Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Ide Aquascape yang Bisa Membuat Akuarium Kamu Terlihat Lebih Indah

Bosan dengan akuarium kamu? Coba ide aquascape berikut ini.

Kalau kamu hobi memelihara ikan, jangan biarkan akuarium kamu kosong. Hiasi tempat tinggal ikanmu dengan ide aquascape berikut ini.

Sederhananya, aquascaping adalah berkebun di dalam air. Dalam hal ini, akuarium. Kamu bisa menata tanaman air, bebatuan, atau kayu sehingga menghasilkan akuarium yang menarik untuk dilihat.

Pada umumnya, aquascaping memang ditujukan sebagai rumah bagi ikan dan tanaman air. Akan tetapi, kamu juga bisa membuat ide aquascape dengan tanaman darat juga, lho.

Tujuan utama dari aquascaping adalah untuk membuat lanskap bawah air yang indah. Akan tetapi, membuat aquascape bukan soal keindahan saja.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk membuat aquascape yang seimbang. Beberapa di antaranya adalah filtrasi, tingkat karbon dioksida yang pas untuk fotosintesis, substrat, pemupukan, pencahayaan, dan pengendalian lumut.

Gaya Dutch

ide aquascape
theaquariumguide.com

Dalam dunia aquascape, Dutch adalah salah satu ide aquascape yang paling umum digunakan. Fokus dari gaya Dutch adalah pertumbuhan dan susunan tanaman air. Oleh sebab itu, kamu tidak akan langsung melihat hasil dari ide aquascape ini.

Kamu membutuhkan pengetahuan tentang cara menanam tanaman air yang baik sehingga hasilnya nanti sesuai dengan ekspektasi kamu. Meskipun 70 persen dari gaya Dutch adalah tanaman air, aquascape yang tercipta tidaklah seperti gaya natural yang menyerupai kondisi alam tertentu. Dengan gaya Dutch, kamu bisa mengeksplorasi berbagai jenis warna, varietas, dan kepadatan tanaman.

Hal yang umum dilakukan di gaya Dutch adalah membuat terasering untuk menciptakan tingkat dan kedalaman tanaman. Beberapa tanaman yang umum digunakan di gaya Dutch adalah Java moss, limnophila aquatic, dan cryptocoryne.

Ide aquascape gaya Iwagumi

ide aquascape
theaquariumguide.com

Berbanding terbalik dengan gaya Dutch, ide aquascape Iwagumi menggunakan batu sebagai pemain utamanya. Dalam bahasa Jepang, Iwagumi memiliki arti susunan batu. Oleh karena itu, ide aquascape ini sangat memerhatikan formasi, penyusunan, dan penempatan batu.

Ciri khas dari gaya aquascape Iwagumi adalah jumlah batu yang ganjil. Jumlah ganjil digunakan untuk menghindari aquascape terlihat tidak alami. Susunan batu yang simetris sangat jarang digunakan di gaya Iwagumi karena keseimbangan dan kesimetrisan menunjukkan secara tidak langsung campur tangan manusia.

Jika kamu ingin menggunakan ide aquascape ini, kamu juga harus memerhatikan jenis batu yang digunakan. Ada empat batu yang biasanya digunakan dalam Iwagumi yaitu Soeishi, Fukuishi, Oyaishi, dan Suteishi.

Jenis tanaman air yang digunakan di gaya Iwagumi sangatlah terbatas. Beberapa yang bisa kamu gunakan antara lain adalah glossostigma elatinoides, dwarf hairgrass (eleocharis acicularis), dan hemianthus callitrichoides.

Ide aquascape gaya natural

ide aquascape
theaquariumguide.com

Ide aquascape yang satu ini juga termasuk salah satu yang paling populer. Gaya ini pertama kali dicetuskan oleh Takashi Amano di mana ia menekankan prinsip yang sama dengan teknik berkebun ala Jepang. Tujuan utama dari gaya ini adalah untuk meniru semirip mungkin lanskap alam seperti pegunungan, perbukitan, hutan hujan, dan lain-lain.

Karena tujuannya adalah untuk menyerupai alam semirip mungkin, komponen yang digunakan di ide aquascape ini pun cukup banyak, tergantung dari lanskap apa yang ingin kamu tiru. Salah satunya adalah desain convex.

