Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Dengan Street Art? 7 Destinasi Ini Mungkin Menjadi Surga Dunia Bagimu!

Bukan sekadar coretan biasa

Meskipun identik dengan karya-karya seperti lukisan dan ukiran yang dipamerkan dalam galeri atau museum, seni juga bisa kamu jumpai di jalanan berupa coretan-coretan di dinding seperti graffiti dan mural.

Coretan di dinding sendiri kerap dikaitkan dengan aksi vandalisme dan mendapat respon negatif dari masyarakat karena terkesan merusak, kotor serta mengandung kata-kata kasar dan vulgar. Namun, selain coretan-coretan asal tersebut, kamu juga mungkin pernah menjumpai coretan dinding yang indah, unik dan mengandung pesan tertentu.

Berbeda dengan aksi vandalisme yang merusak, kehadiran graffiti dan mural tersebut justru membuat suasana jadi lebih berwarna. Kegiatan ini sendiri akrab disebut street art atau kesenian jalanan. Saking indah dan menariknya, tidak sedikit yang menjadikan lokasi street art sebagai destinasi yang wajib dan layak dikunjungi. Sejumlah negara bahkan memiliki destinasi street art terbaik di dunia dan berikut ini adalah tujuh di antaranya.

Berlin

@bnw_bln via Instagram

Sarat akan nilai sejarah serta penderitaan yang dialami warganya, budaya street art di Berlin sudah dimulai sekitar tahun 1980-an. Hal ini kemudian semakin booming pasca runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 sehingga menghasilkan ratusan mural sarat makna.

Seluruh sudut kota Berlin pun kini dipenuhi oleh gambar dan warna-warni menakjubkan hasil karya seniman urban lokal maupun internasional. Tidak heran bukan jika Berlin menjadi salah satu destinasi street art terbaik di dunia. Meksi begitu, karya seni tersebut jarang bertahan lama karena akan ditimpa oleh gambar baru atau dibersihkan kembali oleh lembaga atau perusahaan pemiliki bangunan yang digambari.

Jika tertarik untuk menikmati jenis seni ini di Berlin, maka Galeri Sisi Timur atau East Side Galery wajib banget masuk daftar kunjungan. Galeri ini merupakan bagian dari sisa Tembok Berlin lama sepanjang 1,3 kilometer dan berisikan berbagai lukisan dinding yang penuh dengan pesan perdamaian.

Lisbon

@veniciofotos via Instagram

Destinasi street art terbaik di dunia selanjutnya bisa kamu jumpai di Lisbon, Portugal. Di tempat ini, keindahan Lisbon yang khas dengan perbukitan dan jalanan cobblestonenya dibuat semakin meriah dengan kehadiran street art yang menghiasi dinding bangunan hingga tempat sampah. Lisbon sendiri memang memiliki banyak bangunan dan pabrik terbengkalai yang sebagian diubah menjadi galeri seni atau kelab malam kumuh.

Sementara itu, bangunan-bangunan yang tetap terbengkalai dan ditinggalkan kemudian dihiasi dengan berbagai macam street art yang membawa warna baru pada dinding-dinding usang Lisbon. Lisbon pun seolah bertransformasi menjadi museum seni terbuka dengan karya-karyanya yang memukau dan sarat makna.

Nah, jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Lisbon, kamu bisa mengikuti tur dengan didampingi pemandu wisata yang siap membawa kamu menikmati indahnya street art Lisbon beserta cerita di baliknya.

Sao Paulo

@streetartpedia via Instagram

Di antara padatnya hutan beton Sao Paulo, tersimpan karya seni memukau yang tercermin pada sejumlah dinding, jalanan serta gang yang dialihfungsikan menjadi kanvas oleh para seniman urban. Salah satu yang cukup populer adalah Vila Madalena, kawasan hits bernuansa bohemian yang dipenuhi dengan banyak restoran, bar, hostel dan tentunya mural yang berlimpah. Kamu bisa melakukan tur di sekitar area tersebut dan mempelajari sejarah serta cerita-cerita di balik karya para seniman tersebut.

Spot terkenal lainnya yang tidak boleh dilewatkan dari destinasi street art terbaik di dunia ini adalah Cambuci, tempat kelahiran dua seniman jalanan ternama Brazil, yakni Gustavo dan Otavio Pandolfi. Selain itu, ada juga Batman Alley atau Beco do Batman, yakni sebuah gang memanjang yang dipadati dengan gambar-gambar dengan warna mencolok dan kerap dijadikan lokasi acara-acara seperti pesta jalanan dan performa musik.

