Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hindari 5 Makanan yang Membuat Ngantuk Ini Supaya Nggak Ketiduran di Kantor

Jangan sampai makanan yang membuat ngantuk ini mengganggu produktivitas kamu

Alih-alih kembali bersemangat, kamu malah mengantuk setelah makan siang. Hal ini bisa disebabkan oleh jam makan dan makanan yang membuat ngantuk. Oleh karena itu, supaya kamu bisa tetap beraktivitas dengan baik setelah makan, yuk kita cari tahu apa saja makanan yang bikin ngantuk.

Nasi putih

makanan yang membuat ngantuk
Photo by Pille-Riin Priske on Unsplash

Bagi orang Indonesia, nasi putih adalah makanan wajib. Belum makan kalau belum ada nasi. Akan tetapi, nasi putih adalah makanan yang membuat ngantuk. Hal ini dikarenakan nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi yang berarti dapat dengan cepat menaikkan kandungan gula darah. Pada akhirnya, kamu akan merasakan kantuk akibat triptofan yang bekerja lebih keras.

Daging ayam, makanan yang membuat ngantuk

makanan yang membuat ngantuk
Photo by Brian Chan on Unsplash

Bicara soal triptofan, zat tersebut merupakan asam amino yang hanya bisa diperolah dari makanan dan minuman. Triptofan membantu tubuh untuk memproduksi serotonin, yaitu hormon yang membuat tubuh menjadi rileks. Kemudian, membantu tubuh memproduksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur pola tidur. Nah, ayam sebagai makanan yang membuat ngantuk ini mengandung triptofan.

Keju

makanan yang membuat ngantuk
Photo by Waldemar Brandt on Unsplash

Keju adalah sumber kalsium, lemak, dan protein yang baik. Keju juga mengandung vitamin A dan B-12 yang tinggi selain zinc, fosfor, dan riboflavin. Selain itu, rasanya juga enak apalagi jika dimakan bersama burger, kentang, dan makanan lain. Meskipun begitu, keju adalah makanan yang membuat ngantuk lho. Soalnya, keju adalah makanan berprotein tinggi yang mengandung triptofan, senyawa yang membuat ngantuk.

Kangkung, makanan yang membuat ngantuk

makanan yang membuat ngantuk
Photo by Max Gotts on Unsplash

Makanan berbahan dasar kangkung bisa jadi menu favorit makan siang kamu. Eits, tapi hati-hati ya, soalnya kangkung adalah makanan yang membuat ngantuk. Hal ini dikarenakan kangkung memiliki kadar mineral kalium yang cukup tinggi. Nah, makanan dengan kalium tinggi bisa mengurangi tekanan darah. Dari sanalah efek kantuk yang dirasakan banyak orang setelah mengonsumsi kangkung.

Pisang

makanan yang membuat ngantuk
Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, pisang juga merupakan makanan yang membut ngantuk. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan triptofan yang ada di dalamnya. Kedua zat tersebut merupakan sedative alami yang bikin kamu rileks dan mengantuk.

Cara mengatasi makanan yang membuat ngantuk

Pada umumnya, mengantuk setelah makan siang adalah hal yang normal. Selain diakibatkan oleh makanan yang membuat ngantuk, rasa kantuk di siang hari adalah bagian dari proses alami tubuh. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Salah satu cara untuk menghindari rasa kantuk setelah makan siang adalah dengan tidur siang terlebih dulu. Dengan demikian, enzim yang ada di dalam tubuh lebih siap untuk mencerna makanan yang membuat ngantuk dan tidak bekerja berlebihan.

Ngantuk pas lagi liburan? Tidur siang aja di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho.

Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like