Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jarang Terdengar, Ini Dia 5 Pulau Terpencil di Dunia

Far far away

Sesekali dalam rutinitas kamu, kamu membutuhkan tempat untuk menyendiri dan melarikan diri dari segala kepenatan, tekanan dan rasa lelah yang mendera. Tempat yang cukup jauh dari keramaian, tenang dan sepi biasanya menjadi pilihan agar tubuh dan pikiran kembali segar dan siap menghadapi hari-hari berikutnya. Meski begitu, tempat-tempat tersebut biasanya masih tergolong mudah dijangkau tidak seperti pulau-pulau terpencil di dunia berikut ini.

Tristan da Cunha

@pla.c.es_in_the_world via Instagram

Tristan da Cunha merupakan pulau terpencil di dunia yang berlokasi di Samudra Atlantik selatan. Tristan Da Cunha ini adalah salah satu dari lima pulau dalam gugus kepulauan Tristan Da Cunha dengan jarak 2.816 km dari Afrika Selatan.

Rumah bagi sekitar 250 penduduk berkewarganegaraan Inggris, Tristan Da Cunha memiliki sebuah gunung api aktif dan hanya satu pemukiman bernama Edinburgh of the Seven Seas. Karenanya, tempat ini bisa dibilang sangat sepi hingga kamu bisa mendengar suara rumput yang tengah tumbuh. Selain itu, pemukiman tersebut juga terbilang aman dan penggunaan kunci pun tidak diperlukan.

Jika ingin berkunjung ke sini, jangan harap kamu akan menemukan hotel mewah ataupun bandara. Berenang bebas di lautan pun sangat tidak memungkinkan mengingat ombak dan anginnya yang cukup kencang. Karena tidak memiliki bandara, akses ke pulau pun terbatas hanya dengan menggunakan transportasi laut. Biasanya, ada sekitar 10 pelayaran dalam setahun dari Cape Town, Afrika Selatan dan juga Namibia.

Kapal-kapal tersebut akan membutuhkan lima hingga enam hari untuk sampai di Tristan da Cunha. Namun, sebelum itu pastikan dulu kamu sudah memberitahukan kedatangan kamu dari jauh hari dan mengantongi izin untuk mengunjungi pulau tersebut.

Pulau Easter

@stephaniemorcinek via Unsplash

Pulau Easter merupakan pulau terpencil di dunia yang masuk ke dalam wilayah negara Chili. Pulau Easter ini terletak sekitar 3.540 km dari lepas pantai Chili, 1.931 km dari Pulau Pitcairn, 2.574 km dari pulau terbesar Kepulauan Gambier, dan 4.184 km dari Tahiti.

Selain terpencil, pulau yang dikenal dengan nama Rapa Nui ini juga memiliki keunikan berupa 887 patung monolitik kuno yang disebut moai. Patung-patung tersebut terbuat dari batuan vulkanis yang dipahat oleh suku asli Polinesia sekitar tahun 1.200 sampai 1.500 CE (Era Umum) dengan tinggi sekitar empat metar dan berat 14 ton. Kebayang kan seraksasa apa patungnnya!

Karena keunikannya tersebut, pulau dengan jumlah penduduk kurang dari  8.000 jiwa ini pun ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Penamaan Pulau Easter atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Paskah ini berasal dari tanggal ditemukannya pulau tersebut oleh seseorang berkebangsaan Belanda di Hari Paskah pada tahun 1772.

Selain berpredikat sebagai salah satu pulau terpencil di dunia, Pulau Easter juga merupakan daratan terdekat dengan Point Nemo, yakni titik terjauh dari daratan. Point Nemo sendiri berjarak sekitar 1.609 km dari pesisir Pulau Easter, Ducie dan Maher.

Pulau Pitcairn

@diogokyrillos via Instagram

Pulau Pitcairn merupakan pulau terpencil di dunia selanjutnya yang terletak di Samudra Pasifik selatan. Sama halnya seperti Tristan  Da Cunha, Pulau Pitcairn ini merupakan salah satu dari gugus Kepulauan Pitcairn yang terdiri dari empat pulau yaitu Pitcairn, Henderson, Ducie dan Oeni. Pulau Pitcairn inilah satu-satunya yang berpenghuni dengan panjang sekitar 3,2 km dan lebar 1,6 km.

