via portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com

Bersantap Nikmat Setelah Bertualang Menelusuri Hidden Gem Baturraden di 5 Tempat Kuliner Legendaris Berikut Ini!

Baturraden atau Baturaden merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Banyumas dan berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Purwokerto. Kawasan satu ini menawarkan sejumlah wisata hidden gem yang bisa kamu kunjungi untuk mengusir penat. Setelah puas menelusuri berbagai hidden gem-nya, kamu bisa mengisi energi dengan mengunjungi lima tempat kuliner  Baturraden berikut ini!

Bakso dan Soto Marjuki

kuliner baturraden, bakso dan soto

Rosyad Tamrn/google.com

Buka: 08.00-20.00

Bakso dan Soto Marjuki merupakan tempat kuliner Baturraden yang berlokasi di Dusun I, Kemutug Kidul, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner Baturraden ini menawarkan menu makanan berupa bakso sapi, soto babat, dan soto ayam yang rasanya dijamin bikin kamu nagih. Makanan tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 12.000,00-18.000,00.

Sudah ada sejak lama, Bakso dan Soto Marjuki ini terbilang sering ramai pengunjung. Hanya saja, tempatnya lokasinya tidak berada di jalan raya utama dan tempatnya tidak terlalu luas dengan ukuran sekitar 6×8 meter. Maka dari itu, untuk menikmati favorit masyarakat ini kamu harus rela mengantri, berpanas-panasan, berdesak-desakkan, dan berbagai tempat duduk dengan pengunjung lain.


Baca Juga: Kenali Asal-Usul Baturraden, Tempat Berbagai Destinasi Wisata Hidden Gem Jawa Tengah!


Massapi Café & Resto

@massapicafeandresto/Instagram

Buka: 09.00-22.00

Jika kamu ingin mencari makanan sambil menikmati pemandangan hijau dan kesejukan alam Baturraden, Massapi adalah tempat yang tepat. Pasalnya, Massapi ini mengusung tema outdoor yang memungkinkan pengunjung untuk menyatu dengan keindahan alam Baturraden.

Tempat kuliner Baturraden ini berlokasi di Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi tersebut berdekatan dengan sejumlah wisata populer Baturraden, seperti Kebun Raya Baturraden dan Lokawisata Baturraden.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Massapi juga menyuguhkan konsep tongkrongan yang asyik dan Instagrammable. Tempat kuliner Baturraden yang baru beroperasi pada Agustus 2021 ini dilengkapi dengan bangunan unik berbentuk segitiga yang kerap menjadi spot foto favorit pengunjung. Selain itu, ada juga pajangan sapi bohongan yang tampak tengah memakan rumput atau beristirahat.

Untu fasilitas, tempat kuliner Baturraden ini terbilang cukup lengkap. Fasilitas tersebut meliputi area parkir, musala, toilet, stop kontak, rooftop, area semi-outdoor dan outdoor dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya, Massapi menawarkan beragam menu makanan utama berbahan sapi. Menu tersebut meliputi sapi sambal matahu, sapi sambal ijo, nasi goreng sapi, mie goreng sapi, mie kuah sapi, nasi mangkuk sapi, sop iga, sop buntut dan spo bakso balungan. Harganya mulai dari Rp 30.000,00 hingga 40.000,00.

Selain itu, ada juga menu berbau ayam dengan harga antara Rp 25.000,00-35.000,00. Buat kamu pecinta steak, Massapi juga menyediakan menu steak yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 50.000,00-160.000,00.

Selain itu, ada juga menu camilan dan minuman yang terdiri dari:

  • Mendoan, burger, kentang goreng, pisang goreng, roti bakar dan masih banyak (10-27k)
  • Milkshake (20-25k)
  • Es krim (25 k)
  • Teh panas/es (15-20k)
  • Kopi (15-25k)
  • Wedang (15-20k)
  • Yogurt (30k)
  • Jus (20k)
  • Smoothie (25k)

Baca Juga: Liburan Ke Baturraden? Kunjungi Berbagai Destinasi Wisata Baturraden Berikut Ini!


Mendoan Kriuk

kuliner baturraden, mendoan kriuk

Susiana Fitri Lestari/google.com

Buka: 09.00-01.00

Mendoan Kriuk Baturraden berlokasi di Dusun II Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini berada di terminal atas berdekatan dengan Lokawisata Baturraden.