Taipei

@coolidge.street via Instagram

Dari kawasan Asia, destinasi street art terbaik di dunia bisa kamu jumpai di Taipei, Taiwan. Street art di Taipei mungkin tidak sebanyak destinasi-destinasi sebelumnya. Karena itu, kamu perlu bereksplorasi untuk menemukan sendiri hidden gem di kawasan Taipei.

Salah satu kawasan yang cukup populer adalah kawasan Ximending yang merupakan pusat budaya anak-anak muda sekaligus pusat perbelanjaan dan makanan. Di kawasan ini, kamu bisa menjumpai mural karya seniman ternama Thailand, Alex Face, yang identik dengan gambar anak kecil berbaju kelinci dan memiliki mata ketiga.

Selain Ximending, kamu juga bisa meluncur ke Treasure Hill yang terkenal sebagai desa kreatif para seniman dan penulis. Di sini pun kamu lagi-lagi akan menjumpai mural anak kecil khas Alex  Face. Sementara itu, di kaki bukit, kamu akan dihadapkan dengan area berbalut graffiti yang cukup menarik.

Melbourne

@streetartninja via Instagram

Melbourne merupakan salah satu destinasi street art terbaik di dunia yang karya-karyanya didukung oleh pemerintah lewat graffiti management plan. Mereka akan mengawasi seni jalanan tersebut, mengkaji aplikasi seniman baru berbakat lalu memberikan perintah untuk pembuatan baru . Karena itu, di Melbourne ini kamu akan selalu menjumpai street art baru sehingga pilihan lokasi street artnya pun cukup beragam.

Beberapa lokasi hits yang perlu kamu kunjungi di antaranya adalah Centre Place, Union Lane, Hosier Lane, AC/DC Lane, Keith Haring Mural, Caledonian Lane, Croft Alley, Duckboard Place, Rankins Lane, Everfresh Fitzroy mural, Stevenson Lane, dan Rutledge Lane.

Roma

@carlos__atoche via Instagram

Roma, Italia kini mulai dikenal sebagai salah satu destinasi street art terbaik di dunia karena reputasinya yang mulai menanjak akibat ‘tangan nakal’ para seniman Italia sekaligus mancannegara. Tidak seperti peninggalan zaman Romawi yang berada di pusat, sebagian besar seni jalanan di Roma biasanya akan kamu temui pada bangunan-bangunan kontemporer seperti apartemen di pinggiran kota dan cukup jauh dari pusat.

Bangunan-bangunan yang biasanya tidak dilirik ini pun bisa menjadi pusat perhatian dengan adanya mural-mural indah yang melekat pada dinding-dindingnya. Beberapa lokasi untuk menikmati keindahan mural ini di antaranya adalah Pigneto, Ostiense, Garbatella dan Tor Mariencia (lokasi street art paling menarik untuk saat ini). Karena terletak di pinggiran kota, kamu mungkin tidak akan menemukannya dalam itinerary-itinerary umum untuk kunjungan ke Roma.

Valparaiso

@streetartpedia via Instagram

Di Valparaiso, Chile, street art sifatnya legal. Kamu bahkan bisa menjumpainya di hampir setiap sudut kota tersebut baik di dinding, tangga, pintu bahkan bus. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang menganggap Valparaiso sebagai salah satu destinasi street art terbaik di dunia.

Di Valpo, sebutan Valparaiso oleh warga setempat, street art digunakan sebagai bentuk ekspresi politik dan sosial. Karena sifatnya legal, tidak jarang pemerintah setempat secara resmi meminta pembuatan sejumlah mural di sekitar kota tersebut. Akibatnya, orang-orang dari seluruh dunia pun tertarik berkunjung hanya untuk menikmati street art di sana.

Mulai kangen liburan tapi masih takut pergi jauh-jauh? Staycation di Bobobox bisa menjadi pilihan. Tempatnya nyaman, fasilitasnya canggih, harga terjangkau, pelayanan ramah dan kebersihan serta keamanan sangat terjaga. Hotelnya pun bisa kamu temukan di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Sudah siap untuk booking? Unduh dulu aplikasinya di Play Store atau App Store dan dapatkan informasi serta promo-promo terbaru Bobobox!

You might also like