Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Trik Untuk Memulai Bisnis Tanpa Modal

Bisa Bikin Kamu Untung!

 

Jadi, kamu ingin memulai bisnis tanpa modal? Bukan nggak mungkin lo. Soalnya, modal bukan satu-satunya hal yang kamu perlukan untuk memulai bisnis. Berikut adalah beberapa trik rekomendasi Bob untuk bisa meraih untung tanpa modal. Simak baik-baik ya!

1. Ubah pola pikir kamu

bisnis tanpa modal

Jika yang ada di pikiran kamu saat memulai bisnis adalah modal, kamu melakukan kesalahan. Ubah pola pikir kamu agar tidak berorientasi pada modal.

Modal bisa digunakan kalau memang kamu punya. Kalau kamu nggak punya uang, kamu harus mencari sumber lain seperti berhutang pada teman atau bank. Ini yang harus kamu hindari.

Mulailah dari dalam, setelah itu baru beranjak ke luar. Maksud Bob, temukan dulu apa yang kamu punya untuk memulai bisnis alih-alih memikirkan apa yang kamu tidak punya. Apa yang kamu punya bisa berupa kemampuan, pengalaman, pengetahuan, atau jaringan.

2. Kolaborasi

bisnis tanpa modal

Kamu tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Kalau kamu sudah mampu memaksimalkan apa yang kamu punya, sekarang saatnya meminta bantuan orang lain.

Misalnya, kalau kamu ahli dalam bidang produk tapi tidak tahu bagaimana caranya menjual, kamu bisa cari orang yang mengerti marketing. Kalau bisa cari orang yang sama-sama mau merintis.

Jam Kerja Fleksibel Atau Tunjangan? Dilema Pekerja Zaman Now

3. Maksimalkan personal branding

bisnis tanpa modal

Sebelum kamu bisa menjual produk kamu, kamu harus bisa “menjual” diri kamu. Membangun personal branding adalah salah satu trik yang bisa kamu gunakan untuk berbisnis tanpa modal.

Jika kamu sudah dikenal dalam satu bidang dan orang-orang menyukai kamu, kamu bisa mendapat penghasilan dari endorsement misalnya, atau menjadi brand ambassador sebuah produk. Setelah kamu memiliki brand yang baik, produk kamu pasti akan lebih mudah terjual.

4. Pelajari jenis bisnis yang minim modal

bisnis tanpa modal

Setelah kamu yakin bahwa usaha bisa dimulai tanpa modal, kamu harus tahu jenis bisnis apa saja yang bisa kamu mulai. Berikut adalah beberapa contoh umum.

Jasa

Bisnis jasa adalah jenis usaha yang berkaitan erat dengan kemampuan yang kamu miliki. Ini bisa berupa kemampuan yang kamu pelajari selama kuliah atau pun secara mandiri. Semakin kamu menguasai bidang yang kamu geluti, semakin besar kesempatan kamu memulai dari sana.

Perantara

Menjadi perantara berarti kamu menjembatani pembeli dan penjual. Kamu tidak perlu memiliki barang dagangannya. Kamu cukup mencari pembeli yang ingin membeli suatu produk namun tidak punya akses atau tidak tahu harus mencari ke mana. Bisnis model ini biasanya adalah dropshipper atau reseller.

Penampilan

Kamu punya bakat sebagai seorang musisi atau komedian? Jangan sia-siakan bakat kamu. Akan selalu ada ruang untuk hiburan.

Di zaman digital seperti sekarang, kamu tidak hanya bisa menjual penampilan kamu dari panggung ke panggung. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti YouTube untuk menghasilkan uang.

7 Usaha Online Di Rumah Yang Bisa Bikin Kamu Jalan-Jalan Terus

5. Pertahankan pekerjaan kamu

bisnis tanpa modal

Mempertahankan pekerjaan juga bagian dalam strategi bisnis. Tidak ada pilihan yang paling tepat. Semuanya tergantung kebutuhan kamu. Akan tetapi, kalau kamu ingin memulai bisnis tanpa modal, yang berarti uang, harus ada hal lain yang kamu korbankan. Hal ini bisa berupa waktu dan pikiran.

Ketika kamu sudah mulai yakin bahwa bisnis kamu bisa menghasilkan lebih dari pekerjaan kamu, tidak ada alasan untuk tidak meninggalkan pekerjaan kamu.

Rencanakan bisnis kamu di tempat yang nyaman

Bobobox Pods Dago: Hotel Kapsul Dago Yang Instagrammable

Nah, kamu kan sudah tahu triknya. Saatnya memulai usaha kamu. Kapan? Sekarang dong pastinya. Jangan dinanti-nanti lagi.

Kalau kamu butuh tempat untuk brainstorming semalam suntuk, mampir aja ke Bobobox. Hotel kapsul ini selain didesain untuk kenyaman menginap, juga didesain agar kamu bisa produktif.

Ada lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Kasurnya juga king size lo, jadi tidur kamu juga dijamin nyenak deh.

Pemesan bisa kamu lakukan melalui situs atau aplikasi Bobobox. Mudah dan nggak ribet. Kamu cukup buka telepon pintar kamu lalu datang deh ke lokasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like
Comments
Loading...