Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!

Dijamin bisa jadi destinasi wisata yang seru deh

Berwisata ke pantai atau pegunungan bisa dibilang sudah biasa. Namun, pernahkah kamu terpikirkan untuk berwisata ke gua? Bisa jadi, berlibur ke gua adalah hal yang tak terpikirkan olehmu sebelumnya.

Hilangkan pikiran tentang gua sebagai tempat yang gelap dan menyeramkan, karena ada juga lho gua yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, tak sedikit gua yang didaulat sebagai gua paling indah di Indonesia, karena sudah dikelola menjadi destinasi wisata yang unik.

Nah, berikut ini Bob akan mengulas 7 gua paling indah di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi wisata. Gua-gua tersebut juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni serta pemandu yang bertanggung jawab, sehingga aman untuk dikunjungi. Lihat daftarnya guanya berikut ini, ya!

1. Gua Gong, Pacitan

Lokasi: Jl. Salam, Dusun Pule, Desa Bomo, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur

Selain pantainya yang cantik, Pacitan juga dikenal sebagai Kota 1.001 Gua. Sebutan tersebut disematkan karena Pacitan memang memiliki banyak gua yang bisa menjadi tujuan wisata. Gua yang paling terkenal dan menjadi gua paling indah di Indonesia adalah Gua Gong.

Gua sepanjang 256 meter ini menyajikan pemandangan formasi stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Tak heran jika gua ini disebut-sebut sebagai gua terindah se-Asia Tenggara. Gua ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti jalur yang aman, kipas angin, tangga, serta penerangan yang memadai. Harta tiket masuknya juga sangat murah, yakni Rp5.000 saja.

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
via hargatiket.net

2. Goa Buniayu, Sukabumi

Lokasi: Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat

Gua paling indah di Indonesia yang pertama adalah Goa Buniayu. Gua yang terletak di Kabupaten Sukabumi ini menawarkan keindahan ornamen bebatuan yang tersusun cantik oleh proses alami selama ribuan tahun.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menyusuri gua untuk menemukan pemandangan menakjubkan berupa sungai, air terjun, danau, dan fosil batu bawah tanah. Kamu bisa membayar Rp5.000 untuk masuk kawasan wisata, serta Rp20.000 untuk paket Goa Buniayu Horizontal. Sedangkan untuk memilih paket Goa Buniayu Vertikal, ada tambahan biaya sebesar Rp150.000/orang.

Jangan khawatir dengan keselamatan saat susur gua, karena gua ini dikenal memiliki sistem wisata gua terbaik se-Asia Tenggara, lengkap dengan peralatan keselamatan bertaraf internasional dan pemandu yang terlatih. Gua ini juga pernah dipakai sebagai lokasi syuting film ‘Si Buta dari Gua Hantu’, lho!

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
via tripzilla.id

3. Gua Suci, Tuban

Lokasi: Dusun Suci, Desa Wagun, Kec. Palang, Kab. Tuban, Jawa Timur

Jika sebagian besar gua dibentuk melalui proses alami dalam waktu yang lama, lain halnya dengan Gua Suci di Kabupaten Tuban. Salah satu gua paling indah di Indonesia ini terbuat dari batuan kapur yang dibuat pada masa Kerajaan Majapahit.

Menariknya, terdapat pahatan dengan angka dari aksara Jawa kuno yang mengatakan bahwa gua tersebut dibangun pada tahun 1026. Gua Suci memiliki kedalaman sekitar 14 meter, dengan atap kerucut dan lubang di tengahnya.

Jangan lupa untuk berfoto di bawah lubang tersebut, karena sinar matahari akan masuk dan kerap disebut ray of light atau cahaya dari surga. Masuk ke sini juga tak dikenakan biaya alias gratis, lho!

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
@masedy80 via Instagram

4. Gua Barat, Kebumen

Lokasi: Jl. Palamarta Km. 0, Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah

Selain memiliki eksotisme pahatan alam yang sangat memesona, Gua Barat juga memiliki pemandangan setidaknya 100 air terjun bawah tanah yang indah di dalamnya. Maka, tak heran jika Gua Barat menjadi salah satu gua paling indah di Indonesia. Menariknya, kamu bisa menyusuri gua ini melalui jalur air lewat sungai yang mengalir di dalam gua.

