum kuda. Gandum kuda merupakan tumbuhan yang bijinya bisa diolah menjadi gandum hingga tepung.

Dikutip dari Health Line, madu buckwheat memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi. Itu sebabnya madu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, menurunkan kadar kolesterol, serta meredakan flu dan batuk. Madu ini juga baik untuk kulit sehingga bisa digunakan untuk masker, lho.

Berbeda dengan madu lainnya, madu memiliki warna ungu tua kehitaman. Semakin lama usia madunya, semakin gelap pula warna madu ini. Madu buckwheat ini tak semanis madu pada umumnya, sehingga cocok untuk kamu yang suka rasa madu yang tak terlalu pekat.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@storiesbysoph via Unsplash

Madu Akasia

Selain madu buckwheat, madu akasia juga cocok untuk kamu yang tak suka rasa madu yang terlalu manis dan pekat. Rasa dari madu akasia memang terasa lebih ringan sehingga tidak terasa enek saat mengonsumsinya. Selain itu, warnanya pun tergolong lebih pucat dibanding jenis madu lainnya.

Madu akasia bersumber dari lebah yang mengolah nektar dari bunga akasia. Madu ini mengandung tinggi fruktosa namun rendah glukosa. Tak hanya itu saja, madu jenis ini juga kaya akan flavonoid yang efektif berperan sebagai agen antibakteri.

Dilansir dari laman Organic Facts, madu akasia juga memiliki banyak khasiat lainnya, seperti menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan berat badan. Tak heran jika banyak orang mengonsumsi madu akasia untuk diet sehat.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@calumlewis via Unsplash

Madu Bunga Liar

Madu bunga liar atau wild flower honey merupakan madu yang berasal dari lebah yang menghisap berbagai jenis bunga liar yang ditemukan. Bunga liar tersebut tak sembarang bunga liar, namun biasanya bunga liar yang tumbuh di hutan atau di padang bunga yang tumbuh di alam.

Meski bersumber dari berbagai macam bunga liar, namun jenis madu ini terkenal dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Madu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan flu dan batuk, serta mencegah berbagai alergi.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@aaronburden via Unsplash

Itulah 7 jenis madu yang bisa diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuhmu dari berbagai penyakit. Kamu sudah pernah coba yang mana?

Staycation di Bobobox, yuk!

Selain mengonsumsi madu, ada juga cara lain dalam menjaga kesehatan hati dan pikiran selama pandemi COVID-19. Ya, menginap saja di Bobobox!

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Tak usah khawatir dengan masalah kesehatan, karena tim Bobobox selalu rutin melakukan pembersihan serta menyemprotkan disinfektan.

Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya, karena interior Bobobox juga instagrammable banget. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Yuk, pesan kamar di aplikasi sekarang!

bobobox hotel aman covid

You might also like