Tempat kuliner Baturraden ini wajib banget kamu kunjungi, terutama di malam hari, setelah puas berwisata di Baturraden. Di tempat ini, ada sekitar tujuh kios yang menawarkan mendoan sebagai menu andalannya.

Mendoan yang dijajakan terbilang unik sebab ditambah dengan ekstra tepung beruppa kriuk-kriuk, seperti kremesan. Perpaduan kriuk tersebut dengan rasa gurih asin nikmat mendoan, harum daun bawang dan kriuk-kriuk serta sambal kecap dengan potongan cabai dijamin sukses memanjakan lidah kamu. Kamu bisa membeli mendoan itu dengan harga Rp 30.000,00 per porsi isi 10.

Selain mendoan, kios-kios tersebut juga menawarkan menu makanan dan minuman lain. Di antaranya adalah nasi ayam, mie goreng, mie bakso, soto, nasi rames, tahu goreng, pisang goreng, jagung bakar, wedang, teh, susu murni, dan kopi. Jika kiosnya penuh, kamu bisa meminjam tikar dan duduk lesehan di luar sambil menikmati suasana malam Baturraden.


Baca Juga: Berlibur Ke Kota Batu, Malang? Nikmati Kuliner Legendaris Batu Malang!


Watu Dungkul

@watudungkul/Instagram

Buka: 10.00-20.00

Rumah makan Watu Dungkul adalah tempat kuliner Baturraden lainnya yang menawarkan keindahan alam dan kesejukan Baturraden. Lokasinya berada di Jalan Raya Baturraden Barat, Desa Karang Tengah, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Watu Dungkul ini menawarkan suasana khas pedesaan dengan pemandangan sawah dan pepohonan hijau di sekitarnya. Selain memiliki area parkir luas, tempat kuliner Baturraden ini juga menyediakan meja makan yang cukup banyak, yaitu di area aula dan gazebo.

Menu makanannya juga berlimpah sehingga kamu memiliki banyak pilihan untuk disantap. Harga makanan tersebut relatif terjangkau, mulai dar Rp 10.000,00 hingga Rp 100.000,00 tergantung makanan yang kamu pilih. Di antaranya adalah ayam dungkul, ayam goreng, ayam bakar, nila dungkul, gurame dungkul, pecak nila, pecak gurame, oseng kangkung, oseng daun pepaya, oseng genjer, urab, nasi goreng, mie goreng, gorengan, sambal dan masih banyak lagi.

Warung Koboi

kuliner baturraden, warung koboi

via garvingoei.com

Buka: 24 jam

Warung Koboi berlokasi di Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Warung Koboi ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1980-an di tempat yang sama. Untuk penamaan, pemilik warung tidak tahu pasti mengapa warung tersebut dikenal dengan nama Warung Koboi. Nama tersebut dicetuskan begitu saja oleh para pelanggan yang sering makan di warung tersebut.

Tempat kuliner Baturraden ini terbilang sederhana, namun selalu ramai pembeli terutama pengunjung dari luar kota. Tempatnya berupa rumah sederhana khas desa dengan kapasitas sekitar 20-30 orang. Jika berkujung ke sini, kamu harus kuat panas-panasan dan berdesakan dengan pengunjung lain.

Menunya sendiri cukup terbatas, yaitu hanya lima macam saja yang terdiri dari ayam goreng kampung, tahu goreng dan tempe goreng hitam (terbuat dari kedelai hitam), oseng pakis, oseng kangkung, dan petai goreng dengan tambahan nasi sebakul dan sambal goang pedas.

Penyajian makanannya mirip seperti cara penyajian ala rumah makan Padang, yaitu ditumpuk dan kamu hanya membayar yang kamu ambil saja. Untuk harganya, Warung Koboi ini tidak memiliki harga pasti alias menggunakan sistem tembak harga. Murah atau mahalnya tentu tergantung pendapat pengunjung. Rata-rata, pengunjung perlu membayar sekitar Rp 50.000,00 per orang untuk makan di sini.

Mulai Petualanganmu di Bobocabin Baturraden Purwokerto!

Bobocabin kini hadir menawarkan kenyamanan cabin modern dengan kesejukan perbukitan Baturraden, Purwokerto. Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi  Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih. Kabin-kabin yang tersedia pun telah dilengkapi dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad.

Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin tentunya sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlacar semua kegiatan daring kamu! Untuk melengkapi keseruan kamu di tengah alam, Bobocabin juga melengkapi diri dengan fasilitas campire & barbeque hingga entertainment (board games dan proyektor film). Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles