Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Fakta Hotel Kapsul; Berangkat Haji bisa Menginap di Hotel Kapsul!

Hotel kapsul menjadi salah satu opsi penginapan favorit para traveler. Ini alasannya!

Hotel kapsul menjadi salah satu pilihan penginapan favorit banyak traveler di seluruh dunia. Tidak hanya di Jepang sang negara pertama yang menginisiasi hotel kapsul, kini hotel kapsul dapat mudah kamu temukan di beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta. Dinamakan hotel kapsul dikarenakan bentuknya yang menyerupai sebuah kapsul.

Hotel kapsul cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman menginap yang nyaman namun tetap murah meriah Dari sekian banyak kelebihan hotel kapsul, apa saja sih fakta menarik dan unik mengenai hotel kapsul yang mungkin tidak kamu ketahui? Bob akan bagikan 7 fakta menarik dan unik mengenai hotel kapsul dan mengapa hotel kapsul menjadi incaran banyak traveler dunia!

1. Capsule Inn; Hotel Kapsul Pertama di Dunia

@booking.com

Seperti yang Bob jelaskan di atas, Jepang adalah negara pertama yang menginisiasi pendirian hotel berkonsep kapsul. Jepang memang terkenal dengan berbagai hal yang unik dan nyentrik, tak ketinggalan akomodasinya. Jepang termasuk salah satu negara yang memiliki bermacam jenis akomodasi unik. Hotel kapsul pertama di dunia terletak di Osaka Jepang dengan nama Capsule Inn dan mulai beroperasi pada tahun 1979!

Osaka sebagai salah satu jantung kota di Jepang membuat penginapan kapsul ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena lokasinya yang startegis. Kelebihan dari hotel kapsul ini adalah para pengunjungnya bisa memilih beberapa opsi tempat tidur. Terdapat kamar kapsul dengan tipe regular dan juga kamar kapsul dengan tipe lebar. Kedua tipe ini sama-sama banyak diminati para pengunjung dan wisatawan.

2. Alasan Pendirian Hotel Kapsul

Seperti yang kamu ketahui budaya kerja Jepang memang dikenal cukup disiplin. Dari dulu sampai sekarang Jepang memang terkenal cukup perfeksionis dengan hasil kerja tiap karyawannya. Hal ini yang menjadikan banyak pekerja di Jepang cenderung bekerja lembur sampai larut malam karena tuntutan pekerjaan yang cukup tinggi. Selain itu setelah berkerja, banyak pekerja di sana yang diminta menemani atasan untuk minum-minum.

Jika sudah seperti itu maka bisa dipastikan sisa waktu yang bisa digunakan untuk beristirahat pun menjadi sedikit. Sedangkan beberapa moda transportasi seperti kereta api tidak beroperasi jika sudah terlalu larut. Pilihan moda transportasi lainnya pun terbatas dan cenderung mahal. Oleh karena itu kapsul hotel menjadi solusi pilihan menginap untuk merelka yang membutuhkan waktu beristirahat yang singkat tanpa membutuhkan banyak fasilitas penunjang dan berharga murah.

3. Fasilitas Tambahanhotel kapsul

Meskipun ruangannya cenderung kecil namun tidak berarti kamu tidak mendapatkan fasilitas yang memadai. Beberapa hotel menyediakan complimentary facility atau fasilitas tambahan yang umum tersedia seperti free wifi. Jika kamu memutuskan untuk menginap di salah satu hotel kapsul, pastikan untuk menanyakan fasilitas yang satu ini agar kamu tidak menyesal telah menggunakan data pribadi kamu selama menginap di sana.

Fasilitas ini tentu menjadi fasilitas penting yang perlu dimiliki setiap penginapan tidak terkecuali hotel kapsul. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mencari tempat untuk menginap yang membutuhkan akses internet 24 jam sebagai penunjang keseharian dan pekerjaan mereka terutama di kota-kota besar. Jadi jangan lupa untuk tanyakan fasilitas akses internet yang tersedia di hotel kapsul pilihan kamu ya!

