Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tips Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Buat wajahmu lebih sehat dan glowing dengan tips-tips mengurangi minyak di wajah ala Bob.

Siapa yang pernah memiliki masalah kulit berminyak? Hampir setiap wanita pernah menemui masalah kulit berminyak. Hal ini tentu membuat hari-harimu menjadi tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Nah, kali ini Bob akan membahas tentang bagaimana cara mengurangi minyak di wajah. Namun, sebelum itu, Bob akan membahas tentang asal-usul minyak pada wajah terlebih dahulu. Kira-kira berasal dari manakah minyak di wajah dan apa fungsi sebenarnya minyak tersebut?

Asal Mula Minyak di Wajah

minyak di wajah
via tribunnews.com

Minyak di wajah sebetulnya adalah proses alami tubuh untuk melembabkan kulit. Minyak di wajah sendiri sebetulnya adalah sebum atau zat yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea pada kulit yang berfungsi untuk melindungi dan menyehatkan kulit.

Namun, saat kelenjar sebasea menghasilkan terlalu banyak sebum, kulit akan terasa mengkilap dan licin. Saat itulah kamu menyebutnya sebagai kulit berminyak. Terlalu banyak sebum di permukaan kulit juga menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit wajahmu menjadi rawan ditumbuhi jerawat.

Gejala Kulit Berminyak

Apa sajakah ciri-ciri wajahmu kelebihan sebum yang menyebabkan kulit berminyak? Jika wajahmu sering mengkilap dan licin atau pori-porimu membesar dan terlihat cukup jelas, berarti bisa jadi wajahmu menunjukkan gejala kulit berminyak.

Selain itu, tanda-tanda lain minyak di wajah yang berlebih adalah kulit yang terlihat lebih tebal atau terasa kasar, jerawat yang cukup banyak, dan bahkan munculnya komedo akibat pori-pori yang tersumbat.

Tanda-tanda kulit berminyak tersebut akan menjadi masalah kulit yang cukup mengganggu di kemudian hari jika tidak ditangani secara tepat. Jika kamu memiliki masalah minyak di wajah, kamu akan cukup kesulitan untuk mencari riasan wajah atau make-up yang cocok dengan kondisi kulit wajahmu.

Minyak di wajah memang sangat mengganggu. Namun, sebelum Bob memberikan tips-tips untuk mengurangi kulit berminyak, kamu harus tahu dulu apa saja yang menjadi pemicu kelenjar sebasea menghasilkan sebum berlebih pada wajah yang mengakibatkan kulitmu berminyak.

Pemicu Minyak di Wajah

minyak di wajah

Beberapa faktor ternyata menjadi pemicu utama kelenjar sebasea menghasilkan sebum dalam jumlah banyak yang menjadi cikal bakal minyak berlebih pada wajahmu. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi produksi minyak di wajah adalah faktor hormonal.

Faktor hormonal yang menjadi penyebab kulit berminyak lazim ditemui pada wanita Perubahan hormon seperti saat menjelang menstruasi atau menopause sangat berpengaruh pasa jumlah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea.

Selain faktor hormonal, faktor genetik pun ikut berperan dalam menghasilkan minyak berlebih pada wajah. Jika orangtuamu memiliki kulit yang cenderung berminyak, maka kemungkinan besar gen tersebut akan menurun padamu.

Kamu pun harus segera mengambil langkah antisipasi sejak dini supaya faktor genetik tersebut tidak terlalu berpengaruh banyak pada wajahmu. .

Selain genetik, produk kecantikan yang tidak cocok pada kulitmu juga bisa menjadi penyebab munculnya minyak di wajah. Karena itu, kamu harus lebih mengenal jenis kulitmu dan lebih berhati-hati memilih produk perawatan kulit.

Nah, sekarang mari kita mulai membahas langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk mengurangi minyak pada wajah.

Rajin Mencuci Muka

Siapa diantara kamu yang masih malas mencuci muka setelah beraktivitas seharian? Malas mencuci muka menjadi penyebab utama kulit menjadi cepat berminyak. Cucilah muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk mengurangi minyak pada wajah.

Saat mencuci muka, kamu pun tidak bisa sembarangan memilih sabun. Pilihlah sabun yang lembut dan ringan yang bisa membersihkan wajah tanpa membuat wajahmu menjadi kering. Karena masalahmu adalah minyak di wajah, maka sebaiknya tidak memilih sabun pelembab yang malah akan menambah kadar minyak di wajah.

