Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara Mengurangi Nyeri Menstruasi yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Yuk pelajari 7 cara mengurangi nyeri menstruasi berikut ini!

Mengurangi nyeri menstruasi secara alami merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah saat kamu mengalami nyeri karena menstruasi secara tiba-tiba. Umumnya nyeri karena menstruasi ini dialami para wanita saat hari pertama menstruasi atau PMS (Premenstrual Syndrome). Tak semua orang mengalami menstruasi yang diiringi dengan rasa nyeri maupun keram pada bagian perut. Namun jika kamu mengalaminya kamu tak perlu khawatir karena hal ini normal.

Nyeri karena mentsruasi ini dikarenakan terjadinya kontraksi pada bagian otot dinding rahim yang terjadi semakin kencang. Hal ini terjadi karena adanya proses pengguguran pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim yang kemudian  menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri karena menstruasi ini juga dapat dipicu karena adanya pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh yang membuat pergerakan kontraksi pada rahim semakin kuat.

Pengeluaran zat kimia prostaglandin ini juga dapat menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti kram perut, mual, diare, lemas, dan sakit kepala. Hal inilah yang membuat banyak wanita mengalami kesulitan untuk melakukan pekerjaan dan akivitasnya saat nyeri menstruasi timbul. Selain mencari pertolongan secara medis faktanya terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa nyeri karena menstruasi seperti berikut ini.

1. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Kompres Air Hangat

Cara mengurangi nyeri menstruasi yang pertama adalah dengan mengompres perut bagian bawah dengan menggunakan air hangat. Cara mengurangi nyeri menstruasi ini umum dilakukan banyak wanita yang mengalami keram pada bagian perut karena dapat membuat otot di sekitar abdomen lebih relaks. Saat otot pada bagian perut rileks maka dapat mengurangi nyeri menstruasi yang tak tertahankan.

Kamu dapat mengompres bagian perut menggunakan handuk hangat yang ataupun botol yang telah diisi oleh air hangat. Gunakan handuk kecil yang telah direndam air hangat lalu peras handuk dan tempelkan di bagian perut bagian bawah. Penggunaan botol air hangat dinilai praktis bagi kamu yang sedang bepergian.

2. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Minum Air Hangat

Cara mengurangi nyeri menstruasi selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan minum harian kamu. Penting bagi kamu untuk selalu memastikan tubuh kamu senantiasa dalam kondisi terhidrasi. Saat seseorang sedang mengalami menstruasi maka tubuhnya akan lebih banyak mengeluarkan cairan dibandingkan biasanya. Oleh karena itu penting bagi mereka untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi cukup air putih. Rasa hangat pada air minum yang kamu konsumsi pun akan membua bagian perut terasa lebih nyaman.

3. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Jaga Pola Makan Teratur

Faktanya menjaga pola makan secara tertaur membeikan kontribusi yang cukup besar terhada upaya mengurangi nyeri menstruasi. Umumnya banyak wanita yang merasa napsu makannya menurun saat mengalami menstruasi. Saat mereka memutuskan untuk tidak makan maka hal ini justru hanya akan memperparah kondisi kesehatan dan nyeri menstruasi. Usahakan untuk selalu menjaga pola makan teratur. Kamu bisa mengurangi porsi makan kamu namun memperbanyak frekuensi makan.

4. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Konsumsi Asupan Bergizi

Selain menjaga pola makan secara tertaur, penting juga bagi kamu untuk memastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat seperti buah dan sayur maka kondisi tubuh kamu akan menjadi lebih prima dan dapat mengurangi nyeri menstruasi. Jika kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat selama menstruasi maka hal ini dapat memperburuk kondisi nyeri yang kamu alami.

Tak hanya saat menstruasi, umumnya kamu pun harus mencoba untuk menghindari asupan makanan yang mengandung lemak tinggi. Selain makanan berlemak penting juga untuk menghindari makanan yang mengandung banyak MSG dan bahan pengawet lainnya. Hindari juga makanan yang mengandung gula tinggi, soda, alkohol, dan minuman berkafein seperti kopi.

5. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Lakukan Olahraga Ringan

Saat mengalami nyeri karena menstruasi banyak orang menganggap cukup dengan beristirahat maka akan mengurangi rasa nyeri pada bagian perut. Faktanya mereka yang mengalami nyeri dapat mengurangi nyeri menstruasi dengan memperbanyak aktivitas fisik atau sekedar melakukan beberapa gerakan olahraga ringan. Gerakan ini kemudian akan membatu memperlancar peredaran darah yang baik untuk tubuh.

6. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Minum Jamu Kunyit Asam

Sejak dahulu nenek moyang kita banyak memanfaatkan rempah-rempah yang diramu menjadi jamu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jamu pun sejak lama dimanfaatkan dan dikonsumsi para wanita untuk melancarkan dan mengurangi nyeri menstruasi. Salah satu jamu yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi nyeri menstruasi adalah jamu kunyit asam.

Jamu kunyit asam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya adalah dengan membantu melancarkan siklus menstruasi. Setiap bulan beberapa wanita sering kali merasa nyeri dan keram yang muncul selama menstruasi dan jamu kunyit asam ini mampu meredakannya. Kamu pun dapat membuatnya sendiri di rumah cukup dengan menyiapkan daun dewa, kunyit, dan air yang direbus secara bersamaan.

Setelah ramuan mendidih, saring jamu dan konsumsi jamu dalam keadaan hangat. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur minimal dua kali per hari. Selain memberikan dampak positif terhadap kesehatan, mengonsumsi jamu pun merupakan sebuah upaya melestarikan budaya dan warisan bangsa dari para leluhur kita. Kamu tak perlu ragu dan takut untuk mengonsumsi jamu karena Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pun mendukung masyarakat untuk mengonsumsi jamu.

mengurangi nyeri menstruasi

7. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara mengurangi nyeri menstruasi yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri jika rasa nyeri memang tidak tertahankan. Namun perlu diingat untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan tanpa anjuran dokter. Penting bagi kamu untuk melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar mendapatkan penanganan dan anjuran obat yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan dan tingkat keparahan nyeri yang kamu alami.

Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Istirahat Cukup

Selain penggunaan bahan alami, kesehatan tubuh juga dapat diperoleh jika kamu tidur yang cukup dan berkualitas. Jika belakangan ini kamu merasa jenuh dengan suasana kamar sehingga tidur kamu terganggu, kamu bisa melarikan diri sebentar ke Bobobox.

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan akomodasi nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas berbasis teknologi sehingga semuanya terasa mudah dan simple saat kamu berada di Bobobox. Ada QR code untuk akses kamar jadi kamu tidak perlu repot meminta dan membawa kunci. Selain itu, Bobobox juga punya Wi-Fi kencang yang bisa kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya, dijamin gak bosen deh!

Untuk membuat kamu lebih nyaman lagi, kamu bisa menggunakan fitur Bluetooth speaker di dalam kamar agar kamu bisa mendengarkan lagu-lagu favorit kamu. Manfaatkan juga fitur moodlamp agar pencahayaan dalam kamar terasa nyaman untuk aktivitas dan tidur kamu. Gak akan menyesal deh kalau menginap di Bobobox! Yuk buruan unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store dan pilih kamar yang kamu mau.

You might also like