Desain ini menggunakan batu, tanaman, kayu apung, dan benda lain yang dipusatkan di tengah-tengah akuarium. Sedangkan untuk bagian terluarnya, terdapat tanaman dengan ukuran yang lebih kecil. Desain convex pada umumnya menyerupai sebuah pulau atau gunung.

Gaya biotope

ide aquascape
theaquariumguide.com

Seperti namanya, ide aquascape biotope berupaya merplikasi habitat air di sebuah daerah tertentu. Gaya ini merupakan representasi asli perairan yang kamu inginkan. Oleh karena itu, semua aspek alamnya harus sesuai dengan yang asli mulai dari ikan, tanaman, batu, air, hingga suhu.

Beberapa ide aquascape biotope yang populer digunakan adalah sungai di Papua Nugini, rawa di Amerika Utara, sungai Amazon, atau terumbu tropis Australia. Tidak ada aturan yang pokok dalam mengeksekusi gaya aquascape biotope. Kamu hanya perlu mereplikasi kondisi asli dari perairan yang kamu inginkan.

Meskipun menantang dan menarik, untuk membuat aquascape gaya biotope kamu membutuhkan pengetahuan mendalam tentang perairan yang ingin kamu replika. Selain itu, perawatannya pun tidaklah mudah.

Ide aquascape gaya Taiwan

ide aquascape
theaquariumguide.com

Ide aquascape Taiwan menggabungkan gaya Dutch dan Iwagumi sekaligus. Hal ini ditujukan untuk mencipatakn akuarium yang memiliki kedalaman, tingkatan, dan teras yang tinggi. Yang menarik dari gaya aquscape Taiwan adalah penggunaan orang-orangan atau rumah-rumahan agar aquascape-nya terlihat lebih hidup.

Tujuan utama dari gaya quascape ini adalah untuk menggaris bawahi kesederhanaan dan kehidupan alam sebagai bagian dari desainnya. Meskipun sempat populer beberapa tahun ke belakang, gaya Taiwan mulai ditinggalkan karena gaya ini kurang memiliki ciri khas.

Akan tetapi, gaya yang satu ini bisa kamu pilih jika kamu ingin sesuatu yang lebih modern dibandingkan dengan Dutch dan Iwagumi yang tradisional.

Ide aquascape gaya walstad

ide aquascape
theaquariumguide.com

Ide aquascape walstad mirip dengan gaya biotope dan natural. Hanya saja, gaya walstad tidak menekankan kemiripan sebuah area tertentu. Sifatnya lebih acak karena tujuan dari gaya ini adalah untuk membuat akuarium yang alami. Tanaman dan benda lain diletakkan begitu saja tanpa ada rancangan.

Gaya walstad terbilang mudah untuk dibuat dan dirawat jika dibandingkan dengan gaya lain. Biayanya pun murah karena kamu membiarkan akuarium ini apa adanya. Tanah yang digunakan biasanya tanah pot. Kamu juga tidak perlu terlalu sering mengganti air jika memilih gaya ini karena kepadatan tanamannya.

Ide aquascape gaya kota tenggelam

ide aquascape
ratemyfishtank.com/@Brian Coolbaugh

Di samping dengan ide aquascape yang umum digunakan, kamu juga bisa membuat aquascape dengan idemu sendiri. Salah satunya adalah model kota tenggelam atau atlantis. Untuk membuat model ini kamu bisa menggunakan model kota yang sudah ada atau kota impianmu sendiri.

Kamu bisa menerapkan aturan-aturan standar aquascape untuk membuat model ini seperti rasio emas, komposisi rule of third, atau kontras ukuran dan warna. Selain itu, untuk membuat ide aquascape ini, kamu membutuhkan patung-patung atau diorama gedung.

Akan tetapi, pastikan bahwa bahan yang kamu gunakan aman bagi hewan. Jangan gunakan metal karena kemungkinan besar akan berkarat. Dua bahan yang paling aman adalah batu dan kayu apung.

Liburan singkat dengan staycation di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bakal bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern dan futuristik juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like