Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia Potret 7 Jembatan Terunik di Dunia. Berani untuk Lewat?

Benar-benar tak habis pikir!

Bobobox.co.id — Jembatan seyogyanya menjadi salah satu infrastruktur yang mampu menghubungkan satu daratan ke daratan lainnya. Namun, dalam beberapa kesempatan, desain unik diusung oleh sebuah jembatan.

Berbeda dengan kebanyakan jembatan, jembatan dengan desain unik ini sering kali menjadi perhatian banyak orang. Keunikan yang jembatan tersebut miliki dan sulit ditemukan di tempat lain adalah alasannya.

Jembatan paling unik di dunia tersebut ada yang didesain dengan tanjakan yang sangat curam. Ada pula jembatan yang menggunakan kaca transparan sebagai dasar untuk jalan pada jembatannya.

Nah, kira-kira jembatan mana lagi yang termasuk jembatan paling unik di dunia? Berikut ini merupakan potret dari 7 jembatan terunik di dunia yang Bob rangkum dari berbagai sumber. Berani untuk lewat?

Berikut 7 Jembatan Terunik di Dunia

1. Eshima Ohashi Bridge, Jepang

7 jembatan terunik di dunia pertama dibuka oleh jembatan Eshima Ohashi. Jembatan ini menjadi penghubungan Kota Matsue di Prefektur Shimane dan Kota Sakaiminato, Prefektur Tottori.

Hal yang membuatnya unik adalah tanjakannya yang begitu curam. Saking curamnya, kendaraan yang melewati jembatan paling unik di dunia ini terlihat seperti menaiki wahana rollercoaster, lho!

Pembangunan struktur satu dari 7 jembatan terunik di dunia yang sangat curam tersebut tentunya diperhitungkan dengan matang. Tujuan dari curamnya jembatan tersebut adalah untuk memudahkan kapal kargo lewat.

Untuk panjangnya sendiri, Jembatan Eshima Ohashi mempunyai dua jalur dengan panjang 1,7 kilometer. Sedangkan untuk jalan naik turunnya sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar 11,3 meter.

Eshima Ohashi Bridge 7 jembatan terunik di dunia
Eshima Ohashi Bridge via japankuru.medium.com

2. Storseisundet Bridge, Norwegia

Satu dari 7 jembatan terunik di dunia berikutnya berada di Norwegia. Jembatan yang dimaksud Bob adalah Jembatan Storseisundet yang menghubungkan daratan Norwegia dengan Pulau Averoya.

Arsitektur jembatan ini pun bisa dibilang cukup nyeleneh. Pasalnya, Jembatan Storseisudent memiliki bentuk melengkung dengan lengkungannya sendiri sangatlah curam untuk dilewati para pengendara.

Tak mengherankan pula jika jembatan ini kerap disebut sebagai jembatan paling mengerikan di dunia. Hal ini pulalah yang menjadikan orang yang melintas diwajibkan untuk berhati-hati saat melewati jembatannya.

Jembatan ini pun memiliki keunikan lain di mana adanya sebuah ilusi optik. Sering disebut ‘Jembatan Mabuk’, kendaraan yang melintasi jembatan tersebut akan terlihat terputus di tengahnya akibat ilusi tersebut.

Jembatan berikutnya yang tidak kalah menguji adrenalin adalah Jembatan Storseisundet. Jembatan yang menghubungkan daratan Norwegia dan Pulau Averoya ini punya arsitektur yang terbilang unik.
Storseisundet Bridge 7 jembatan terunik di dunia
Storseisundet Bridge via structurae.net

Baca Juga: 10 Aturan Unik Tempat Wisata Di Indonesia


3. Langkawi Sky Bridge, Langkawi

Bagaimana rasanya jika kamu mencoba melewati jembatan ekstrem namun dikelilingi oleh pemandangan asri yang menakjubkan? Hal tersebut yang mungkin akan ada di benakmu saat datang ke Sky Bridge.

Terletak di Langkawi, Malaysia, satu dari 7 jembatan terunik di dunia ini memang terbilang ekstrem. Lokasinya sendiri berada di puncak Gunung Chinchang yang berada di ketinggian kurang lebih 2.300 kaki.

Keunikan dan keekstreman jembatan ini bisa dilihat dari struktur jembatan yang digantung dengan kabel baja pada sebuah tiang besar. Tak hanya itu, bentuknya yang melengkung semakin menambah kesan ekstrem.

Untuk panjang jembatannya, jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Langit Langkawi ini memiliki panjang 125 meter saja. Sedangkan untuk lebar, jembatan ini memiliki lebar 1,5 meter.

7 jembatan terunik di dunia Sky Bridge
Sky Bridge via klook.com

4. Gateshead Millennium Bridge, Inggris

Daftar 7 jembatan terunik di dunia berikutnya berada di Inggris atau lebih tepatnya di Newcastle. Di kota tersebut, kamu akan menemukan jembatan dengan keunikan yang terlihat seperti kelopak mata hendak berkedip.

