Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Manfaat Masker Madu Dalam Skincare Routine Kamu!

Tak perlu khawatir iritasi, manfaat masker madu ini dijamin bikin kulit makin sehat!

Manfaat masker madu untuk wajah ini ternyata sangat banyak, lho. Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa dibilang sangat mudah ditemukan yang tak hanya menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin tapi juga menyehatkan kulit wajah. Seperti yang mungkin kamu sadari, belakangan ini sudah cukup banyak brand skincare yang mengeluarkan produk perawatan wajah dengan memanfaatkan kandungan madu sebagai bahan utamanya.

Tak hanya skincare buatan lokal, skincare buatan luar negeri pun sudah banyak yang menyadari manfaat penggunaan madu dalam merawat kecantikan kulit. Dari sekian banyak produk perawatan wajah yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya, pada kesempatan kali ini Bob akan membahas masker madu. Jika kamu merasa kerepotan untuk membeli produk skincare berbahan dasar madu, kamu juga bisa memanfaatkan madu yang tersedia di rumah kamu untuk dijadikan masker.

Faktanya kandungan nutrisi pada madu bisa memberikan khasiat yang sangat baik bagi kulit yang bermasalah. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal, rutinitas menggunakan masker madu ini dapat mempertahan kesehatan kulit. Jika kamu berniat untuk menggunakan madu yang kamu miliki di rumah untuk dijadikan masker, pastikan jika madu tersebut asli dan sebisa mungkin madu tersebut belum melewati tahapan pasteurisasi. 

Keaslian madu adalah hal yang penting kamu perhatikan karena madu asli yang alami dihasilkan oleh lebah dan mengandung berbagai komponen zat yang berguna untuk kulit. Beberapa nutrisi baik pada madu ini diantaranya adalah fruktosa, glukosa, protein, asam amino, mineral, enzim, dan masih banyak lagi. Yuk langsung saja simak beberapa manfaat masker madu untuk wajah dan cara menggunakannya sebagai berikut!

1. Manfaat Masker Madu: Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat masker madu yang umumnya masyarakat ketahui adalah kemampuannya dalam mengatasi jerawat pada kulit. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat anti inflamasi atau antiradang sekaligus antibakteri sehingga dapat membantu kamu meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. 

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menunjukkan bahwa madu memiliki enzim yang dapat membentuk hidrogen peroksida yang merupakan salah satu zat antimikroba. Seperti yang kamu ketahui, jerawat dapat timbul salah satunya karena adanya bakteri penyebab jerawat bernama Propionibacterium acnes. Manfaat masker madu ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

skincare.com

2. Manfaat Masker Madu: Menyamarkan Bekas Jerawat

Manfaat masker madu selanjutnya adalah menyamarkan noda bekas jerawat. Setelah jerawat hilang maka permasalahan belumlah selesai. Umumnya jerawat yang meradang cenderung akan meninggalkan noda bekas jerawat yang membutuhkan waktu cukup lama untuk hilang. Salah satu usaha yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda bekas jerawat ini adalah dengan menggunakan masker madu.

3. Manfaat Masker Madu: Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati bisa dihilangkan dengan bantuan eksfoliator fisik seperti scrub ataupun eksfoliator kimia seperti kandungan AHA, BHA, dan PHA. Namun tak sedikit orang yang tidak cocok menggunakan kedua jenis eksfoliator ini karena kulit menjadi iritasi. Jika kamu adalah salah satu di antaranya maka kamu bisa mengangkat sel kulit mati menggunakan masker madu.

4. Manfaat Masker Madu: Melembabkan Kulit

Manfaat masker madu untuk wajah berikutnya adalah kemampuannya untuk melembabkan kulit. Faktanya madu memiliki kandungan yang dapat membantu mencegah kulit menjadi kering dan juga kusam. Bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat masker madu ini kamu bisa mulai mencuci kulit wajah kamu terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa langsung mengoleskan madu pada permukaan wajah secara merata lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

5. Manfaat Masker Madu: Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat masker madu untuk wajah lainnya adalah menyembuhkan penyakit kulit. Salah satu penyakit kulit ini adalah psoriaris. Dengan menggunakan masker madu maka kulit akan lebih cepat mengalami proses pemulihan penyakit kulit dan juga mengurangi peradangan yang terjadi. Salah satu jenis madu yang dinilai efekif untuk penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim madu manuka.

manfaat masker madu

6. Manfaat Masker Madu: Memperlambat Tanda-tanda Penuaan

Kabar baik bagi kamu yang sedang mencari perawatn wajah untuk mencegah penuaan. Faktanya salah satu manfaat masker madu adalah membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Madu memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit karena paparan lingkungan. Selain itu manfaat masker madu juga dapat membantu memudarkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, kerutan, atau garis halus di wajah. 

7. Manfaat Masker Madu: Membasmi Jamur

Tak hanya memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah, manfaat masker madu ini juga bisa kamu dapatkan di bagian tubuh lain yang bermasalah. Jika kamu memiliki masalah kulit karena jamur penyebab infeksi kulit seperti kurap, kamu bisa coba gunakan masker madu. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan pada area wajah atau area kulit lainnya yang sedang bermasalah dengan madu murni. 

Manfaat Masker Madu untuk Kulit Wajah dan Efek Sampingnya

Penting untuk kamu ketahui meskipun masker madu ini memiliki banyak manfaat kamu harus mengetahui seberapa parah masalah kulit yang kamu alami. Jika kulit kamu mengalami masalah yang cukup berat maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dan mengunjungi dokter kulit. Hal ini dikarenakan bergantung hanya dengan penggunaan masker madu saja tidak akan cukup untuk mengatasi permasalahan kulit yang berat dan untuk menghindari timbulnya iritasi.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@meggyn via Unsplash

Bagaimana Cara Memakai Masker Madu yang Aman?

Apakah penggunaan masker madu untuk kulit itu aman? Ya, tentu aman digunakan. Namun penting untuk memerhatikan keaslian madu dan juga untuk hati-hati tidak asalan mencampurkan madu dengan kandungan lainnya untuk menghindari timbulnya iritasi.

Agar kamu dapat memperoleh manfaat masker madu untuk wajah yang maksimal, kamu juga bisa melakukan tes alergi sebelum menggunakan masker madu ini. Caranya cukup dengan oleskan madu di salah satu bagian kulit seperti di leher dan diamkan selama minimal 10 menit untuk melihat reaksi berupa rasa gatal, kemerahan, atau pembengkakan yang mungkin terjadi. 

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like