Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tips Ampuh Adaptasi di Kantor Baru. Langsung Dapat Teman!

Tidak perlu malu namun jangan memalukan

Memulai pekerjaan baru bisa sangat menyenangkan, mendebarkan, menantang atau bahkan menakutkan. Di satu sisi, kamu merasa senang karena bisa mendapatkan pekerjaan impian atau yang kamu butuhkan setelah melalui berbagai tes, seleksi dan wawancara. Kamu juga tentunya akan mendapatkan teman serta pengalaman baru dapat membantu menaikkan karir kamu.

Namun, di sisi lain kamu juga mungkin merasa gugup, takut atau cemas karena harus menghadapi lingkungan serta orang-orang baru. Setiap tempat kerja pada dasarnya memiliki iklim serta lingkungan kerjanya tersendiri dan terkadang ekspektasi kamu dengan kenyataan seringkali berbanding terbalik.

Nah, biar kamu merasa tenang untuk menghadapi pekerjaan baru kamu, sebaiknya kamu baca dulu beberapa tips adaptasi di kantor baru berikut ini. Yuk simak informasinya!

Beranikan Diri

@insterstid via Freepik

Salah satu tips adapatasi di kantor baru yang bisa kamu coba adalah dengan bersikap berani dan tidak menutup diri. Beranikanlah diri kamu untuk berkenalan dan bergaul dengan orang-orang baru.

Bersikap berani dan menjauhkan perasaan malu bukan berarti kamu bertindak memalukan dan asal-asalan. Lakukanlah perkenalan tersebut dengan baik, ramah dan penuh sopan santun sehingga kamu memberikan kesan yang baik pada rekan-rekan baru kamu.

Agar kamu bisa lebih mendekatkan diri dengan mereka, kamu juga bisa bergabung dengan mengikuti kegiatan bersama mereka, misalnya saat acara makan siang atau istirahat. Waktu tersebut adalah salah satu kesempatan untuk bertukar informasi, bisa masalah pekerjaan, berita yang sedang hits, hobi, film atau tempat makan favorit, dan semacamnya. Dengan bertukar banyak informasi, kamu bisa lebih mudah membangun pertemanan dan menemukan kecocokan dengan rekan-rekan kamu.

Bagi orang-orang yang cenderung pemalu, pendekatan pada orang baru mungkin akan terasa lebih sulit. Untuk itu, kamu tetap bisa berkenalan sewajarnya dan tidak perlu terlalu memaksakan diri. Namun, usahakan setidakanya kamu tetap bisa bergaul setidaknya dengan satu hingga dua teman agar kamu tidak merasa tertekan dan sendiri di lingkungan kerja tersebut.

Minggu-minggu pertama bekerja akan cukup sulit untuk kamu. Kamu akan dijejali banyak informasi mengenai pekerjaan kamu. Hal tersebut bisa saja membuat kamu sangat tertekan. Karena itu, adanya teman akan sangat membantu untuk bertukar pikiran dan kamu tidak akan fokus pada rasa tertekan tersebut.

Selain berani berbaur, beranikan juga diri kamu untuk bertanya jika ada hal yang membingungkan dan dirasa sulit. Tips adaptasi di kantor baru ini juga akan membantu kamu membangun komunikasi dengan para seniormu. Tidak sedikit senior yang senang berbagi dan memberikan petuah agar kamu semakin nyaman bekerja di kantor. Selain membantu mengakrabkan diri, hal ini juga akan menghemat waktu dibandingkan mencari solusi sendiri.

Pelajari dan Amati

@drobotdean via Freepik

Tips adaptasi di kantor baru berikutnya yang tak kalah penting adalah pengetahuan kamu tentang perusahaan tempat kamu bekerja. Carilah informasi mendetail tentang perusahaan tersebut seperti visi misi, etika, lingkungan dan budaya kerja, dan sebagainya.

Kamu bisa memperoleh informasi-informasi tersebut baik lewat internet maupun lisan dari senior-senior kamu. Amati juga bagaimana rekan-rekan kamu melakukan pekerjaan dan menyelesaikan masalah pelik yang tengah dihadapi. Melalui hal tersebut, kamu tentunya akan belajar bagaimana mengatasi masalah sehingga kamu bisa lebih memahami tempat kerja kamu ini.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu juga bisa lebih memahami bagaimana kamu harus membawa diri di tempat itu dan semakin termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik dari diri kamu. Tips adaptasi di kantor baru ini juga mungkin akan membukakan peluang untuk mendapatkan promosi jabatan.

