Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Cuci Tangan? Ini Dia 5 Tips untuk Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan

Jangan sampai tanganmu jadi lecet karena kering, ya.

Sering mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu langkah efektif untuk mencegah penyebaran virus di masa pandemi COVID-19 ini. Namun, seringnya mencuci tangan juga dapat membuat telapak tangan menjadi mudah kering dan lecet.

Supaya kamu terhindar dari masalah tersebut, berikut ini Bob rangkum 5 tips untuk mengatasi kulit kering karena sering mencuci tangan. Simak ulasannya berikut ini, ya.

1. Gunakan sabun khusus untuk mencuci tangan

Tips untuk mengatasi kulit kering yang pertama adalah menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat setiap sabun memiliki kandungan yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Kamu bisa memilih sabun yang memiliki kandungan alkohol untuk membunuh kuman, namun juga mengandung madu atau aloe vera yang bisa melembabkan kulit. Dengan begitu, tanganmu bisa terproteksi dengan baik, namun juga tetap lembab.

Sering Cuci Tangan? Ini Dia 7 Tips untuk Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan
@curology via Unsplash

2. Hindari memakai mesin pengering tangan

Mesin pengering tangan memang bisa mengeringkan tangan dengan lebih cepat. Namun, mesin ini justru akan menghilangkan kelembaban pada permukaan kulit, sehingga tanganmu akan menjadi sangat kering.

Selain itu, udara hangat yang keluar dari mesin pengering tangan justru bisa meningkatkan jumlah bakteri di tanganmu.

Sering Cuci Tangan? Ini Dia 7 Tips untuk Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan
@nate_dumlao via Unsplash

3. Menepuk pelan usai mencuci tangan

Tips untuk mengatasi kulit kering selanjutnya adalah menepuk pelan tanganmu usai mencucinya. Kamu bisa melakukan langkah ini supaya sebagian air yang ada di tanganmu yang basah bisa turun. Setelah itu, biarkan tangan mengering dengan sendirinya tanpa bantuan handuk, tisu, atau lap.

Cara ini cukup efektif untuk menghindari rasa kering setelah mencuci tangan karena sisa air yang ada tidak akan langsung hilang dan bisa diserap oleh kulit tanganmu.

Sering Cuci Tangan? Ini Dia 7 Tips untuk Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan
@purzlblaum via Unsplash

4. Memakai hand cream atau pelembab khusus untuk tangan

Memakai hand cream juga merupakan salah satu tips untuk mengatasi kulit kering setelah mencuci tangan. Gunakan hand cream atau pelembab yang memiliki formula khusus untuk melembabkan dan menutrisi kulit tanganmu.

Kamu juga bisa menggunakan calir raga atau body lotion, asalkan terdapat kandungan moisturizer yang bersifat melembabkan. Jangan lupa untuk memilik produk yang tidak berbau, serta memakainya secara berkala agar tangan terasa lembut sepanjang waktu.

Sering Cuci Tangan? Ini Dia 7 Tips untuk Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan
@ostshem via Unsplash

5. Mengonsumsi air putih secara teratur

Tips mengatasi kulit kering yang terakhir adalah jangan lupa untuk rutin mengonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghidrasi kulit. Dengan rutin mengonsumsi air putih, tentu saja tanganmu juga akan terhidrasi dengan baik.

Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah 2 liter per hari. Namun, kamu bisa menambahkannya jika kamu sering beraktivitas dengan mobilitas yang tinggi, atau jika udara sedang panas dan menyebabkan banyak berkeringat.

Sering Cuci Tangan? Ini Dia 7 Tips untuk Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan
@kobuagency via Unsplash

Itulah 5 tips untuk mengatasi kulit kering setelah mencuci tangan ala Bob. Jangan sampai kulit kering menghalangimu untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti ini. Jangan lupa juga untuk selalu memakai masker saat berkegiatan dan bepergian, serta selalu menjaga jarak dengan orang lain, ya.

Staycation asyik di Bobobox, yuk!

Ingin melepaskan penat tapi masih was-was dengan pandemi COVID-19? Staycation asyik di Bobobox saja! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Interior Bobobox juga instagrammable banget, lho, sehingga banyak yang staycation ke Bobobox untuk mengabadikan momen dengan pod dan fasilitas yang unik. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar di sini sekarang, yuk!

penginapan di bobobox

You might also like