Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tempat Wisata di Jogja pada Malam Hari yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Wisata di Jogja

Yogyakarta atau biasa yang disebut dengan Jogja adalah salah satu daerah wisata paling populer di Indonesia. Bagaimana tidak, wisata di Jogja memiliki banyak sekali destinasi yang mengasyikkan. Semua jenis wisata yang kamu mau ada di sini. Jogja menawarkan wisata alam, sejarah, budaya, religi, dan kuliner yang terkenal, baik di kalangan turis lokal maupun internasional.

Jalan-jalan ke tempat wisata sering dilakukan di pagi atau sore hari karena malam hari biasanya dipakai untuk beristirahat. Tetapi, banyak juga loh wisatawan yang justru ingin merasakan pengalaman wisata malam. Mereka biasanya pergi untuk nongkrong bersama kawan-kawan atau sekadar mencicipi kuliner khas kota yang dikunjungi.

Nah, ngomong-ngomong wisata malam, Jogja punya banyak pilihan yang menarik. Kamu bisa nongkrong dengan teman-teman di tempat ikonik, berfoto, dan menikmati makanan khas Jogja.  Kehangatan suasana Jogja dijamin bikin kamu jatuh cinta dengan tempat ini. Inilah lima tempat wisata malam di Jogja yang bisa membuat malam liburanmu lebih berwarna.

1. Malioboro

Sumber foto: www.jogjaonstage.com

Jogja dan Malioboro adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Mendengar nama Jogja memang identik dengan Malioboro. Rasanya aneh jika pergi ke Jogja tanpa mengunjungi Malioboro. Tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan biasanya untuk membeli oleh-oleh.

Kamu bakal menikmati suasana yang berbeda jika mengunjungi Malioboro di malam hari. Suasananya yang hangat membuat Malioboro mudah dirindukan. Kamu bisa jalan-jalan santai, melihat sekelompok orang bermain musik dan bernyanyi, menikmati makanan khas, dan berbelanja. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas seperti batik, bakpia patok, dan pernak-pernik bertema Jogja.

2. Ramayana Ballet Prambanan

Sumber foto: www.hoteltentrem.com

Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang terkenal. Jam operasional kunjungan ke dalam Candi Prambanan memang hanya buka dari pagi hingga sore hari. Namun, pada malam hari kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Jogja ini untuk menikmati pertunjukkan Ramayana Ballet. Apakah kamu sudah pernah mendengar pertunjukkan ini?

Ramayana Ballet Prambanan merupakan suatu pertunjukkan sendratari (seni, drama, tari) tanpa dialog berdasarkan kisah Ramayana yang dilaksanakan di pelataran Candi Prambanan. Sendratari yang sudah ada sejak tahun 1961 ini berkisah tentang perjalanan Rama dalam menyelamatkan istrinya, Sinta, yang diculik oleh Rahwana.

Event wisata di Jogja ini memiliki dua versi pertunjukkan. Versi pertama dipentaskan per babak dalam empat malam pertunjukkan untuk keseluruhan kisah. Setiap babak memiliki durasi 1,5 jam. Sementara itu, versi kedua dimainkan dalam babak penuh yang merupakan gabungan dari empat babak yang kemudian dipentaskan dalam satu kali pertunjukkan. Pertunjukkan versi kedua berdurasi dua jam.

Ramayana Ballet Prambanan ini meraih penghargaan Guinness World Record pada tahun 2012 untuk kategori “Largest Ramayana Dance” (jumlah penari terbanyak). Event wisata di Jogja ini dimulai pada pukul 19.30. Harga tiket masuknya berkisar Rp 125.000 sampai Rp 400.000.

3. Bukit Bintang Jogja

Sumber foto: www.nativeindonesia.com

Kalau kamu ingin mencari tempat wisata di Jogja yang indah untuk dinner romantis, Bob rekomendasiin kamu ke Bukit Bintang Jogja. Bukit ini sebenanya memiliki nama asli Bukit Hargo Dumilah, tetapi keindahan bintang yang dilihat pengunjung selama mereka berada di tempat wisata di Jogja ini sangat melekat di pikiran. Oleh karena itu, bukit ini lebih dikenal dengan nama Bukit Bintang Jogja.

Destinasi wisata di Jogja ini terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Jogja dan Wono Sari, tepatnya di kilometer 15, Bukit Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi untuk sampai ke Bukit Bintang Jogja. Tempat wisata di Jogja ini buka 24 jam sehingga kamu bisa berlama-lama di sini.

Menariknya lagi, untuk memasuki kawasan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan warung dan restoran sederhana dengan harga yang terjangkau di Bukit Bintang Jogja. Mereka menjual makanan seperti roti bakar, jagung, mie, nasi goreng, dan ikan bakar, dan minuman misalnya wedang jahe, susu, teh, dan kopi.

4. Alun-Alun Kidul

Sumber foto: www.gudeg.net

Tempat nonkrong lainnya selama wisata di Jogja yang bisa kamu singgahi di malam hari adalah adalah Alun-Alun Kidul. Objek wisata di Jogja ini adalah halaman belakang Keraton Yogyakarta. Lokasinya dekat Taman Sari. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas santai selama berada di Alun-Alun Kidul. Kamu bisa masuk ke objek wisata di Jogja ini dengan gratis.

Kamu bisa duduk lesehan dan bercengkerama bersama teman atau keluarga di Alun-Alun Kidul. Destinasi wisata di Jogja ini terdapat banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman. Kamu juga bisa membeli dan menikmati kuliner khas Jogja.

Aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan selama di Alun-Alun Kidul adalah naik sepeda tandem dan odong-odong atau becak wisata. Alat transportasi yang dihiasi lampu warna-warni ini bisa kamu gunakan untuk mengitari alun-alun. Biaya sewanya berkisar Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Selain itu, ada permainan populer yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Alun-Alun Kidul, yaitu masangin. Dalam permainan ini, kamu harus berjalan kaki dari ujung alun-alun hingga melewati dua beringin kembar yang terletak di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Mitosnya, hanya orang-orang berhati bersih yang dalam satu kali percobaan sukses melewati rintangan ini.

5. Angkringan KR

Sumber foto: www.tripzilla.id

Angkringan menjadi ciri khas kuliner wisata di Jogja. Kamu bisa menemukan angkringan dengan mudah. Dari sekian banyak angkringan yang ada di Jogja, Angkringan KR menjadi tempat kuliner favorit bagi yang sedang wisata di Jogja. KR merupakan singkatan dari Kedaulatan Rakyat. Tempat ini dinamai Angkringan KR karena posisinya berada di depan kantor redaksi harian Kedaulatan Rakyat, tepatnya di Jalan Mangkubumi.

Untuk kamu yang suka kongkow tapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang, Angkringan KR bisa menjadi pilihannya. Tempat wisata di Jogja ini menawarkan beragam menu angkringan misalnya nasi kucing, tempe mendoan, telur puyuh, dan sate usus. Angkringan KR juga dilengkapi dengan menu lainnya seperti sate kerang, sosis, tempura, sate bakso, dan gorengan. Lapar hilang, kantong tenang!

Kesimpulan

Nah, Bob sudah menjelaskan lima tempat wisata di Jogja sebagai referensi destinasi liburan kamu. Bagaimana, tertarik liburan ke Jogja? Kamu bisa ajak keluarga, teman, atau pasangan untuk liburan ke Jogja. Suasananya yang hangat akan memberikan pengalaman wisata malam di Jogja yang tak akan terlupakan. Kamu tidak perlu khawatir dengan budget, karena wisata di Jogja tergolong murah. Kamu juga bisa mendapatkan penginapan yang murah dengan Bobobox.

Bobobox yang merupakan hotel dengan kapsul futuristik ini menawarkan pengalaman beristirahat yang nyaman, unik, dan murah. Keamanan di sini akan tetap terjaga karena setiap kamar menggunakan QR Code yang hanya bisa diakses melalu smartphone milik si penghuni kamar.  Kamu bisa memesan kamar melalui aplikasi Bobobox yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Buruan unduh aplikasi Bobobox! Kamu juga bisa mendapatkan promo menarik juga, loh.

You might also like