Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman

Ada aplikasi yang bisa tracing juga, lho.

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang merasa was-was untuk jalan-jalan ke luar kota. Namun, kamu tak perlu khawatir lagi karena ada sejumlah aplikasi yang bisa sangat membantumu untuk berwisata di tengah pandemi.

Sejumlah aplikasi wisata pandemi ini tentu saja menawarkan beragam kemudahan. Kamu bisa mengakses panduan perjalanan, hingga rekomendasi event yang sedang berlangsung. Bahkan, ada juga lho aplikasi yang berguna untuk tracing jika terjadi kasus wisatawan yang positif COVID-19.

Nah, apa saja aplikasi tersebut? Yuk, unduh 7 aplikasi wisata pandemi COVID-19 berikut untuk kamu yang hendak berwisata ke luar kota. Dijamin worth it deh, karena kamu bisa dengan mudah mengaksesnya di smartphone-mu.

1. eHAC Indonesia

eHAC Indonesia menjadi aplikasi wisata pandemi COVID-19 yang wajib kamu unduh ketika hendak bepergian menggunakan pesawat atau kapal laut. Tujuannya adalah untuk memudahkan tracing jika terjadi kasus positif COVID-19.

eHAC (Electronic Health Alert Card) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan merupakan aplikasi pendataan kesehatan yang diluncurkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sejak pandemi COVID-19 melanda, eHAC Indonesia menjadi dokumen wajib bahkan untuk perjalanan domestik.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store atau AppStore. Cara mengisinya juga cukup mudah, yakni hanya melengkapi data diri dan mengisi riwayat kesehatan. Data tersebut akan disimpan dalam QR code, yang kemudian akan dipindai oleh petugas bandara atau pelabuhan saat kamu tiba di kota tujuan.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
via inahac.kemkes.go.id

2. PeduliLindungi

PeduliLindungi merupakan aplikasi wisata pandemi COVID-19 yang juga akan kamu butuhkan ketika akan berlibur ke luar kota. Aplikasi ini diluncurkan sebagai upaya untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam menghentikan penyebaran COVID-19.

PeduliLindungi mengandalkan partisipasi penggunanya untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian. Dengan menggunakan perangkat Bluetooth, aplikasi ini memungkinkan untuk tracing riwayat kontak dengan penderita COVID-19.

Bluetooth ini berfungsi untuk mengidentifikasi orang-orang yang pernah ada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19, PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Kamu juga akan tahu kamu sedang berada di zona merah, kuning, atau hijau lewat aplikasi ini.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
via play.google.com

3. Aplikasi Traveling dan Akomodasi

Aplikasi traveling dan akomodasi seperti Traveloka dan Agoda menjadi aplikasi yang tak pernah terlewatkan saat hendak berwisata. Nah, aplikasi tersebut juga menjadi aplikasi wisata pandemi COVID-19 yang bisa sangat bermanfaat.

Kamu pasti membutuhkan akomodasi yang memenuhi standar kesehatan agar kamu tetap merasa aman selama berwisata di luar kota. Aplikasi tersebut bisa sangat membantu karena menyediakan beragam pilihan hotel, penginapan, dan resort yang sudah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan.

Misalnya, di aplikasi Traveloka, kamu bisa memilih hotel atau penginapan dengan label ‘Clean Accomodation’, yang berarti sudah memenuhi standar kesehatan tertinggi sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
via traveloka.com

4. Aplikasi Konsultasi Kesehatan

Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas menjadi tempat yang sebisa mungkin dihindari saat pandemi COVID-19. Oleh karenanya, aplikasi konsultasi kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter menjadi aplikasi wisata pandemi yang wajib kamu unduh di smartphone-mu.

Aplikasi ini akan sangat memudahkanmu jika kamu memiliki masalah kesehatan saat sedang berlibur ke luar kota di masa pandemi. Kamu bisa berkonsultasi secara online dengan dokter umum atau dokter spesialis, tanpa harus datang langsung ke rumah sakit.

Tak hanya itu saja, aplikasi konsultasi kesehatan ini juga menyediakan beragam fitur, seperti mencari dokter terdekat saat dalam keadaan darurat. Kamu juga bisa mendapatkan resep dan membeli obat secara langsung lewat satu aplikasi saja.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
via halodoc.com

5. Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi transportasi online seperti Gojek atau Grab bisa menjadi aplikasi wisata pandemi COVID-19 yang bisa kamu andalkan. Kedua aplikasi hijau tersebut akan sangat berguna ketika kamu sedang traveling. Terlebih jika kamu bepergian ke luar kota di masa pandemi, tanpa menggunakan kendaraan pribadi.

Kamu tak perlu khawatir saat memesan layanan transportasi, karena para driver sudah dihimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Sebagai contoh, tersedianya hand sanitizer di setiap kendaraan, juga pemasangan sekat plastik antara kursi penumpang dan driver.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan lain seperti memesan makanan, mengirim barang, hingga berbelanja kebutuhan secara online. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir kontak secara langsung dengan orang lain.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
@edikurniawan via Unsplash

6. Jogja Pass & Visiting Jogja

Untuk kamu yang berencana berlibur ke Jogja, jangan lupa mengunduh aplikasi Jogja Pass dan Visiting Jogja ya. Kedua aplikasi wisata pandemi COVID-19 ini bisa menjadi panduan untuk berwisata aman dan nyaman selama kamu mengunjungi Kota Gudeg.

Jogja Pass berfungsi layaknya ‘paspor digital’ untuk masyarakat Jogja dan para wisatawan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan self-screening COVID-19. Penggunanya juga bisa mengecek peta sebaran mengenai tempat keramaian atau destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Sedangkan, Visiting Jogja menawarkan kemudahan untuk reservasi tiket masuk lokasi wisata secara online. Di samping itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur pelengkap wisata lainnya, seperti akomodasi, kuliner, oleh-oleh, bahkan informasi cuaca terkini di empat kabupaten dan satu kota di DIY.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
via cared-diy.jogjaprov.go.id

7. Love Bali

Sesuai dengan peraturan daerah yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15243 Tahun 2020, seluruh winus (wisatawan Nusantara) yang berkunjung ke Bali wajib mengunduh aplikasi Love Bali.

Mirip dengan Jogja Pass, aplikasi wisata pandemi ini juga berfungsi sebagai ‘paspor digital’ serta memudahkan para wisatawan yang sedang berlibur ke Pulau Dewata. Kamu bisa mendapatkan informasi berupa objek wisata hingga event-event yang sedang berlangsung di sana.

Namun, sebelum mengakses informasi tersebut, kamu diwajibkan untuk melengkapi data diri dan data perjalanan selama kamu berwisata di Bali. Data tersebut akan tersimpan di email dan bisa digunakan sebagai identitas perjalanan wisatamu ke Bali.

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Mengunduh 7 Aplikasi Wisata Pandemi COVID-19 Berikut Agar Wisatamu Tetap Aman
via play.google.com

Menginap aman dan nyaman? Di Bobobox saja!

Selain aplikasi wisata pandemi COVID-19 yang bisa kamu unduh di atas, ada juga penginapan yang bisa kamu andalkan saat berwisata, lho. Ya, menginap saja di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Di dalam podnya, kamu bisa mengatur warna lampu LED sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, ada pula white noise dan suara alam yang akan sangat membantumu untuk tidur nyenyak. Kamu juga bisa menghubungkan audio dalam pod dengan smartphone untuk mendengarkan lagu favoritmu.

Kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tak usah khawatir dengan kebersihannya, karena tim Bobobox selalu rutin melakukan pembersihan secara menyeluruh dan menyemprotkan disinfektan. Tunggu apa lagi, pesan kamar di aplikasi sekarang juga!

 

You might also like