via tribunnews.com

Uji Nyalimu Dengan Kunjungi Tempat-Tempat Angker di Bogor Berikut Ini!

Bagi pecinta horor, tempat angker menjadi salah satu tujuan favorit untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Bogor. Terkenal dengan julukan Kota Hujan dan suasananya yang sejuk, Bogor memang cocok menjadi destinasi wisata untuk melepas penat. Namun, siapa sangka tempat angker Bogor pun memiliki daya tarik serta cerita mistisnya tersendiri. Berikut ini adalah enam di antaranya. Keep scrolling, guys!

Gunung Salak

tempat angker bogor, gunung salak

@aggiw/Instagram

Desa-desus tentang Gunung Salak sebagai salah satu tempat angker Bogor sudah lama menjadi perbincangan. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya pendaki hilang dan meninggal saat tengah mendaki gunung ini. Melansir berbagai sumber, sejumlah korban meninggal akibat cuaca buruk, kekurangan bekal makanan hingga menghirup gas beracun di Kawah Ratu.

Warga setempat juga meyakini adanya penjaga gaib yang menghuni lereng Gunung Salak yang tak lain adalah Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. Selan itu, ada juga kisah mistis lainnya terkait makam Mbah Salak, nenek penunggu gunung, serta keberadaan kampung setan. Berhubungan dengan kampung setan tersebut, saat malam tiba, pendaki yang tengah bermalam kerap kali mendengar suara gamelan Sunda di titik-titik tertentu.

Kesan mistis Gunung Salak kemudian semakin bertambah setelah targedi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 yang merenggut banyak nyawa pada 2012 lalu. Buntut kejadian ini, tidak sedikit warga megaku kerap mendengar suara jeritan wanita dari kawasan jatuhnya pesawat.


Baca Juga: Pecinta Alam Wajib Tahu! Berikut Kasus-Kasus Pendaki Gunung Yang Sempat Hilang Dan Ditemukan Di Indonesia


Bioskop Tua di Citeureup

tempat angker bogor, bioskop tua

via liputan6.com

Jika bioskop biasanya menjadi tempat hiburan untuk menonton film, berbeda dengan sebuah bioskop tua di Citeureup. Tempat angker Bogor ini dulunya bernama Bioskop Atoom dan sempat beropersi sekitar tahun 1980-an. Namun, krisis moneter kemudian harus menghentikan eksistensi bioskop satu ini dan karena itu, bioskop pun berhenti beropersi sejak tahun 1998.

Sejak saat itu, berbagai kisah mistis pun mulai beredar di masyarakat, misal adanya penampakan noni Belanda, segerombolan tuyul hingga sundel Bolong. Menurut cerita yang bereda di masyarakat, dulu pernah ada seorang gadis belia yang hamil di luar nikah kemudian melakukan aborsi di toiltet bioskop. Jasad bayi kemudian ia letakkan di bawah kursi biosop sementara sang gadis ikut meregang nyawa karena pendarahan.

Cerita ini itu kemudian dibenarkan oleh seorang artis sekaligus indigo, Sara Wijayanto. Lewat sebuah program TV, Sara menyatakan ada banyak penghuni dalam bangunan tua itu. Salah satunya adalah sosok sundel bolong atau hantu wanita yang meninggal karena aborsi. Selain itu, Sara juga menyebutkan sosok nenek tua berwajah menyeramkan yang kerap mengganggu siapa saja yang memasuki bioskop ini.

Terowongan Kereta Paledang

tempat angker bogor, paledang

@limanto_27/Instagram

Jika dilihat sekilas, terowongan kereta Paledang tampak biasa saja. Namun, jika kamu bertanya pada warga sekitar, sudah pasti mereka mengenalinya sebagai salah satu tempat angker Bogor. Dengan panjang sekitar 10 meter, terowongan satu ini berdiri di perlintasan yang menghubungkan kota Bogor dan Sukabumi. Di atasnya adalah Jalan Paledang yang setiap hari dilintasi oleh kendaraan roda dua dan empat.

Pada tahun 2000, terowongan satu ini menjadi saksi bisu sebuah kecelakaan tragis yang merenggut sekitar 12 nyawa. Kala itu, sejumlah siswa pramuka hendak menuju perkemahan di Sukabumi dengan menumpang kereta dari arah Jakarta. Keduabelas siswa tersebut lantas duduk di atas atap kereta.

Sayangnya, mereka tidak mengantisipasi keberadaan terowongan Paledang. Akibatnya, kepala mereka terbentur bibir terowongan sehingga tubuh mereka seketika terjatuh dan terlindas kereta. Sejak saat itu, terciptalah urban legend tentang kisah hantu tubuh tanpa kepala yang berkeliaran di sekitar rel untuk mencari kepalanya tersebut. Selain itu, warga setempat juga mengaku kerap mendengar rintihan, jeritan minta tolong hingga suara seseorang membawa tas berat.