Biarpun terbilang cukup ekstrem, kamu tak perlu khawatir karena kamu akan didampingi oleh pemandu yang handal sehingga kegiatan susur gua akan terasa menyenangkan. Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan, kamu diharuskan untuk memakai pelampung, helm, dan sepatu khusus caving.

Kamu cukup membayar sebesar Rp130.000 hingga Rp150.000 untuk bisa menikmati keindahan bebatuan stalaktit. Biaya tersebut sudah termasuk sewa peralatan caving dan pemandu, lho.

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
via iqbalkautsar.com

5. Goa Maharani, Lamongan

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Desa Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur

Daerah Lamongan dikenal dengan hidangan kuliner sotonya yang segar dan gurih. Namun, ternyata Lamongan juga terkenal dengan wisata gua yang memesona. Adalah Goa Maharani, gua yang menyajikan keindahan bebatuan stalaktit dan stalakmit yang masih bertumbuh.

Selain itu, pahatan alam tersebut bisa memancarkan cahaya berwarna-warni saat terkena cahaya. Inilah yang menjadikan Goa Maharani sebagai salah satu gua paling indah di Indonesia. Bahkan, keindahannya juga kerap disandingkan dengan Gua Altamira di Spanyol, Gua Mamonth di Amerika, dan Gua Carlsbad di Prancis.

Saat ini, wisata Goa Maharani ada dalam satu lingkungan dengan wisata Maharani Zoo. Untuk bisa menikmati keindahan guanya, kamu perlu menyiapkan Rp50.000/orang di hari biasa, dan Rp70.000/orang di hari Jumat-Minggu serta hari libur nasional.

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
via maharanizoo.com

6. Gua Rangko, Labuan Bajo

Lokasi: Kp. Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Menikmati indahnya pahatan alam sambil berenang di kolam yang jernih? Tentu saja bisa! Kamu akan menemukan pengalaman seru tersebut jika berwisata ke Gua Rangko yang berada di Labuan Bajo. Rangkaian batuan stalaktit berpadu indah dengan birunya air kolam dijamin akan memanjakan mata dan menyegarkan badan di salah satu gua paling indah di Indonesia tersebut.

Karena tak banyak wisatawan yang berkunjung, kamu akan menikmati berenang seperti di kolam pribadi, lho. Waktu yang tepat untuk berenang di sini adalah sekitar jam 12.00-14.00, karena sinar matahari alami akan menerangi gua tersebut. Biaya masuknya juga cukup murah, hanya Rp20.000 saja.

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
via beritagar.id

7. Gua Pangkep, Maros

Lokasi: Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kab. Maros, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatam

Selain taman dengan ratusan spesies kupu-kupu, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung juga dikenal dengan wisata gua dan karst yang indah. Selain menjadi salah satu gua paling indah di Indonesia, jajaran Gua Pangkep juga menjadi gua paling lengkap di Indonesia.

Keindahan stalaktit dan stalaktit bisa dinikmati di 268 gua di wilayah ini. Tak hanya itu saja, ada 50 gua yang merupakan peninggalan prasejarah, lengkap dengan jejak peninggalan seperti lukisan cap tangan manusia purba, serta bekas makanan yang berusia ribuan tahun. Dijamin kamu akan puas deh menjelajah gua di sini!

Ingin Liburan ke Tempat yang Sejuk dan Unik? Rasakan Berwisata ke 7 Gua Paling Indah di Indonesia, Yuk!
@DestinAsianID via Medium

Menginap di Bobobox, yuk!

Berwisata ke gua paling indah di Indonesia ternyata sangat menarik, ya. Tapi, ada lagi lho yang menarik dan tak kalah seru. Ya, menginap di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Kamu bisa menginap atau sekadar staycation di sini.

Caranya, tinggal pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

 

You might also like