Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Bahaya Kurang Tidur; Salah Satunya Dapat Memicu Risiko Kanker

Tidur cukup perlu kamu penuhi untuk menghindarkan kamu dari bahaya kurang tidur.

Bahaya kurang tidur akan mengintai kamu saat kamu tidak memperhatikan seberapa lama waktu yang kamu gunakan untuk tidur. Durasi tidur yang seharusnya kamu penuhi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah 7 hingga 8 jam.

Lalu apa saja bahaya kurang tidur yang akan terjadi pada tubuh kamu? Berikut adalah 7 bahaya kurang tidur yang akan menurunkan fungsi tubuh kamu.

sleep deprivation infographic

1. Mudah Sakit

Bahaya kurang tidur yang pertama akan Bob bahas adalah daya tahan tubuh menurun. Penelitian mengungkapkan kurang tidur dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Saat kamu tidur cukup maka sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan protein bernama cytokines yang berguna untuk melawan infeksi atau peradangan

2. Kesehatan Jantung Menurun

Kurang tidur itu berbahaya namun bukan berarti tidur berlebihan itu baik. Keduanya sama-sama memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung dilansir dari penelitian European Heart Journal.

Bahaya kurang tidur salah satunya juga mampu meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Pastikan tidur yang cukup ya!

3. Berat Badan Naik

Makan sudah secukupnya dan olahraga pun tetap jalan tapi berat badan kok malah meningkat? Mungkin kebiasan kamu begadang adalah biang keladinya! Sebuah riset mengungkapkan kaitan antara tidur dan berat badan yang melibatkan 21.469 orang berumur di atas 20 tahun.

Riset tersebut memaparkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam per malam cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan yang bahkan dapat mengarah ke obesitas.

4. Sulit Fokus, Berpikir, dan Mudah Lupa

bahaya kurang tidur

Diungkapkan oleh National Sleep Foundation bahwa salah satu bahaya kurang tidur adalah tiga kali lebih rentan mengalami kecelakaan kendaraan bermotor. Hal ini di karenakan otak akan menjadi sulit berpikir dan berkonsentrasi saat menyetir dalam kondisi lelah.

Selain itu bahaya kurang tidur dapat membuat kamu menjadi mudah lupa dan sulit mengingat sesuatu. Masih muda kok pelupa sih? Yuk cukupi kebutuhan tidur kamu agar tubuh tetap sehat!

5. Membuat Kulit Keriput

Sebuah penelitian yang terdiri dari sekelompok orang berumur antara 30 sampai 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur untuk melihat kondisi kulit mereka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahaya kurang tidur seperti menyebabkan kulit keriput, garis halus, kendor, dan warna kulit yang tidak merata.

6. Risiko Diabetes Meningkat

Tidak hanya berat badan yang meningkat bahaya kurang tidur lainnya adalah meningkatnya risiko diabetes. Penelitian mengungkapkan tidur cukup selama 7 sampai 8 jam adalah waktu yang tepat.

Jika kamu tidur cukup maka kamu dapat terhindar dari masalah insulin yang mengarah ke diabetes. Ingat untuk tidur secukupnya. Tidak kurang dan tidak lebih!

7. Salah Satu Bahaya Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Risiko Kanker

Bahaya kurang tidur selanjutnya yang diungkapkan sebuah penelitian adalah dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Michigan State University mengungkapkan bahwa melatonin, hormon yang diproduksi otak untuk tidur dapat menekan pertumbuhan tumor.

Saat kamu kurang tidur maka tubuh akan mengurangi jumlah melatonin di dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan tubuh akan lebih mudah terkena kanker payudara dan kanker prostat. 

Bobobox Indonesia

Jika kamu kurang tidur karena insomnia kamu bisa coba mendengarkan whitenoise agar cepat tidur. Pastikan kualitas tidur kamu meningkat dengan beristirahat di tempat tidur yang nyaman senyaman menginap di Bobobox!

Agar tidak ketinggalan informasi menarik mengenai promo-promo yang bisa kamu gunakan di Bobobox, ayo segara unduh aplikasi Bobobox sekarang!

You might also like
Comments
Loading...