Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Merek Sepeda Bagus, Tidak Hanya Brompton Lho!

Sudah pasti berkualitas tinggi!

Tren bersepeda kini kembali tumbuh di tengah pandemi COVID-19 sebagai salah satu upaya menghilangkan kepenatan, karenanya tak sedikit orang yang menggunakan sepeda bagus nan mahal untuk menunjang kegiatan ini. Salah satu yang sedang digandrungi adalah tren sepeda lipat Brompton.

Sesuai dengan namanya, sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat. Dengan bobot yang ringan, sepeda jenis ini pun mudah dibawa kemana-mana. Brompton sendiri merupakan merek sepeda lipat yang terbilang mahal dan kerap digunakan oleh banyak artis Tanah Air.

Sepeda yang dikhususkan untuk wilayah perkotaan ini berasal dari London, Inggris dan pertama kali dirancang oleh Andrew Ritchie pada tahun 1975. Setiap tahunnya, Brompton memproduksi lebih dari 45.000 unit sepeda lipat.

Sepeda bagus ini juga tergolong mahal karena desainnya yang ringkas serta penggunaan material yang kuat dan berkualitas sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ukurannya yang kecil setelah dilipat juga menambah nilai plus Brompton karena data menghemat tempat. Waktu yang diperlukan untuk melipat sepeda pun tidak lebih dari 20 detik.

Selain itu, pembuatannya dilakukan sepenuhnya di Inggris, mereka tidak membuka cabang pabrik di negara-negara lain. Selain itu, sepeda-sepeda tersebut kabarnya dibuat dengan tangan oleh para pengrajin yang terlatih. Maka dari itu, harga produksinya pun cukup tinggi.

Harganya mulai dari kisaran belasan hingga puluhan juta jika dijual di Inggris. Nah, kalau sudah masuk Indonesia tentu harganya akan semakin melambung. Kehadirannya pun sudah lama menemani pecinta sepeda sejak akhir 90an. Tak heran deh Brompton terkesan sebagai satu-satunya sepeda lipat dengan harga selangit.

Meski begitu, Brompton bukanlah satu-satunya sepeda lipat dengan harga mahal dan kualitas bagus. Masih banyak merek sepeda lipat ternama yang kualitasnya tidak kalah dari Brompton. Berikut ini, Bob sudah merangkum lima merek sepeda lipat bagus yang seringkali berkeliaran di Indonesia namun tak seheboh tren Brompton. Yuk simak informasinya!

Alex Moulton

spinwarriors.com

Alex Moulton merupakan merek sepeda yang juga berasal dari Inggris. Sepeda yang diluncurkan sejak tahun 1962 ini didirikan oleh Alexander Eric Moulton. Nama merek sepeda pun diambil dari sang pembuat yang merupakan seorang insinyur asal Inggris. Selain itu, dia juga dikenal sebagai seorang penemu dengan spesialisasi dalam desain suspensi.

Perusahaan sepeda Alex Moulton bisa dibilang merupakan pionir sepeda dengan roda kecil. Saat itu, Moulton berpikir bahwa model diamond (bentuk yang umum saat itu) pada sepeda tidak cocok digunakan untuk perempuan terutama untuk berbelanja. Maka dari itu, dia pun merancang sepeda dengan ban yang lebih kecil serta memakai suspensi agar nyaman digunakan setiap harinya.

Selain memperkenalkan sepeda dengan ban kecil, Alex Moulton juga menggunakan sistem peredam kejut depan/belakang. Selama bertahun-tahun, sepeda Moulton pun sudah dikembangkan dan terus disempurnakan hingga sekarang menjadi merek sepeda bagus yang cukup bergengsi di seluruh dunia.

Sebeanrnya, sepeda Alex Moulton ini cukup berbeda dengan sepeda lipat lainnya. Pengguna sepeda harus melepas sambungan pada sepeda satu per satu hingga terbagi ke dalam beberapa bagian. Jika ingin digunakan lagi, penggunan harus merakitnya kembali. Harga yang ditawarkan untuk Alex Moulton juga cukup tinggi, sekitar Rp 38 hingga 100 jutaan.

Tyrell

 

tryrellbike.com

Selain Eropa dan Amerika, Asia juga memiliki produsen penghasil sepeda bagus dan mendunia. Salah satunya adalah Jepang lewat merek Tyrell yang terkenal akan sepeda lipat dan Mini Velonya. Didirikan pada tahun 2004 oleh Masahito Hirose, merek sepeda bagus ini telah meraih banyak penghargaan desain di Jepang.

Penghargaan tersebut didapatkan bahkan sebelum produknya diluncurkan ke pasar konsumen pada tahun 2005. Karenanya, tidak mengherankan bahwa sepeda ini cukup diminati, termasuk di Indonesia.

Varian yang ditawarkan Tyrell adalah Tyrell XF, Tyrell PK1, Tyrell PKZ, Tyrell IVE, Tyrell CSI, Tyrell CX dan Tyrell FSX. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, sekitar 26 hingga 60 jutaan. Hal ini bergantung pada spesifikasi yang kamu pilih.

Bike Friday

bikefriday.com

Sepeda bagus lainnya yang tak kalah dari Brompton adalah sepeda lipat merek Bike Friday. Merek yang satu ini berasal dari negeri Paman Sam dan sudah berdiri sejak tahun 1992. Pembuatannya dilakukan di kota Eugene, Oregon dengan beragam varian.

Karenanya kamu bisa memilih mulai dari sepeda yang dapat dilipat dengan cepat sampai sepeda lipat layaknya Mini Velo. Uniknya, Bike Friday bisa membuatkan sepeda sesuai dengan kebutuhan pembeli atau custom baik dari segi warna, ukuran hingga pilihan groupset.

Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat bersepeda sesuai dengan tubuh, gaya hidup serta gaya bersepeda masing-masing individu. Selain itu, Bike Friday juga menawarkan jenis sepeda tandem, sepeda kargo (bisa untuk mengangkut barang atau membonceng si kecil), serta sepeda elektrik.

Selain menawarkan sepeda custom, Bike Friday juga termasuk perusahaan dengan konsep perusahaan hijau (green company) yang bertujuan untuk meminimalisir dampak buruk pada lingkungan. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 27 hingga 40 jutaan.

Birdy

birdybicycle.com

Selain bersepeda di kawasan perkotaan, sepeda lipat juga bisa  digunakan untuk bersepeda di kawasan pegunungan. Salah satu yang cocok untuk kegiatan tersebut adalah sepeda bagus dengan merek Birdy.

Sepeda Birdy merupakan merek sepeda bagus yang cukup populer di dunia. Birdy sendiri berasal dari Jerman dan pertama kali dirancang markus Riese dan Heiko Müller. Keduanya mulai memproduksi sepeda tersebut pada tahun 1992.

Sebelum mendirikan perusahaan tersebut, keduanya bertemu saat masih di universitas. Mereka seringkali menghabiskan waktu untuk mengonversi sepeda dan memanfaatkan ide-ide dan desain mereka agar hasilnya optimal.

Sepeda lipat Birdy sendiri kini dilengkapi dengan teknologi khusus agar sepeda tetap stabil saat menikung. Selain itu, sepeda ini juga dibekali dengan suspensi di bagian depan maupun belakang sehingga selalu tangguh di area pegunungan.

Kalau masalah bobot, tidak usah diragukan lagi. Bobotnya yang ringan akan memudahkan kamu membawanya kemanapun kamu pergi. Harga yang ditawarkan untuk sepeda Birdy adalah sekitar 32 sampai 79 juta Rupiah.

Hummingbird

hummingbirdbike.com

Satu lagi mereka sepeda bagus dari Inggris yang tak kalah dari Brompton, namanya adalah Hummingbird. Merek seped ini diklaim sebagai sepeda lipat teringan di dunia lho! Beratnya hanya 6,9 kilogram sehingga terpaut jauh dengan kebanyakan sepeda lipat lainnya.

Bobot ringan tersebut disebabkan oleh rangka serat karbon yang sangat ringan dan biasanya digunakan di area balap dan dunia penerbangan. Dengan bobot ringan tersebut, tentu kamu akan lebih mudah membawanya kemanapun kamu mau.

Sepeda merek Hummingbird hadir dalam tiga pilihan yaitu single speed, multi-speed, dan electric. Harga yang ditawarkan untuk single speed adalah sekitar Rp 67 jutaan, multi-speed Rp 74 jutaan dan elektrik sekitar Rp 89 jutaan.

Istirahat Nyaman di Bobobox

bobobox kota lama

Selain berolahraga denga kegiatan bersepeda, jangan lupakan tidur yang cukup agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga. Jika ingin suasan baru untuk berisitirahat, kamu bisa datang ke hotel kapsul Bobobox.

Hotel yang satu ini sudah tersedia di tiga kota di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta dan Semarang. Setelah lelah bersepeda, langsung saja meluncur ke pod Bobobox terdekat kamu.

Untuk booking, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Bobobox di ponsel kamu. Setelah membayar, kamu akan mendapatkan QR code yang digunakan untuk akses pod kamu. Simple banget kan!

Nikmati fasilitas-fasilitas yang akan menemani kamu selama menginap di Bobobox. Beberapa di antaranya adalah Wi-Fi gratis, moodlamp, Bluetooth speaker, dan AC. Kamu bisa berselancar di dunia maya sepuas kamu dengan ditemani alunan musik favorit kamu dan cahaya lampu yang bisa kamu atur sesuai mood kamu. Harga yang ditawarkan terjangkau namun pengalaman kamu menginap takkan terlupakan karena kenyamanan serta keseruan yang ditawarkan Bobobox.

You might also like