Tahan Diri

@cookie_studio via Freepik

Di minggu-minggu awal kamu bekerja, kamu pasti menemukan beberapa hal yang membuat kamu tidak nyaman. Hal ini kerap kali membuat kamu membanding-bandingkannya dengan tempat kerja lama atau tempat kerja teman kamu. Sebut saja bos yang semena-mena, rekan kerja yang enggan memberikan bantuan, ruangan yang kurang nyaman, antrean toilet, kebijakan yang kurang sesuai dan semacamnya.

Hal tersebut tentu wajar kamu rasakan. Namun, demi kenyamanan bersama serta diri kamu sendiri, tahan diri kamu untuk membanding-bandingkan. Jika kamu terus membanding-bandingkan hal tersebut, kamu justru malah menutup diri dari lingkungan baru yang artinya kamu tidak mau beradaptasi.

Sebagai gantinya, fokuslah pada hal-hal positif sehingga kamu semakin bersemangat untuk bekerja dan membangun karir kamu. Selain itu, hindari juga untuk membawa kebiasaan di tempat kerja lama ke tempat kerja baru. Misalnya bersantai lebih lama setelah jam istirahat, melewati deadline, tidur saat jam kerja, dan sebagainya.

Tips adaptasi di kantor baru ini tentunya akan berpengaruh pada penilaian perusahaan terhadap kinerja kamu. Selain itu, hal ini juga akan menghindarkan kamu dari kesan negatif yang orang lain dapatkan ketika bekerja bersama kamu.

Inisiatif, Kreatif Tapi Tidak Negatif

@peoplecreations via Freepik

Agar semakin betah, kamu bisa juga mencoba tips adaptasi di kantor baru berikut ini, yakni dengan melakukan inisiatif, menunjukkan sisi kreatif dan menghindari hal negatif. Inisiatif tersebut tentunya harus kamu lakukan dengan pertimbangan yang matang, jangan asal bisa dinotice saja.

Dengan menunjukkan inisiatif serta kreativitas, rekan-rekan pasti akan menyukai kamu. Perusahaan juga bisa melihat kredibilitas kamu. Hal ini dijamin bikin kamu semakin betah dan nyaman di kantor baru kamu.

Di sisi lain, kamu juga perlu menghindari hal-hal berbau negatif seperti berpakaian tidak sopan dan tidak sesuai aturan perusahaan, bekerja asal-asalan, bergosip, mengabaikan kebersihan, memperpanjang waktu istirahat, dan masih banyak lagi. Jika tetap dilakukan, orang-orang akan mempertanyakan profesionalitas serta kesungguhan kamu dalam bekerja.

Atur Tempat Kerja

@upklay via Freepik

Mengatur tempat kerja kamu juga bisa kamu anggap sebagai tips adaptasi di kantor baru yang patut kamu terapkan. Di kantor baru kamu, kamu sudah tentu akan memperoleh meja kerja sendiri.

Agar terasa nyaman, aturlah agar meja kamu sesuai dengan yang kamu suka. Bersihkanlah dari debu-debu serta sampah yang mengganggu pemandangan mata. Letakkan barang-barang yang akan kamu butuhkan agar mudah kamu jangkau.

Selalu simpan barang yang telah kamu pakai ke tempat semula agar meja kamu selalu rapi. Kamu juga bisa menambahkan hiasan seperti foto, tanaman hiasan dan semacamnya. Jangan lupa atur tinggi kursi sehingga kamu nyaman saat melakukan pekerjaan kamu. Jika ternyata kamu harus berbagi meja dengan rekan lainnya, diskusikanlah pembagiannya sehingga kamu bisa mengaturnya dengan baik tanpa mengorbankan kenyamanan kamu ataupun rekan kamu.

Setelah lama berkutat dengan kerjaan baru kamu, kamu layak mendapatkan hadiah untuk menghilangkan penat kamu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan jika tidak terlalu banyak hari libur yang kamu punya adalah dengan melakukan staycation.

Tentunya ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil. Namun jika yang kamu cari adalah kenyamanan, harga terjangkau dan keunikan, pilihannya adalah Bobobox. Hotel kapsul berlogo koala ini bisa kamu jumpai di beberapa kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Tertarik mencoba? Unduh dulu aplikasinya lalu pesan kamar yang kamu mau!

You might also like