Untuk hasil yang lebih optimal, mencuci muka dengan air hangat serta mengeringkan muka dengan handuk yang lembut akan membuat kulitmu menjadi lebih lembut dan terhindar dari minyak berlebih.

Gunakan Blotting Paper

minyak di wajah
https://www.alodokter.com/kertas-minyak-saja-belum-cukup-untuk-merawat-wajah-berminyak

Jika minyak di wajah mengganggu aktivitasmu sehari-hari, kamu bisa menggunakan blotting paper untuk mengurangi minyak di wajah saat kamu tidak bisa mencuci muka. Blotting paper atau yang sering juga disebut kertas minyak cukup efektif mengurangi minyak di wajah dengan mudah dan cepat.

Hanya dengan waktu 15-20 detik, minyak di wajah akan berkurang drastis dengan kertas minyak. Selain itu, pemakaiannya pun sangat mudah. Cukup tempelkan dan oleskan perlahan pada bagian kulit wajah yang berminyak seperti hidung atau dahi, lalu dengan mudahnya blotting paper akan menyerap minyak pada wajah.

Kosmetik Bebas Minyak

Langkah berikutnya untuk mengurangi minyak di wajah adalah dengan memilih kosmetik yang tepat. Sebaiknya gunakan pelembab atau tabir surya yang bertanda bebas minyak. Jadi, jangan takut menggunakan pelembab dan tabir surya karena dengan produk yang tepat, wajahmu tidak akan berminyak dan tetap terlindungi dari sinar ultraviolet.

Kamu juga harus mulai membiasakan membaca komposisi dari setiap produk kecantikan yang kamu beli. Pelajari bahan-bahan apa saja yang bisa menyebabkan kulit berminyak dan hindari penggunaan bahan-bahan tersebut pada wajah.

Jangan lupa, apapun bahan produk kecantikanmu, selalu bersihkan setiap malam sebelum tidur. Make-up yang mengendap di pori-pori wajah akan menjadi penyebab utama minyak berlebih. Oh ya, kurangi juga menambahkan riasan pada kulit wajah yang belum dibersihkan karena hal tersebut juga menjadi penyebab utama kulit berminyak.

Konsumsi Makanan Sehat

minyak di wajah

Makanan juga menjadi salah satu faktor munculnya minyak berlebih pada wajah. Kamu bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan untuk mengurangi kulit berminyak. Hindari makanan tinggi lemak dan gula karena makanan tersebut menjadi pemicu minyak di wajah.

Blueberry, apel, kacang-kacangan, dan sayuran adalah makanan yang kaya dengan antioksidan yang bisa menjadi pilihan untuk mengurangi minyak di wajah. Makanan yang mengandung lemak omega-3 seperti tuna dan salmon juga dikenal ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Relaksasi dan Meditasi

Salah satu penyebab kulit berminyak adalah stress. Maka dari itu, relaksasi dan meditasi sangat disarankan untuk mengurangi stres dan juga tentunya minyak di wajah.

Saat kamu stres, tubuhmu akan mengasilkan hormon kortisol dan androgen yang lebih banyak. Hormon-hormon tersebut memicu kelenjar sebasea untuk menghasilkan jumlah sebum yang melimpah. Itulah mengapa minyak di wajah menjadi lebih banyak saat kamu stress.

Dengan meditasi dan relaksasi, kamu jadi bisa menjaga pola pikirmu menjadi lebih positif. Latihan meditasi dan pernapasan juga akan membuat kamu merasa lebih tenang dan kadar hormon di tubuhmu akan jauh lebih stabil.

Mencari Tempat Tenang untuk Relaksasi, Mampir ke Bobobox, Yuk!

Memang tidak mudah bagi kamu, terutama yang tinggal di kota besar, untuk mencari tempat relaksasi atau meditasi. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa datang ke Bobobox untuk sekedar refreshing dari kejenuhan aktivitas sehari-hari.

Bobobox yang merupakan hotel kapsul dengan kenyamanan setara bintang lima akan menjadi tempat yang sangat cocok untukmu relaksasi dan menenangkan pikiran. Desain podsnya yang unik pun akan menambah keseruanmu staycation di hotel kapsul yang sudah terintegrasi IoT ini.

Yuk, segera check-in di Bobobox dan dapatkan promonya di sini.

 

 

 

You might also like