Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Say Goodbye to Rambut Rusak dengan 7 Bahan Alami Berikut!

Rawat rambut dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu jumpai dengan mudah

Rambut merupakan salah satu bagian penting pada tubuh yang dapat menunjang penampilan terutama bagi kaum hawa. Karenanya, memiliki rambut rusak seperti rambut tipis, rontok, kusam, patah, kasar, bercabang dan sebagainya merupakan sebuah mimpi buruk.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tentu memerlukan usaha lebih karena rambut sehat dan indah tidak bisa kamu dapatkan hanya dalam satu kedipan mata saja. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dan masukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut agar rambut indah dan sehat segera ada dalam genggaman kamu. Salah satunya adalah mengatasi rambut rusak dengan bahan alami. Apa saja bahan-bahan alami tersebut? Simak tujuh di antaranya berikut ini!

Minyak Zaitun

@robertina via Unsplash

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut. Minyak zaitun sendiri bisa bertindak sebagai emollient yang cukup kuat sehingga mengatasi rambut rusak dengan bahan alami ini akan memberikan efek halus dan bersinar pada rambut. Cocok banget buat kamu yang memiliki masalah rambut kusam dan kering.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat dengan mudah menembus batang rambut untuk membantu mempertahankan kelembapannya. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam minyak zaitun juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, mengatasi kerusakan, serta menebalkan rambut.

Pengaplikasiaannya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menghangatkan minyak zaitun. Gunakan extra virgin oil dan jangan sampai minyak terlalu panas dan mendidih. Setelah itu, oleskan pada rambut dan diamkan sekitar 30-45 menit. Kamu bisa menutupi rambut kamu dengan shower cap atau handuk agar kehangatan minyak tetap melingkupi rambut. Lalu, keramaslah seperti biasa dan jangan sampai ada minyak yang tersisa.

Minyak Kelapa

@izgubljenausvemiru via Unsplash

Selain minyak zaitun, mengatasi rambut rusak dengan bahan alami juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa terkenal mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Selain itu, kandungan trigliserida rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat menembus batang rambut sehingga membantu pertumbuhan rambut serta melindungi kutikula rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh pembasahan serta pengeringan rambut.

Melansir Insider, membasahi rambut terus menerus dapat membuat batang atau pangkal rambut membengkak dan hal tersebut akan membuat rambut kehilangan kelembapan saat rambut mengering. Nah, di sinilah minyak rambut berperan agar rambut tidak terlalu menyerap banyak air. Kamu bisa  mengoleskan minyak kelapa pada rambut basah. Tutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat agar hasil lebih efektif selama sekitar 20-30 menit. Lanjutkan dengan berkeramas menggunakan sampo dan pastikan tidak ada minyak yang tertinggal pada rambut ataupun kulit kepala.

Alpukat

@d_ribbler via Unsplash

Cara mengatasi rambut rusak dengan bahan alami berikutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan alpukat. Dalam hal ini, kamu bisa memilih untuk menggunakan buahnya langsung ataupun produk yang sudah berupa minyak alpukat.

Alpukat sendiri memang memiliki kandungan mineral, lemak baik, vitamin E dan protein yang baik untuk menjaga rambut tetap sehat. selain itu, minyak alpukat juga bersifat sebagai emollient alami yang dapat membantu menghaluskan rambut kamu. Lebih detailnya, minyak tersebut dapat membantu menghidrasi batang rambut dan mencegah terjadinya kerusakan akibat heat styling. Selain itu, kandungan antioksidannya juga akan melindungi rambut dari polusi serta mengurangi risiko rambut patah.

Jika ingin menggunakan buah alpukat, kamu bisa membuat pasta dari daging alpukat dan satu buah telur. Aplikasikan pasta tersebut pada rambut basah dan biarkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan seminggu sekali untuk rambut rusak dan sebulan sekali untuk rambut sehat.

Teh

@navisky via Unsplash

Teh mungkin sudah sering kamu konsumsi untuk menemani camilan, meredakan rasa mual, atau meredakan rasa sakit di tenggorokan. Namun, selain untuk hal-hal tersebut, teh juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut rusak dengan bahan alami.

Kamu bisa mencoba menggunakan baik teh hijau ataupun teh hitam. Teh hijau dikenal memiliki katekin yang mengandung 5-alpha-reductase. Kandungan tersebut akan membantu menghalau DHT (dihydrotestosterone), salah satu yang menjadi penyebab utama kerontokan.

Sementara itu, teh hitam dipercaya dapat memberikan efek berkilau pada rambut terutama bagi pemiliki rambut gelap. Untuk rambut terang, teh hitam bisa diganti dengan teh chamomile. Untuk pengaplikasiaanna, kamu bisa menyeduh teh yang kamu mau, tapi jangan pakai gula ya. Nah, seduhan teh tersebut nantinya kamu gunakan sebagai siraman terakhir dalam berkeramas.

Lidah Buaya

@charlesdeluvio via Unsplash

Mengatasi rambut rusak dengan bahan alami lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk rambut, namun juga kulit kepala. Penggunaan lidah buaya sendiri dapat membantu agar rambut tetap terhidrasi sehingga menghasilkan rambut yang lebih lembut. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu melawan ketombe, merangsang pertumbuhan rambut, serta mengurangi kelebihan minyak pada folikel rambut.

Lalu, bagaimana cara penggunaannya? Kamu bisa menggunakan satu batang lidah buaya kemudian belah jadi dua. Pastikan kamu menghilangkan getah berbahaya (berwarna kekuningan) dari bahan alami tersebut. Pisahkan daging dari kulitnya lalu potong-potong. Setelah itu, gunakan blender untuk menghaluskan daging lidah buaya agar lebih mudah mengaplikasikannya secara maksimal ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Kamu bisa menutup kepala dengan shower cap atau handuk dan diamkan selama sekitar 30 menit. Selanjutnya, bilas rambut kamu dengan air bersih.

Madu

@artrachen via Unsplash

Mengatasi rambut rusak dengan bahan alami juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan madu. Bahan alami satu ini memiliki segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan apalagi untuk menjaga kesehatan rambut. Madu ini menghasilkan emollient serta humektan serta memberikan efek menenangkan pada rambut dan membantu mempertahankan kelembapan. Dengan begitu, madu dapat mencegah rambut patah.

Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan yang bisa digunakan untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Misal, kamu terlalu sering berada di bawah sinar matahari dan terpapar polutan dari lingkungan sekitar. Penggunaannya sendiri cukup mudah, tinggal oleskan saja madu pada rambut dan biarkan selama beberapa menit. Lalu, bilas rambut dengan air bersih.

Pisang

@dorner via Unsplash

Pisang merupakan buah yang kaya akan potasium dan memiliki kadar air yang cukup tinggi. Karenanya, buah satu ini tepat banget kamu gunakan untuk mengatasi rambut rusak dengan bahan alami terutama jika rambut kamu termasuk kering.

Dengan kandungannya tersebut, pisang dapat digunakan untuk mencegah rambut bercabang, menghaluskan rambut serta meningkatkan elastisitasnya. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu bisa menghaluskan daging pisang dan mengoleskannya secara merata pada rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama sekitar satu jam lalu basuh dengan air suam-suam kuku.

Bosan di rumah tapi malas kalau harus liburan jauh-jauh? Cobain staycation di Bobobox yuk! Selain menawarkan tempat yang nyaman serta harga terjangkau, hotel kapsul satu ini juga Instagrammable banget. Cocok deh buat memamerkan rambut indah kamu.

Desainnya yang minimalis bisa kamu jadikan latar untuk berfoto bahkan di dalam kamar mandi sekalipun. Berfoto di dalam pod pun tak jadi masalah. Dengan bantuan efek moodlamp, kamu bisa menyulap suasana kamar menjadi semakin asyik. Pilih saja warna cahaya lampu yang kamu mau mulai dari warna putih, biru, kuning, hijau, merah muda, hingga ungu, semuanya ada. Lalu siapkan pose terbaik kamu.

Selain itu, hotel berlogo koala ini juga ditunjang dengan fasilitas berbasis teknologi sehingga pengalaman menginap kamu akan terasa nyaman dan mudah. Cabangnya pun sudah banyak bertebaran terutama di kota Bandung dan Jakarta. Selain di dua kota tersebut, kamu juga bisa menjumpai Bobobox di Tangerang, Yogyakarta, Semarang dan Solo dengan lokasi yang cukup strategis.

Yuk unduh dulu aplikasinya biar mudah untuk booking hingga check-in dan check-out. Kamu juga akan dapat update terbaru tentang promo-promo Bobobox.

You might also like