Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tanaman Obat Diabetes yang Dapat Menurunkan Gula Darah!

Tanaman obat diabetes ini ampuh menurunkan kadar gula darah, lho!

Tanaman obat diabetes kerap kali dipilih sebagai alternatif pengobatan yang terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Faktanya setiap tahun pengidap penyakit gula darah semakin bertambah dari berbagai kalangan usia dan juga gender. Baik pria maupun wanita, tua maupun muda, banyak yang berisiko mengidap penyakit diabetes karena riwayat keluarga maupun gaya hidup yang tidak sehat.

Konsumsi obat-obatan yang dijual di apotek maupun yang diresepkan oleh dokter merupakan hal yang umum dilakukan para penderita diabetes. Disamping itu berbagai tanaman obat diabetes pun menjadi solusi untuk menekan kenaikan gula darah dalam tubuh. Seperti yang kamu ketahui salah satu penyebab mengapa banyak orang Indonesia yang terkena diabetes adalah karena tingginya konsumsi karbohidrat terutama yang berasal dari nasi.

Tanaman Obat Diabetes
Diabetes test. Woman hands checking blood sugar level by Glucose meter on blue background, copy space

Mengurangi asupan karbohidrat terbukti dapat memperkecil risio terkena penyakit diabetes namun fakta menunjukkan banyak diantaranya yang terlanjur mengidap penyakit ini. Salah satu keuntungan kita hidup di negara Indonesia adalah kita dianugerahi banyaknya tanaman dan tumbuhan herbal yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh tidak terkecuali untuk mengatasi diabetes.

Tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba memanfaatkan dan  mengonsumsi tanaman obat diabetes yang tumbuh dan dapat ditemukan di sekitar kamu. Nenek moyang kita sejak lama menggunakan tanaman obat diabetes ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka. Selain mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau, tanaman obat diabetes ini pun minim efek samping dan ampuh menurunkan kadar gula darah tubuh. Yuk simak 5 tanaman ibat diabetes berikut ini!

1. Tanaman Obat Diabetes: Si Pahit Penuh Manfaat Pare

Tanaman obat diabetes yang pertama adalah tanaman pare yang dikenal memiliki rasa yang pahit. Dibalik rasanya yang pahit terdapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk menekan kadar gula darah. Kandungan charantin dan polypeptide-P pada tanaman obat diabetes ini bermnafaat untuk memperbaiki dan merangsang sel beta pankreas dalam memproduksi insulin yang mengendalikan darah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tanaman obat diabetes ini dengan merebusnya hingga matang lalu mengonsumsinya sebagai lalapan. kamu juga bisa jus tanaman pare ini dengan kombinasi buah-buahan yang rasanay manis agar jus tidak terasa terlalu pahit. Saat ini sudah banyak juga suplemen yang dijual yang terbuat dari bahan dasar pare sehingga praktis untuk dikonsumsi.

2. Tanaman Obat Diabetes: Air Seduhan Buah Mahkota Dewa

Tanaman obat diabetes selanjutnya adalah air seduhan buah mahkota dewa. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan 5 hingga 7 buah mahkota dewa yang diiris secara kasar. Pastikan buah mahkota dewa terlah dicuci dengan bersih, lalu rebus irisan buah mahkota dewa hingga mendidih dengan air sebanyak 200 cc atau 200 ml. Rebus air seduhan buah mahkota dewa selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai air berubah warna. Saring air rebusan buah mahkota dewa lalu minum selagi hangat.

3. Tanaman Obat Diabetes: Lidah Buaya

Tanaman obat diabetes berikutnya adalah lidah buaya. Faktanya selain dapat membuat rambut tumbuh subur, lidah buaya pun memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian yang dilakukan pada uji hewan menunjukkan bahwa lidah buaya terbukti dapat membantu memperbaiki sel-sel di organ pankreas. Pankreas merupakan organ penting yang bertugas memproduksi insulin.

Insulin merupakan hormon yang berperan sangat penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat tanaman obat diabetes ini kamu hanya memerlukan 1 lembar lidah buaya saja. Pastikan lidah buaya tersebut telah dicuci bersih sebelum dipotong, dibuang durinya, dan direbus. Rebusan lidah buaya ini akan menghasilkan tiga gelas rebusan lidah buaya yang kemudian dapat kamu konsumsi secara rutin. E

4. Tanaman Obat Diabetes: Teh Hijau

Siapa sangka jika teh hijau merupakan salah satu tanaman obat diabetes yang dapat diandalkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain rasanya yang enak dan segar, teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin berkat senyawa kimia bernama polifenol. Senyawa kimia inilah yang berperan penting dan membuat teh hijau sebagi pilihan anaman obat diabetes yang bisa kamu pilih.

Kandungan antioksidannya yang tinggi pun dapat membuat tubuh kamu menjadi sehat dan membantu menurunkan berat badan, lho. Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman obat diabetes ini kamu dapat mengonsumsi teh hijau sehari dua kali yaitu pada pagi hari dan sore hari. Selain itu teh hijau pun mudah untuk didapatkan dengan harga yang terjangkau.

5. Tanaman Obat Diabetes: Jahe, Ampuh Menurunkan Gula Darah

Tanaman obat diabetes yang terakhir adalah jahe. Jahe dikenal sebagi salah satu rempah yang kerap kali dikonsumsi masayarakat Indonesia untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jahe memang sangat populer atas manfaatnnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti batuk dan flu. Faktanya selain keuda penyakit tersebut, jahe juga mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jahe maka resistensi insulin yang terjadi pada pengidap diabetes dapat diatasi.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Tanaman Obat Diabetes

Bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes penting untuk mengetahui kandungan dan efek samping obat diabetes yang dikonsumsi sekalipun obat tersebut terbuat dari tanaman herbal. Untuk memastikan keamanannya kamu bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu mengenai obat herbal yang akan kamu konsumsi.

Selain itu penting juga untuk memerhatikan apakah obat herbal yang kamu konsumsi terdaftar oleh Bapan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau tidak. Faktanya banyak obat herbal yang kini dijual dalam bentuk kemasan yang memang memudahkan kamu untuk mengonsumsinya karena kamu tak perlu meraciknya sedemikian rupa.

Oleh karena itu kamu harus tetap secara rutin mengonsumsi obat-obatan lainnya yang telah diarahkan oleh dokter. Obat herbal tersebut bukan merupakan pengganti obat-obatan utama dari dokter. Pastikan juga untuk menghentikan penggunaan obat herbal segera jika terjadi reaksi alergi atau tanda-tanda efek samping.

Jaga Kesehatan Kamu dengan Istirahat yang Cukup!

Agar manfaat tanaman herbal Indonesia dapat dirasakan secara maksimal, kamu juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidur berkualitas. Kalau kamu sedang bosan dengan suasana kamar kamu sehingga membuat kamu susah tidur, mampir dan menginap saja di Bobobox!

Banyak fitur menarik yang akan menemani kamu sehingga kamu dijamin tidak akan bsan. Ada Wi-Fi kencang yang bisa kamu gunakan untuk browsing atau streaming. Ada Bluetooth speaker supaya kamu bisa mendengarkan lagu-lagu favorit kamu.

Ada juga fitur moodlamp yang memungkinkan kamu untuk mengubah warna cahaya lampu sesuai suasana hati kamu. ada sekitar 16 warna yang bisa kamu coba. Selain memberikan kesan kekinian, fitur  tersebut juga dapat membantu kamu memproleh tidur berkualitas. Penasaran ingin coba? Yuk segera unduh aplikasinya dan jangan tunggu lama untuk menginap di Bobobox!

You might also like