Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Fakta Seputar Vanuatu, Negara Paling Bahagia Di Dunia

Fakta seputar Vanuatu berikut ini dijamin bikin kamu terkagum-kagum!

Fakta seputar Vanuatu berikut ini bisa jadi tidak kamu ketahui. Negara ini kini menjadi buah bibir banyak orang terutama masyarakat Indonesia setelah tak lama ini sempat menuduh negara kita Indonesia melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua. Kasus ini kemudian menarik perhatian dan penasaran banyak orang terutama masyarakat kita yang belum familiar dengan nama negara Vanuatu.

Banyak masyarakat kita yang kemudian bertanya-tanya seperti apakah negara Vanuatu itu, bagimana kondisinya di sana, dan berbagai fakta seputar Vanuatu lainnya. Vanuatu adalah sebuah negara republik yang memiliki kemiripan dengan Indonesia yaitu sebuah negara kepulauan. Vanuatu tepatnya berada di sekitar Samudra Pasifik bagian selatan. Kamu bisa menemukan negara Vanuatu pada peta tepat di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Fakta seputar Vanuatu mengungkapkan jika negara ini mayoritas dihuni oleh bangsa Melanesia. Orang Eropa yang tercatat sejarah pertama kali mengunjungi Vanuatu bernama Fernandes de Queiros asal Portugis. Ia mengunjungi Vanuatu bersama armadanya dari Spanyol yang sampai ke Vanuatu pada tahun 1606.

Menurut sejarah, Republik Vanuatu telah berdiri sejak tahun 1980 silam. Bisa dibilang negara ini masih belia. Tak lama setelah berdiri, negara ini kemudian menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Britania, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik. Penasaran seperti apa fakta seputar Vanuatu lebih lengkapnya? Berikut adalah 7 fakta seputar Vanuatu yang menarik untuk kamu ketahui!

fakta seputar vanuatu
@Travel – Nine

1. Fakta Seputar Vanuatu: Punya Tradisi Ekstrem untuk Menunjukkan Kedewasaan Pria

Fakta seputar Vanuatu yang pertama adalah tradisi ekstrem yang dilakukan masyarakat Vanuatu khususnya untuk menunjukkan kedewasaan kaum pria. Dalam prosesnya, tradisi ini berlangsung dengan cara melakukan terjun lenting atau bungee jumping dari ketinggian yang telah ditentukan. Tradisi ini terbilang ekstrem karena jika pada umumnya bungee jumping akan disertai dengan pengaman dan juga alat pelindung seperti helm namun tradisi ini tidak memilikinya.

Bungee jumping di Vanuatu hanya memanfaatkan seutas tali yang kemudian diikat di bagian tubuh atau pergelangan kaki. Lokasi-lokasi yang biasanya digunakan untuk melakukan tradisi terjun lenting ini adalah di sekitar sungai atau tempat lainnya dengan dasar air yang mengalir. Selain itu ada pula tradisi lainnya yang serupa dengan tradisi ini namun memiliki beberapa perbedaan. Tradisi tersebut bernama nagol yang merupakan tradisi melompat dari atas menara kayu setinggi 30 meter.

2. Fakta Seputar Vanuatu: Dikelilingi Gunung Api

Sama halnya dengan negara kita Indonesia, negara kepulauan ini pun dianugerahi dengan banyaknya gunung berapi yang aktif, lho. Hal inilah yang membuat tanah di Vanuatu subur sehingga tanaman-tanaman tumbuh dengan lebat. Dari banyaknya gunung berapi di sekitar Vanuatu terdapat beberapa gunung berapi yang cukup terkenal bernama Yasur. Gunung berapi Yasur ini berlokasi di sekitar pulau Tanna dan menjadi salah satu spot wisata yang paling diincar oleh turis.

Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke berbagai belahan bumi. Yasur bahkan disebut-sebut sebagai salah satu gunung paling aktif di dunia. Fakta seputar Vanuatu selanjutnya adalah kamu bisa duduk di tepian kawah gunung berapi sambil merasakan sensasi menegangkan dari pertunjukkan lava yang meletup-letup dari dalam kawah gunung Yasur. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

@Jawa Pos

3. Fakta Seputar Vanuatu: Negara yang Indah dan Menakjubkan

Fakta seputar Vanuatu berikutnya adalah negara ini merupakan negara kepulauan yang memiliki keindahan alam mengagumkan! Kamu juga bisa menjelajahi banyak pulau-pulau kecil di sekitar Vanuatu dan menikmati iklim tropis seperti halnya iklim di Indonesia yang cenderung hangat dan cerah. Terdapat sekitar 83 pulau kecil di sekitar Vanuatu yang bisa kamu kunjungi di sana.

Mengingat negara ini merupakan salah satu negara kepulauan, tentunya Vanuatu menawarkan banyak destinasi pantai yang tak perlu diragukan keindahannya. Vanuatu memiliki panjang garis pantai hingga 2.528 km garis pantai yang membentang dengan indah. Banyak wisatawan yang senang mengunjungi Vanuatu karena terkenal dengan pantai pasir putih yang lembut dan sinar matahari hangat..

4. Fakta Seputar Vanuatu: Negara Anti Jomblo

Fakta seputar Vanuatu ini terbilang unik karena akan membuat masayarakat di sana tak perlu khawatir mengalami susahnya mencari jodoh. Faktanya penduduk Vanuatu sejak lama menerapkan tradisi perjodohan terhadap anak-anak mereka. Hal inilah yang kemudian membuat masayarakat di sana tidak kesulitan mencari pasangan, Tingkat pernikahan di Vanuatu bahkan disebut-sebut mencapai angka 100 persen, lho!

5. Fakta Seputar Vanuatu: Negara Kepulauan di Oseania

Seperti yang Bob jelaskan sebelumnya, Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Oseania. Dari jumlah 80 pulau kecil di sekitar Vanuatu, faktanya hanya sekitar 65 pulau diantaranya yang berpenghuni. Fakta seputar Vanuatu pun mengungkapkan bahwa Vanuatu memiliki luas sekitar 12.189 km persegi dengan populasi sekitar 270 ribu jiwa. Kota terbesar di Vanuatu adalah Ibu kota bernama Port Vila yang dihuni oleh sekitar 53 ribu penduduk.

@Hideaway Holidays

6. Fakta Seputar Vanuatu: Negara Paling Bahagia di Dunia

Pada awal tahun 2020, Vanuatu menempatkan peringkat ke empat dalam daftar negara paling bahagia di dunia. Fakta seputar Vanuatu ini pun kemudian membuat Vanuatu dinobatkan sebagai negara paling bahagia di luar benua Amerika. Gelar ini didapatkan berdasarkan Happy Planet Index yang terdiri dari beberapa kriteria diantaranya adalah kesejahteraan bangsa, harapan hidup dan tingkat ketimpangan, dan juga ekologi.

7. Fakta Seputar Vanuatu: Ada Suku Pemuja Pangeran Philip

Fakta seputar Vanuatu yang terakhir adalah kepercayaan salah satu suku di Vanuatu yang meyakini bahwa Pangeran Philip dari kerajaan Inggris tersebut adalah jelmaan leluhur Pulau Tanna. Kepercayaan ini muncul tepatnya setelah Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth datang berkunjung ke Vanuatu pada tahun 1974. Saat kunjungan tersebut, seorang pendayung kano perang bernama Jack Naiva, menyambut kapal pesiar kerajaan Inggris di Port Vila dan meyakini Pangeran Philip adalah seseorang setara dewa.

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox. Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox. Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya secara praktis melalui aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pods Bobobox, kamu bisa langsung mengunjungi Bobobox 360° virtual tour. Di virtual tour ini, kamu bisa melihat langsung lokasi pods yang ingin kamu tuju secara 360°, lho! Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini. Bob tunggu kedatangan kamu di Bobobox ya!

lorong bobobox kamar

You might also like