Gateshead Millennium Bridge membentang di atas Sungai Tyne. Keunikan yang Bob sebut barusan sendiri menjadikan jembatan paling unik ini sering disebut dengan julukan ‘Blinking Eye Bridge’.

Keunikan lain dari jembatan miring pertama di dunia ini adalah dapat berputar 40 derajat setiap 45 menit sekali. Hal tersebut terjadi bergantung tiupan angin dan kapal yang akan melintasi Sungai Tyne.

Gateshead Millennium Bridge ini didesain sedemikian rupa untuk mengakomodir para pejalan kaki dan pesepeda. Lengkungan tersebut memungkinkan pejalan kaki dan pesepeda melintas tanpa adanya tanjakan.

Gateshead Millennium Bridge 7 jembatan terunik di dunia
Gateshead Millennium Bridge via wilkinsoneyre.com

Baca Juga: Tayang Pada 2021, Ini Dia 15 Film 2021 Paling Ditunggu-Tunggu. Duh, Nggak Sabar Nih.


5. Zhangjiajie Glass Footpath, Zhangjiajie

Zhangjiajie Glass Footpath merupakan satu dari daftar 7 jembatan terunik di dunia. Berlokasi di Kota Zhangjiajie, jembatan ini memang benar-benar terbuat dari kaca transparan untuk dasar jembatannya.

Berlokasi pada ketinggian 260 meter, para pengunjung yang berada di tengah jembatan bisa melihat jurang yang ada di bawah kaki mereka. Hal ini yang kerap kali membuat para pengunjung merinding.

Oleh karenanya, bagi para pengindap fobia ketinggian atau akrofobia, sangatlah tidak dianjurkan untuk melintas. Hal paling memungkin adalah dengan adanya pendamping untuk pengunjung tersebut.

Saking terkenalnya, daftar 7 jembatan terunik di dunia pernah ditutup 13 hari setelah pembukaan. Alasannya adalah pengunjung yang membludak dan tak sebanding dengan perancangan jembatan.

Zhangjiajie Glass Footpath 7 jembatan terunik di dunia
Zhangjiajie Glass Footpath via thetravelbrief.com

6. Khaju Bridge, Iran

Daftar 7 jembatan terunik di dunia lainnya adalah Khaju Bridge di Iran. Dibangun pada tahun 1650, jembatan ini bukan hanya sekadar jembatan saja tetapi juga sebagai bendungan dan lokasi pertemuan publik.

Jembatan yang dibangun di bawah pemerintah Raja Persia Shah Abbas II ini menghubungkan dua daratan yang dilalui oleh Sungai Zayanderud. Sebelum ada Khaju Bridge, sebenarnya sudah ada jembatan pada masanya.

Namun, Shah Abbas II menginginkan jembatan dengan desain memukau agar Isfahan makin terkenal. Dari situlah, desain unik dan berbeda dibandingkan dengan jembatan pada umumnya muncul.

Untuk jembatannya sendiri, kamu bakal menemukan bangunan berkubah putih dengan motif berwarna cokelat. Keramik bermotif khas Persia dan lukisan indah indah semakin mempercantik tampilan jembatan ini.

Khaju Bridge 7 jembatan terunik di dunia
Khaju Bridge via irannegintravel.com

Baca Juga: Ini Dia 10 Kota Paling Berbahaya Di Dunia. Sebaiknya Tak Usah Dikunjungi!


7. Henderson Waves Bridge, Singapura

7 jembatan terunik di dunia ditutup oleh Henderson Waves Bridge. Jembatan ini sendiri dibangun di atas hutan di mana menghubungkan Telok Blangah Hill Park dan juga Mount Faber Park.

Satu dari 7 jembatan terunik di dunia ini pernah menjadi perbincangan banyak orang. Keunikan dari desain jembatannya menjadikan Henderson Waves Bridge mendapati popularitasnya meningkat setelah perbincangan tersebut.

Keunikan tersebut bisa dilihat dari adanya lengkungan atas dan bawah. Hal tersebut mungkin akan mengingatkanmu pada bentuk gelombang elektromagnetik yang diajarkan pada pelajaran fisik di Sekolah Menengah.

Dengan keunikan tersebut, banyak orang yang akhirnya mengabadikan momen mereka saat melewati jembatan ini. Padahalm Henderson Waves Bridge ini sebenarnya bukan jembatan untuk berfoto-foto, lho.

Henderson Wave Bridge 7 jembatan terunik di dunia
Henderson Wave Bridge via befreetour.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Agar kamu bisa menikmati liburanmu dengan tenang, kamu pastinya membutuhkan tempat menginap yang nyaman pula. Salah satu tempat menginap yang cocok untuk hal tersebut adalah Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang cocok untuk kamu yang senang travelling. Fasilitasnya lengkap ditambah dengan harga inap per malam yang ramah di kantong menjadi daya tarik hotel kapsul ini.

Ingin memesan pod di Bobobox? Unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox Pods Juanda

You might also like