Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tempat Wisata Jakarta Ini Akan Memanjakan Kalian Para Book Lover!

Wisata Jakarta

Wisata Jakarta — Polusi, riuh klakson, deru kendaraan bermotor, dan kemacetan. Pemandangan seperti ini bukan hal yang asing di Jakarta, ditambah lagi kehidupan yang serba cepat. Rasanya tidak ada waktu untuk memanjakan diri dan menyejukkan pikiran. Namun, bagi para book lovers, bacaan berkualitas dapat menjadi “pelarian” dari ingar bingar kota metropolitan. Selain menghibur, buku juga menjadi jendela untuk melihat dunia luar.

Untuk kalian para book lover atau bibliophile yang berencana berkunjung ke Jakarta, tak perlu khawatir. J-Town masih menghadirkan beberapa oasis untuk memuaskan kecintaanmu terhadap buku. Beberapa tempat wisata Jakarta ini bisa dibilang tersembunyi sehingga memiliki atmosfer tenang yang akan menemani momen membacamu. Tak hanya tenggelam dalam bacaan berkualitas, kamu juga bisa menikmati sajian yang menggugah selera. Menarik, bukan?

Nah, penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Berikut Bob hadirkan 5 pilihan tempat wisata Jakarta untuk kalian para book lovers!

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Gambir, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat

Sumber foto: travel.kompas.com

Selama ini, kamu mungkin sering menghabiskan waktu di kedai kopi atau kamarmu untuk membaca buku-buku kesayanganmu. Nah, saat berkunjung ke Jakarta, mengapa tidak sekalian berkunjung ke gudang bacaan? Berdiri tegak menghadap kawasan Tugu Monas, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah destinasi wisata Jakarta yang sayang dilewatkan. Diresmikan pada tahun 2017, bangunan perpustakaan baru ini memiliki tinggi 126,3 meter dan menjadi perpustakaan tertinggi di dunia! Keren, ‘kan?

Saat masuk ke lobi, kamu akan dibuat kagum oleh lemari buku raksasa setinggi empat lantai. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sendiri memiliki 27 lantai dan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti kantin, musala, data center, dan auditorium. Koleksi yang tersimpan tidak hanya mencakup hanya buku, tetapi juga monograf, konten multimedia, naskah penting, peta, hingga lukisan.

Jika kamu berkunjung bersama anak-anak, sambangi layanan anak, disabilitas, dan lansia di lantai 7. Di sana, anak-anak bisa menikmati koleksi bacaan berkualitas dalam suasana yang mengasyikkan. Oh, ya! Kamu juga bisa naik ke lantai 24. Di sini, terdapat executive lounge, pusat koleksi budaya nusantara, dan balkon untuk menikmati pemandangan kota. Jangan lupa berfoto, ya!

2. Pasar Kenari

Jl. Salemba Raya, Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat

Sumber foto: Tirto.id

Kalau Bandung punya Pasar Buku Palasari, Jakarta punya Pasar Kenari. Tempat wisata Jakarta ini merupakan pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Salemba Raya yang terkenal sebagai sentra alat-alat dan instalasi listrik. Namun, beberapa waktu silam namanya melejit di internet saat seorang pengguna Twitter membahas surga tersembunyi para bibliophile di pasar tersebut. Kehadiran kios-kios buku di antara toko-toko perlengkapan elektrik tentunya menjadi sesuatu yang unik.

Menempati lantai tiga bangunan pasar, toko-toko buku di Pasar Kenari merupakan pindahan dari Pasar Senen dan Kwitang. Bayanganmu mengenai pasar yang ramai, berisik, dan panas akan sirna saat berkunjung ke Pasar Kenari. Di sini, toko-toko berjajar dengan rapi dan terawat. Koridor-koridor pejalan kaki pun cukup lapang. Dijamin kamu bisa menikmati bacaan atau berbelanja buku dengan nyaman.

Yang lebih menarik lagi adalah pasar buku ini sudah dilengkapi fasilitas mumpuni untuk menunjang kenyamanan pada pengunjung, seperti AC, toilet, dan toko swalayan kecil. Beberapa titik baca hadir dengan konsep berbeda, seperti meja kursi “standar” hingga area rumput sintetis. Pasar Kenari juga memiliki pojok multimedia dengan televisi layar datar yang bisa digunakan para pengunjung. Keren!

3. Pasar Santa

Jl. Cisanggiri II, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Sumber foto: only1ivy.blogspot.com

Berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pasar Santa identik dengan pernak-pernik unik, vintage collectibles, piringan hitam, serta ragam street food yang menggoda. Namun, siapa sangka di destinasi wisata Jakarta ini pun terdapat surga kecil bagi para pecinta buku. Ya, Pasar Santa memiliki beberapa toko buku yang ternyata cukup terkenal, terutama di kalangan penikmat buku-buku indie.

Salah satu toko buku yang layak kamu sambangi di Pasar Santa adalah POST. Toko yang dibuka pada tahun 2014 ini menjual buku-buku independen yang akan sulit dijumpai di toko-toko buku besar. Meskipun ukurannya tidak begitu luas, toko ini memiliki meja dan kursi agar kamu bisa membaca. Selain POST, Transit Bookstore bisa menjadi alternatif toko buku untuk dikunjungi. Masih berada di lantai yang sama, toko ini juga menawarkan buku-buku indie dari berbagai belahan dunia. Duh! Bob jadi penasaran nih!

Setelah memborong buku, kamu bisa mampir ke beberapa toko yang menjual pakaian dan aksesori vintage seperti Cheap Thrills dan Nostalgeeks and the Club. Pakaian-pakaian yang dijual di toko-toko tersebut biasanya merupakan produk one of a kind. Ini artinya kamu mungkin tidak bisa mendapatkan produk yang sama di toko lain. Lelah berbelanja? Ada beragam street food yang akan memanjakan lidahmu, termasuk Wagyu Burger dari Meathology. Yumm!

4. Galeri Buku Bengkel Deklamasi

Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat

Sumber foto: tsabri.wordpress.com

Ketika mendengar nama “Taman Ismail Marzuki”, mungkin yang muncul di pikiranmu pertama kali adalah planetarium. Namun, di salah satu sudutnya, ternyata ada sebuah toko buku yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun. Galeri Buku Bengkel Deklamasi merupakan toko buku bekas yang dimiliki dan dikelola oleh Jose Rizal Manua, seniman dan pendiri Teater Tanah Air.

Toko buku bekas ini memiliki koleksi buku yang cukup ekspansif. Jadi, jangan kaget ketika kamu melihat tumpukan buku yang memenuhi jalan masuk ke toko. Saking banyaknya koleksi yang ada, kamu mungkin akan kebingungan mencari buku yang diinginkan tanpa bantuan staf toko. Sebagian besar buku-buku yang ditawarkan di Galeri Buku Bengkel Deklamasi bergenre sastra dan budaya. Tak heran jika banyak mahasiswa IKJ yang berkunjung ke sini.

Galeri Buku Bengkel Deklamasi sempat hampir ditutup karena bangunan toko akan digusur menjadi kafetaria. Untungnya, rencana tersebut dibatalkan dan toko bisa kembali buka. Nah, untuk kamu yang berencana mengunjungi Taman Ismail Marzuki, tidak ada salahnya mampir ke toko buku ini. Oh, ya! Kalau beruntung, kamu juga bisa bertemu langsung dengan Pak Jose, lho!

5. Pantjoran Tea House

Jl. Pancoran Raya No. 4-6. Glodok, Tamansari, Jakarta Barat

Sumber foto: Facebook Resmi Pantjoran Tea House

Jika biasanya kamu membaca buku sambil menyeruput secangkir kopi, mungkin ini waktu yang tepat untuk mencoba pengalaman baru. Di Pantjoran Tea House, kamu bisa menikmati bacaan kesukaanmu, ditemani secangkir teh. Bangunan restoran pada awalnya berfungsi sebagai apotek bernama “Chung Hwa” yang juga merupakan apotek tertua di Jakarta.

Ada beragam menu teh yang bisa kamu pilih, mulai dari Tie Guan Yin, krisan, hingga Sencha. Meskipun bukanlah sebuah toko buku atau perpustakaan, atmosfer di dalam restoran bergaya Tionghoa ini menjadi semacam oasis di tengah ingar bingar kawasan Glodok. Untuk makanan, kamu bisa mencoba beragam dim sum dan buncis lada garam yang menggoda selera. Bob jadi tiba-tiba lapar, nih!

Pantjoran Tea House terkadang mengadakan workshop mengenai teh. Kamu juga bisa mencoba seni menyeduh teh di sini. Oh, ya! Yang menarik dari restoran ini adalah tradisi “patekoan”. Tradisi ini telah ada sejak tahun 1663 dan diprakarsai oleh Kapten Gan Djie dan istrinya. Mereka menyediakan 8 teko teh dan menawarkan teh secara gratis kepada orang-orang yang melewati kantor Sang Kapten. Kamu juga bisa menikmati teh gratis ini yang disediakan dalam teko dan cangkir logam di depan restoran. Menarik, bukan?

Kesimpulan

Terlepas dari ingar bingarnya, Jakarta masih menyimpan surga kecil yang akan memanjakan para book lover. Dari toko buku murah meriah hingga kedai teh dengan tradisi unik, selalu ada tempat wisata jakarta bagi para pecinta buku. Jika kamu berencana berlibur ke Jakarta, kelima tempat yang Bob sebutkan di atas layak untuk disambangi.

Namun, sebelum berlibur pastikan kamu sudah memilih akomodasi yang tepat untuk beristirahat. Seiring bejalannya waktu, akomodasi bujet seperti hotel kapsul pun semakin digemari. Nah, salah satu hotel kapsul yang wajib kamu coba adalah Bobobox! Hotel ini memadukan teknologi canggih dalam pod dengan kenyamanan beristirahat yang akan membuatmu betah. Selain itu, kamu juga bisa menginap bersama 1 orang temanmu dalam 1 pod yang sama, Asyik, ‘kan?

Untuk pemesanan, kamu bisa mengunduh aplikasi Bobobox untuk platform iOS dan Android. Beragam promo dan diskon menarik yang ditawarkan Bobobox akan membuat momen liburanmu semakin berkesan! Jadi, segera unduh aplikasi Bobobox dan pesan pod-mu sekarang!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.