Melansir Government.pn, pulau satu ini hanya dihuni oleh sekitar 50 penduduk yang merupakan keturunan dari para pemberontak HMAV Bounty (kapal dagang Angkatan Laut Brtania Raya) pada tahun 1790 silam dan rekan-rekannya yang berasal dari Tahiti. Dengan bergantung pada sektor pariwisata, Pulau Pitcairn tentu menawarkan keindahan alam yang akan membuat pengunjung bersorak ria.

Kamu bisa menikmati petroglif kuno, pantai di dekat petroglif, lautan biru dengan air jernih, pemandangan paus bungkuk dari atas bukit, pemandangan langit malam tanpa polusi cahaya dan masih banyak lagi. Sayangnya, pesona Pulau Pitcairn sempat tercoreng pada tahun 2004 lalu karena adanya skandal pelecehan seksual pada anak-anak di bawah umur. Dalam kasus tersebut, tujuh orang didakwa dan salah satunya adalah walikota di pulau tersebut.

Pulau Gambier

via britannica.com

Kepulauan Gambier merupakan salah satu dar lima kepulauan yang membentuk Polinesia Prancis. Kepulauan ini sendiri terletak di Samudra Pasifik tengah dan berjarak 1.600 km dari Tahiti.

Terdiri dari lima pulau vulkanis serta 18 pulau-pulau kecil yang berada di perairan yang lebih dalam dan dikelilingi terumbu karang, pulau terbesar sekaligus berpenghuni dari Kepulauan Gambier ini adalah Pulau Mangareva. Sisanya adalah pulau-pulau tidak berpenghuni namun bisa dikunjungi terutama oleh penduduk pulau yang hendak memanen ikan dan kelapa.

Pulau-pulau terpencil di dunia ini terkenal dengan keindahan keindahan terumbu kerang, lagunanya yang berair biru jernih, serta budidaya mutiara hitamnya yang melimpah. Karena menjadi salah satu sektor penting, tempat-tempat budidaya mutiara dapat dengan mudah kamu temukan saat kamu berjalan menjelajahi pulau. Hal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh mutiara hitam dengan harga miring sebagai oleh-oleh.

Selain itu, pengunjung juga biasanya tertarik dengan sejarah gugus pulau tersebut terutama di awal kemunculan misionaris Katolik. Karena itu, baik di pulau utama ataupun pulau-pulau kecilna, kamu akan menjumpai sisa-sisa peninggalan zaman tersebut seperti gereja-gereja lama yang terbuat dari batu karang kapur. Salah satu yang menjadi destinasi wajib adalah Saint Michael’s Cathedral yang berlokasi di Rikitea, Pulau Mangareva. Karena jaraknya yang cukup jauh, berkunjung ke Kepulauan Gambier membuat pengunjung harus rela merogoh kocek cukup dalam untuk mencapai pulau tersebut dar ibukota Tahiti, Papeete.

Pulau Bouvet

via cntraveler.com

Jika Tristan Da Cunha merupakan pulau berpenghuni, maka Pulau Bouvet adalah kebalikannya. Selain terpencil, pulau satu ini juga tidak berpenghuni dan memiliki kesan yang suram karena termasuk pulau yang diselimuti oleh gletser.

Berlokasi sekitar 1.609 km dari benua Antartika, pulau terpencil di dunia ini termasuk ke dalam wilayah negara Norwegia dan memiliki gunung berapi tidak aktif yang terisi oleh es. Saat musim dingin tiba, lautan di sekitarnya akan menjadi bongkahan es tebal.

Mengingat keseluruhan pulau merupakan konservasi alam, tidak sembarangan orang bisa datang mengunjungi Pulau Bouvet dan mendapatkan izin dari pemerintah Norwegia. Pengunjung biasanya didominasi oleh para peneliti yang hendak melakukan penelitian untuk biologi kelautan, survei geologi, dan semacamnya.

Jika sudah ada alasan meyakinkan untuk berkunjung, kamu bisa menumpang kapal ekspedisi lalu menaiki helikopter untuk bisa mendarat di pulau tersebut karena tidak ada pelabuhan di sana.

Butuh penginapan nyaman dan lokasi strategis namun  dengan harga terjangkau? Bobobox adalah solusi yang tepat untuk masalah kamu. Selain nyaman, Bobobox juga dilengkapi dengan fasilitas canggih, pelayanan yang ramah dan kebersihan serta keamanan yang sangat terjaga. Hotelnya pun bisa kamu temukan di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Yuk, tunggu apalagi? Booking lewat aplikasi Bobobox dan jangan sampai kelewatan informasi serta promo-promo terbarunya!

You might also like