Baca Juga: Suka Jalan-Jalan Naik Kereta Api? Simak Jalur Kereta Api Paling Ekstrem Di Indonesia Berikut Ini!


Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

tempat angker bogor, makam kbr

via traveling.bisnis.com

Kawasan wisata Kebun Raya Bogor ternyata juga menyimpan sejumlah kisah mistis. Salah satunya adalah makam Belanda yang sudah ada jauh sebelum Kebun Raya Bogor berdiri. Tempat angker Bogor ini merupakan kompleks pemakaman yang menampung sekitar 42 makam Belanda yang empat di antaranya tidak memiliki identitas.

Lokasinya berada di belakang istana Bogor dan tempatnya dikelilingi oleh pohon-pohon bambu. Melihat deretan batu nisan yang ada, nisan paling awal merupakan milik seseorang bernama Cornelis Potmans yang meninggal pada tahun 1784 sementara Kebun Raya Bogor baru berdiri di tahun 1817.

Lalu, apa yang membuatnya menjadi angker. Menurut cerita yang beredar, berbagai penampakan kerap menunjukkan diri di tempat angker Bogor inu. Penampakan kucing menjadi harimau, wanita berambut panjang dan sosok pria berbulu lebat adalah beberapa yang kerap mengganggu para pekerja di malam hari. Nuansa mistis semakin kental dengan adanya suara-suara aneh yang kerap terdengar dari area pemakaman.

Hutan Cifor

tempat angker bogor, cifor

via bogorchannel.com

Menurut cerita yang beredar, Hutan Cifor (Center for International Forestry Research) dulunya kerap menjadi tempat pembuangan mayat oleh para pembegal. Selain itu, masyarakat sekitar juga mengaku kerap melihat penampakan menyeramkan ketika melewati kawasan hutan yang sepi ini. Di antaranya adalah penampakan sosok berkepala besar di pinggir jalan serta setan helm yang kepalanya putus lalu dibuang ke hutan.

Hantu satu ini pun sering bergentayangan di malam hari. Penampakan tersebut, menurut penuturan masyarakat, berkaitan dengan kejadian puluhan tahun lalu akibat keberadaan seorang preman yang suka membuat rusuh dan mabuk-mabukkan. Warga yang geram kemudian menangkap preman itu lalu membunuhnya dengan menebas kepalanya.

Bukan hanya itu, tempat angker Bogor ini juga kerap menunjukkan penampakan pocong, kuntilanak merah, kera putih penjaga makam keramat, hingga bunyi lonceng. Berdasarkan kesaksian warga sekitar, suara lonceng tersebut kerap terdengar di malam tertentu dan berasal dari kereta kencana yang kerap melintas di perkampungan menuju kerajaan gaib di dalam kawasan Hutan Cifor.

Gua di Desa Lulut

via mediakupang.pikiran-rakyat.com

Sebuah gua di kawasan Gunung Putri, tepatnya di Desa Lulut, juga dikenal sebagai salah satu tempat angker Bogor. Konon, gua satu ini dulu pernah menjadi tempat persembunyian masyarakat dari kejaran pasukan Belanda. Saking lamanya bersembunyi, mereka pun kelaparan dan jatuh sakit hingga akhirnya meninggal di dalam gua.


Baca Juga: Dikeramatkan Dan Beraura Mistis Kuat, Ini Dia Lokasi-Lokasi Pesugihan Yang Banyak Dikunjungi Orang


Memasuki kawasan gua, suasanya memang pengap dan gelap. Banyak pengunjung bahkan mengaku pernah mendengar suara rintihan dari dalam gua. Penampakan wanita berambut berantakan juga kerap menunjukkan wujudnya. Bukan hanya itu, gua ini juga terkenal sebagai lokasi peusgihan. Karena itu, tentu tak heran jika gua di Desa Lulut ini menimbulkan kesan yang membuat bulu kuduk berdiri dan dikenal sebagai salah satu tempat angker Bogor.

Hilangkan Penat di Bobocabin Bogor

Lagi cari tempat staycation baru di kawasan Bogor? Bobocabin Gunung Mas siap menjadi pelarian kamu dari kesibukan dan kepenatan perkotaan. Akomodasi satu ini berdiri di tengah sejuknya udara Kota Hujan dan menjanjikan tempat istirahat di tengah alam berbalut teknologi canggih. Kamu juga dimanjakan dengan pemandangan kebun teh di depan mata. Seger banget kan! Tertarik mencoba? Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles