engin akyurt/Unsplash

Penasaran Dengan Sensasi Kesegaran Bir? Jangan Khawatir Karena Ada Beragam Bir Halal yang Bisa Kamu Nikmati!

Bir merupakan salah satu minuman populer di dunia dengan kandungan alkohol sekitar 3-7%. Meski sedikit, bir termasuk minuman yang tabu dan haram di Indonesia, terutama karena mayoritas masyarakatnya yang beragam Islam. Padahal minuman satu ini memiliki beberapa manfaat kesehatan jika diminum dalam batas tertentu. Hanya saja, efek memabukkannya memang membuat orang menghindari konsumsi bir. Bagi kamu yang tertarik dengan bir, namun ingin menghindari efek memabukkan tersebut, bir-bir halal berikut ini bisa kamu coba. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari Indonesia.

Bir Pletok

via kompas.com

Bir pletok merupakan bir halal asli Indonesia, tepatnya berasal dari Betawi. Keberadaan bir pletok ini tidak lepas dari sejarah pendudukan Belanda di Indonesia. Orang Betawi yang lekat dengan budaya Islam membuat bir pletok sebagai tandingan untuk bir orang Belanda yang beralkohol.

Jika pada umumnya bir terbuat dari air, gandum, hops dan ragi, maka beda halnya dengan bir pletok. Minuman satu ini terbuat dari ekstrak rempah-rempah seperti jahe, daun pandan wangi, serai, lada dan pala. Untuk penambah aroma dan warna, mereka juga menambahkan kayu secang sehingga terciptalah bir halal dengan warna merah kecokelatan. Rasanya berupa campuran antara pedas, manis hangat dan wangi, tanpa rasa asam pahit atau gigitan soda seperti pada bir.

Dahulu, masyarakat menikmati bir pletok di malam hari untuk menghangatkan badan. Namun, seiring perkembangan zaman, kamu bisa menikmati minuman ini di siang hari dengan tambahan es. Selain sebagai penghangat badan, bir pletok juga diyakini memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah, meredakan sakit kepala, mengatasi gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Penamaan pletok kabarnya berasal dari bunyi ‘pletok’ yang terdengar saat orang Belanda membuka botol wine. Namun, ada juga yang berpendapat kata tersebut berasal dari bunyi yang keluar saat proses mengocok bir di dalam wadah, bunyi es batu di dalam teko berisi bir atau bunyi dari kulit secang.


Baca Juga: Ini Dia 7 Resep Minuman Rempah Yang Bakal Bantu Kamu Rileks Setelah Hari Yang Melelahkan!


Bir Jawa

via travel.tribunnews.com

Selanjutnya, ada bir halal lain asal Indonesia bernama bir Jawa. Sama halnya dengan bir pletok, bir Jawa juga sudah ada sejak zaman penjajahan, tepatnya di masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Karena Sri Sultan tidak minum alkohol, maka terciptalah bir versi tanpa efek memabukkan. Kendati dulu hanya dikonsumsi keluarga keraton, bir Jawa kini bisa dinikmati semua kalangan.

Bir asli Yogyakarta ini terbuat dari berbagai rempah pilihan seperti cengkih, kayu manis, kayu secang, jahe, kapulaga, serai, jeruk nipis, dan gula pasir atau gula batu. Sementara itu, dari segi warna, bir Jawa cenderung lebih mirip dengan bir asli karena memiliki warna kuning bening dengan buih di permukaannya. Warna kuning tersebut didapat dari jeruk nipis dan kayu secang. Rasanya sendiri lebih mirip wedang uwuh atau wedang jahe, namun dengan tampilan mirip bir Londo. Karena terbuat dari rempah-rempah, masyarakat pun meyakini bir Jawa memiliki khasiat kesehatan seperti untuk meringankan badan saat pusing, meriang, lelah dan masuk angin.


Baca Juga: Coba 7 Resep Teh Berikut Untuk Minuman Hangat Ala Tea House Mewah!


Coffee Beer

via agungngoro.co.id

Masih dari Indonesia, bir halal lainnya yang bisa kamu coba adalah coffee beer. Minuman ini memang dikemas dalam botol hijau seperti botol bir beralkohol. Namun, tidak seperti bir pada umumnya, coffee beer menawarkan pengalaman minum bir yang berbeda sebab minuman ini terbuat dari campuran ekstrak biji kopi, karamel, dan soda.

Coffee beer sendiri merupakan produk asal Jombang, tepat diproduksi oleh PT Tirta Agung yang berada di Jalan Supriyadi, Pandean, Ngoro, Jombang, Jawa Timur. Melansir laman resmi Agung Ngoro, bir halal satu ini sudah mendapat izin edar dari BPOM sehingga aman untuk kamu konsumsi.

Di tempat asalnya, coffee beer dikenal dengan nama CB Ngoro yang diambil dari daerah asal bir tersebut. Sebutan ini menunjukkan kebanggaan masyarakat setempat terhadap produk lokal tersebut. Minuman ini memang mulanya hanya populer di kawasan Jombang. Namun, seiring dengan banyaknya pendatang yang menikmati coffee beer, coffee beer pun semakin populer dan bisa kamu jumpai di banyak coffee shop, termasuk di Jakarta.


Baca Juga: Coba Cara Menikmati Kopi Berikut Ini, Bikin Panjang Umur!


Bir Taybeh

via untappd.com

Beralih ke negara lain, negara Palestina juga memiliki bir bersertifikasi halal untuk umat muslim dan kosher untuk umat Yahudi bernama bir Taybeh. Nadim Khoury adalah orang di balik munculnya bir Taybeh ini.

Pada tahun 1994, Khoury mendirikan Taybeh Brewing Company di West Bank, Palestina. Penamaan Taybehnya diambil dari nama distrik di tempat pabrik tersebut berdiri. Mulanya, Taybeh Brewing Company ini memproduksi bir beralkohol. Lalu, antara tahun 2007-2010, mereka mulai meluncurkan bir nonalkohol ke pasaran.

Diracik sendiri oleh Khouri, bir Taybeh terbuat dari anggur tanpa pengawet ataupun gula tambahan. Selain itu, ia juga menggunakan air dari mata air alami desa serta bahan lainnya yang diimpor berupa malt dari Prancis dan Belgia serta ragi dari London. Jenis bir yang dihasilkan cukup beragam, mulai dari bir terang, gelap, putih, emas, kuning dan tanpa alkohol. Produksinya sendiri tidak tanggung-tanggung, mereka bisa menghasilkan hingga 600.000 liter bir per tahunnya.

Untuk distrbusi, Taybeh Brewing Company memasarkan 60% produksinya di Palestina, 30% di Israel dan sisa 10% ke negara-negara lain termasuk Spanyol, Inggris, Chili, Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat.

Barbican

via ubuy.vn

Barbican merupakan bir halal favorit anak muda Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia. Ajuan Coca-Cola Beverages Company adalah perusahaan yang mendistrbusikan bir halal ini dan umumnya menjualnya ke Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sama seperti bir pada umumnya, pengemasan Barbican menggunakan botol kaca dan kaleng aluminium berwarna hijau, namun tanpa kandungan alkohol di dalamnya. Sementara itu, bahan utamanya berasal dari malt atau kecambah biji-bijian serealia yang sudah dikeringkan. Jenis rasanya sendiri cukup beragam. Ada rasa lemon, stroberi, raspberry, apel, peach, dan nanas.

Root Beer

@awrootbeer/Instagram

Root beer merupakan minuman lainnya yang dianggap sebagai bir halal. Minuman satu ini sebenarnya merupakan minuman manis bersoda yang terbuat dari akar atau kulit pohon sassafras sebagai bahan utamanya. Kata root pada root beer mengacu pada akar dari pohon tersebut.

Root beer umumnya memiliki warna cokelat kehitaman dan berbusa. Rasanya sendiri terbilang manis seperti minuman karbonasi pada umumnya. Karena itu, minuman ini pun menjadi favorit untuk memberikan kesegaran pada tubuh. Bagi sebagian orang, minuman satu ini juga terasa pedas seperti balsam. Hal ini biasanya terjadi karena ada tambahan perisa wintergreen di dalamnya.

Meski dari segi produk tidak terindikasi adanya bahan nonhalal, root beer ini belum mendapat sertifikasi halal dari MUI. Salah satu alasannya adalah penamaan produk yang mengandung nama minuman keras.

Hotel Strategis? Bobobox Jawabannya!

Indonesia memang terkenal dengan kuliner khas di setiap daerahnya, termasuk minuman bir tanpa alkohol. Untuk menikmatinya, kamu bisa meluangkan waktu berlibur sambil berburu minuman khas tersebut di beberapa kota di Indonesia.

Jangan lupa siapkan akomodasi yang strategis agar tidak kesulitan dalam mengeksplorasi berbagai wisata kuliner lainnya dengan bebas namun tetap dalam jangkaun. Salah satu hotel yang menawarkan lokasi strategis dengan harga terjangkau adalah Bobobox.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang dan Medan. Yuk unduh dulu aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles