Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Buah-Buahan Untuk Berbuka Puasa Selain Kurma

Berbuka puasa dengan yang manis terutama buah-buahan memang dianjurkan. Simak 7 jenis buah-buahan yang bisa jadi pilihan berbuka puasa selain kurma.

Bulan puasa tahun ini memang agak berbeda. Sejak wabah COVID-19 merebak, Bulan Ramadan yang selalu identik dengan ibadah bersama, kini setiap orang terpaksa harus beribadah secara mandiri di rumah masing-masing.

Selain ibadah mandiri, satu kebiasaan yang turut hilang di bulan puasa selama wabah COVID-19 adalah bukber alias buka bareng. Siapa nih yang sudah kangen untuk berbuka puasa bersama sekaligus reunian dengan teman-teman lama?

Nah, karena imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing, mau tidak mau kamu pun harus mengikuti peraturan yang ada. Kegiatan berkumpul bersama seperti acara bukber harus ditunda dulu ya.

Berbuka puasa di rumah ternyata memiliki banyak sisi positif loh. Kamu bisa memilih dan memasak menu apapun yang kamu suka. Kamu juga bisa mengatur kandungan gizi dari makananmu. Tentu saja makanan yang sehat sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu selama berpuasa di tengah wabah COVID-19 ini.

Asupan buah-buahan pun tidak boleh ketinggalan. Selain buah kurma yang dikenal sebagai buah yang wajib ada selama bulan puasa, ternyata ada banyak buah-buahan lain yang sangat bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

Pisang

berbuka puasa

Khasiat buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Buah pisang memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Maka dari itu, buah pisang sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Vitamin, serat dan antioksidan yang dikandung buah pisang sangat menyehatkan. Salah satu zat yang dikandung oleh pisang adalah potassium. Potassium memiliki banyak sekali manfaat seperti menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu kerja fungsi syaraf tubuh, dan mencegah stroke dan penyakit jantung.

Pisang juga sangat bagus untuk pencernaan dan terkenal bisa mengurangi berat badan. Maka dari itu, berbuka puasa dengan pisang merupakan pilihan yang paling tepat.

Melon

Siapa sih yang tidak tergoda dengan segarnya buah melon untuk berbuka puasa? Buah melon hampir selalu menjadi buah favorit semua orang. Selain karena rasanya yang manis, buah melon juga memiliki kandungan air yang cukup banyak untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Alasan melon sangat pas untuk disantap saat berbuka puasa adalah karena buah ini mengandung banyak serat namun rendah kalori. Melon juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Tidak heran jika melon dipercaya bisa mencegah diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Melon juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Salah satu contohnya adalah es melon selasih. Wih, segar dan manis siapa yang mau coba buah melon untuk menu berbuka puasa?

Alpukat

berbuka puasa

Satu lagi buah yang memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak. Ya, buah alpukat mengandung vitamin E, C, dan K serta potassium yang juga terkandung dalam buah pisang. Buah alpukat ini juga sangat pas untuk mengganjal perut yang lapar seharian saat berbuka puasa.

Berbagai olahan alpukat seperti jus alpukat atau smoothies memang sudah paling pas untuk berbuka puasa. Tahukah kamu, khasiat buah alpukat juga banyak sekali loh. Buah alpukat dipercaya bisa mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, bahkan mencegah depresi.

Jadi, sudahkah kamu memutuskan mau mengolah buah alpukat menjadi apa untuk menu berbuka puasa nanti?

Markisa

Mungkin tidak banyak orang yang memilih buah yang satu ini menjadi menu berbuka puasa. Padahal buah markisa tidak hanya manis dan segar namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan serat buah markisa yang tinggi sangat bagus untuk proses pencernaanmu loh. Selain itu, markisa juga mengandung antioksidan dan vitamin C dan A yang tinggi yang bagus untuk daya tahan tubuhmu.

Buah markisa juga memiliki kandungan riboflavin atau vitamin B2 yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, mencegah migrain dan anemia dan sangat bagus untuk kesehatan kulitmu. Untuk kamu yang sedang melakukan perawatan kulit, mengonsumsi buah markisa saat berbuka puasa adalah langkah yang paling tepat.

Tunggu apa lagi, masukkan buah markisa ke dalam daftar menu buka puasamu hari ini.

Semangka

berbuka puasa

Siapa yang tidak suka buah yang satu ini untuk berbuka puasa? Buah semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak yang sangat segar untuk berbuka puasa. Selain memberi kesegaran, buah semangka juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang pasti tidak ingin kamu lewatkan.

Buah semangka memiliki kandungan likopen atau pigmen yang membuat buah ini jadi berwarna merah. Likopen juga dapat ditemukan di buah tomat dan pepaya. Ternyata likopen ini tidak hanya berfungsi sebagai pewarna buah saja loh, namun juga memiliki manfaat yang banyak sekali.

Likopen berkhasiat untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan otak, menguatkan tulang, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Itu baru manfaat dari likopen saja, belum lagi berbagai kandungan vitamin dalam buah semangka seperti vitamin A, C, dan B6 yang tentu saja baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.

Buah semangka yang segar dan kaya akan manfaat sangat cocok untuk jadi pilihan menu berbuka puasa.

Jeruk

berbuka puasa

Kalau buah yang satu ini pasti semua orang sudah tahu manfaatnya. Buah jeruk juga termasuk mudah untuk ditemukan dimana-mana. Apakah kamu pergi berbelanja ke pasar atau supermarket, kamu sudah pasti akan menemukan buah jeruk.

Ternyata buah jeruk juga bagus untuk berbuka loh. Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah jeruk akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak akan mudah sakit. Buah jeruk juga kaya akan asam folat.

Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan janin di dalam rahim. Nah, sudah tidak ragu lagi kan dengan manfaat buah jeruk untuk berbuka puasa?

Pepaya

Buah yang terakhir yang paling pas sebagai menu berbuka puasa adalah buah pepaya. Buah pepaya memang sangat manjur untuk melancarkan pencernaan selama berpuasa. Namun selain melancarkan pencernaan, buah pepaya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah peradangan loh.

Kandungan vitamin C, vitamin A dan asam folat di buah pepaya sangat bagus untuk kesehatanmu selama berpuasa. Maka dari itu, memilih pepaya sebagai buah untuk berbuka bisa dibilang pilihan yang paling tepat.

Menjalankan Puasa di Bobobox? Mengapa Tidak

berbuka puasa

Meskipun menjalankan puasa di tahun ini agak berbeda dari biasanya, kamu tidak perlu sedih. Kamu masih bisa menikmati berbuka puasa dengan suasana baru di Bobobox. Bobobox adalah hotel kapsul yang sudah di desain senyaman mungkin untuk kamu staycation.

Pods Bobobox menjamin kenyamanan ala hotel bintang lima dengan kapasitas pods yang bisa untuk dua orang. Bobobox juga sudah menerapkan standar kebersihan selama wabah COVID-19 sesuai dengan standar-standar di rumah sakit. Bobobox telah berkomitmen untuk turut bekerja sama mencegah penyebaran COVID-19.

Sebelum kamu check-in, suhu tubuhmu akan dicek terlebih dahulu. Bobobox juga sudah menyediakan hand sanitizer yang bisa digunakan bersama. Bagaimana? Sudah mantap untuk menginap di Bobobox? Jangan ragu dan terus cek info tentang Bobobox disini.

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.