4. Ditutup di Cina namun Booming di Indonesia

Hotel berkonsep kapsul dari Jepang ini lambat laun mulai menjamur di banyak negara termasuk Negeri Tirai Bambu, Cina. Sekitar tahun 2012 hotel dengan konsep kapsul ini mulai booming sehingga masyarakat di sana dapat dengan mudah menemukan salah satu penginapan dengan konsep hotel di setiap penjuru kota. Namun, dilansir dari laman China Daily, pada tahun 2017 Pemerintah Cina ternyata menutup operasional penginapan berkonsep kapsul di mulai dari kota Shanghai, Beijing, juga Chengdu.

@fiercepharma.com

Penutupan penginapan-penginapan kapsul ini dilakukan atas dasar keselamatan para penggunjungnya saat terjadi kebakaran. Pengelola kamar kapsul di Cina dinilai masih belum mampu memenuhi standar kelayakan dalam faktor keselamatan penggunanya. Sementara itu, pada tahun 2006 penginapan kapsul sebenarnya masuk terlebih dahulu ke Indonesia dan mulai booming setelah 12 tahun kemudian. 

Sejauh ini sistem kamar kapsul di Indonesia sudah memenuhi standar kelayakan untuk digunakan penggunanya beristirahat. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk memasukan penginapan kapsul menjadi salah satu bucket list penginapan yang akan kamu kunjungi selanjutnya ya!

5. Didukung Badan Usaha Milik Negara RI

Tidak seperti Cina, Pemerintah Indonesia ternyata menyambut baik dan positif kehadiran penginapan konsep kapsul untuk diterapkan di Indonesia. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa Pemerintah Indonesia melalui Badan Usaha Milik Negara atau BUMN turut mendirikan penginapan berkonsep kapsul. Kamar kapsul ini didirikan BUMN Republik Indonesia di Kota Surabaya tepatnya di Pelabuhan Tanjung Perak. Kamar-kamar kapsul ini dapat di sewa harian juga per jam. 

Jadi bagi kamu yang akan mudik atau melakukan perjalanan menggunakan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, kamu bisa beristirahat sejenak selama beberapa jam di kamar kapsul sebelum melanjutkan perjalanan sambil menunggu kedatangan kapal kamu. Selain pelabuhan, pada 2018 lalu diresmikan pula digital airport hotel atau kamar kapsul di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Gak ada lagi alasan untuk kamu ragu menginap di kamar kapsul setelah mengetahui bahwa Pemerintah Republik Indonesia pun mendukung operasional penginapan kapsul.

6. Fasilitasi Jemaah Haji, Pemerintah Arab Impor Hotel Kapsul!

Setelah Jepang, Cina, dan Indonesia, sekarang Bob akan bahas salah satu negara di Timur Tengah yang juga tidak ketinggalan merasakan kenyamanan dan kepraktisan penginapan berkonsep kapsul ini. Tidak tanggung-tanggung, Permerintah Saudi Arabia bahkan mengimpor kamar kapsul dari Jepang untuk memfasilitasi tamu-tamu jemaah haji yang datang ke Arab! Pemerintah Arab melakukan kerjasama dengan Jepang untuk menyediakan kamar kapsul yang dapat menunjang akomodasi para jemaah haji.

Bahkan Pemerintah Arab pun sempat memberikan penawaran pelayanan penginapan hotel secara cuma-cuma kepada para jemaah yang sedang berada di Mina, menjelang prosesi pelemparan jumroh. Para jemaah dapat beristirahat di kamar kapsul dengan waktu maksimal 3 jam dan akan diberikan kartu akses atau cardlock seperti hotel pada umumnya untuk dapat mengakses pintu kamar. Kini zaman telah berubah, teknologi penginapan kapsul menjadi solusi tempat menginap yang praktis namun tetap terasa nyaman!

7. Hotel Kapsul Bertarif Mulai 100 Ribu-an per Malam Hadir di Berbagai Kota di Indonesia!

Dengan segala pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan penginapan berkonsep kapsul, penginapan ini ditarif dengan harga yang terjangkau! Bobobox adalah salah satu penginapan berkonsep kapsul yang hadir di beberapa kota di Indonesia. Bobobox menawarkan setiap pengunjungnya pengalaman menginap yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Selain harganya yang murah Bobobox pun sering memberikan promo-promo menarik yang bisa kamu gunakan saat akan menginap di sana dengan hanya mengunduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

You might also like
Comments
Loading...