Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selain Belajar Bersabar, Ini Dia 5 Manfaat Memancing!

Berikut adalah manfaat memancing yang baik bagi kesehatan jiwa dan tubuh!

Manfaat memancing berikut ini banyak disepelekan orang lain namun faktanya banyak dicari oleh sebagian orang. Kegiatan memancing kerap kali dipandang sebagi kegiatan yang membosankan dan kuno sehingga peminatnya memang tidak begitu banyak. Banyak orang menganggap manfaat memancing hanya dapat dirasakan bagi mereka yang telah memasuki usia lanjut. Padahal manfaat memancing ini bisa didapatkan oleh segala macam usia.

Manfaat memancing tak hanya soal melatih kesabaran. Manfaat memancing memberikan banyak presepsi baru yang baik bagi kesehatan jiwa. Selain kesehatan jiwa, manfaat memancing juga memberi keuntungan terhadap peningkatan kualitas kesehatan. Jadi singkirkan jauh-jauh presepsi bahwa kegiatan memancing merupakan hal yang membuang-buang waktu saja. Manfaat memancing ini juga bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang membutuhkan terapi untuk kestabilan jiwa.

Seperti halnya hobi pada umumnya, kegiatan memancing merupakan salah satu kegiatan yang banyak orang lain lakukan untuk menghilangkan penat. Manfaat memancing bagi sebagian orang adalah momen untuk melarikan diri sejenak dari dunia nyata dan hiruk pikuk kota. Tentu akan terasa melelahkan dan membosankan ketika kamu harus duduk di depan komputer seharian saat bekerja. Dengan memancing kamu bisa mendaatkan banyak manfaat memancing seperti berikut ini!

1. Manfaat Memancing: Melatih Kesabaran dan Menghilangkan Stres

Manfaat memancing yang pertama adalah melatih kesabaran. Di zaman serba teknologi ini hampir semua hal dapat dikerjakan dengan cepat. Tuntutan pekerjaan pun terkadang membuat kamu harus bekerja serba cepat sehingga membentuk pribadi yang tidak sabaran. Tentu saja perasaan tidak sabaran ini membuat kita mudah lelah dan membua kita cemas. Faktanya kamu bisa melatih kesabaran kamu melalui manfaat memancing.

Saat memancing, kamu dituntut untuk menunggu ikan menarik kail pancingan kamu. Proses menunggu ini mungkin akan terasa melelahkan bagi kamu saat pertama kali mencobanya. Namun seiring berjalannya waktu kamu akan menikmati proses menunggu ini dan membuat pikiran kamu terasa tenang. Ketenangan inilah yang kemudian memberikan manfaat memancing berupa stress relief atau penghilang stres.

Jadi bagi kamu yang merasa bahu dan kepala terasa berat karena beban stres harian kamu bisa coba kegiatan memancing. Manfaat memancing sebagai penghilang stres ini pun akan membantu kamu dapat tidur terlelap pada malam harinya. Faktanya sekitar 40% orang dewasa akan merasa lebih tenang saat mereka berada di sekitar air. Pemandangan sekitar kolam pemancingan seperti sungai, danau, laut, pepohonan, dan burung-burung juga akan membuat kamu tenang.

2. Manfaat Memancing: Melatih Ekspetasi

Manfaat memancing selanjutnya adalah melatih ekspetasi. Manfaat memancing ini mungkin terdengar sepele namun faktanya banyak orang yang merasa stres karena terjebak dengan ekspetasinya sendiri. Ekspetasi yang berlebihan dan terlalu tinggi kadang membuat kamu mudah terjatuh dan frustasi. Oleh karena itu manfaat memancing ini akan membantu kamu melatih ekspetasi kamu agar kamu tak mudah jatuh dan belajar untuk menerima keadaan.

Saat kamu melakukan kegiatan memancing tentunya tak selamanya kamu akan mendapatkan ikan. Saat memancing pun kamu tak akan selamanya menunggu. Ikan yang kamu tangkap pun tak akan selamanya ikan yang kamu harapkan dapatkan. Ketidakpastiaan saat memancing ini akan membantu melatih kamu untuk menurunkan ego dan ekspetasi kamu. Hal ini akan membuat kamu mudah menerima ketidakpastian apapun yang kamu hadapi tanpa harus merasa frustasi.

manfaat memancing

3. Manfaat Memancing: Melatih Kestabilan Emosi dan Konsentrasi

Memancing juga memiliki manfaat bagi kestabilan emosi seseorang. Emosi ini bukan hanya sekedar emosi berupa amarah tetapi juga berbagai kegelisahan, kesedihan, kebimbangan, dan perasaan lainnya yang kamu rasakan. Pasti kamu memiliki emosi-emosi yang menggangu namun sulit kamu ekspresikan atau keluarkan, bukan? Kamu bisa coba kegiatan memancing untuk meluapkan semua emosi kamu dan mendapatkan kestabilan emosi.

Hal ini bisa terjadi karena kegiatan memancing mendorong kamu untuk mencari titik ketenangan melalui renungan. Bisa saja kegiatan memancing ini justru menumbuhkan presepsi baru kamu mengenai cara memandang kehidupan atau bahkan menumbuhkan banyak ide kreatif. Kegiatan memancing juga mendorong kamu untuk konsentrasi dalam mencapai tujuan kamu. Ketenangan yang ada di sekitar tempat pemancingan akan membuat kamu mudah berkonsentrasi.

Kamu bisa memanfaatkan waktu memancing tersebut untuk membaca buku yang menyenangkan atau yang membantu mengembangkan dii kamu. Jadi bagi kamu yang sulit membangun kebiasaan membaca buku karena sulit berkonsentrasi jika melakukannya di rumah, kamu bisa mencobanya saat melakukan kegiatan memancing.

4. Manfaat Memancing: Membangun Percaya Diri dan Menyehatkan Tubuh

Manfaat memancing berikutnya adalah mampu menumbuhkan rasa percaya diri. Saar memancing kamu akan melalui berbagai proses dimulai dari mencapai tempat pemancingan, menyiapkan kail dan pancingan, dan proses menunggu. Semua proses tersebut kemudian membuahkan hasil berupa tangkapan ikan. Ikan yang kamu tangkap telah melalui proses perjuangan dari keringat kamu sendiri. Tentunya hal ini membentuk rasa kebanggaan dan percaya diri dibandingkan membeli ikan.

Selain itu hobi yang menyenangkan ini pun dapat membuat tubuh kamu sehat. Jika tempat pancingan yang akan kamu kunjungi ternyata berlokasi jauh kamu mungkin perlu banyak berjalan kaki terlebih dahulu. Jika tidak, setidaknya sinar matahari yang kamu dapatkan saat memancing akan menjadi sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan kamu. Vitamin D tersebut dapat mencegah kamu dari berbagai risiko penyakit termasuk memperkuat daya tahan tubuh kamu.

5. Manfaat Memancing: Membuat Bahagia dan Mudah Bersyukur

Manfaat yang terakhir adalah kegiatan memancing akan membuat kamu lebih bahagia dan mudah bersyukur. Kebahagian dapat datang dengan mudah kepada mereka yang menyederhanakan sumber kebahagiannya. Kamu bisa merasa bahagia dengan memiliki waktu untuk memancing, mendapatkan ikan, dan bisa berada di alam terbuka. Kebahagian ini kemudian akan mengantarkan kamu untuk senantiasa bersyukur atas keadaan kamu dan segala yang kamu miliki. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba kegiatan memancing?

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Melakukan kegiatan memancing sekaligus melihat tingkah laku ikan di kolam pemancingan memang bisa membuat pikiran kita rileks. Tak hanya itu, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pikiran dan jiwamu rileks, salah satunya adalah dengan staycation! Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like