Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!

Karena perawatan glowing dari luar saja tak cukup!

Mendapatkan wajah yang glowing memang tak mudah. Banyak orang yang mengandalkan perawatan produk skincare, bahkan sangat percaya dengan produk yang harganya sangat mahal. Namun, ingat juga bahwa merawat kulit dari dalam sangatlah penting.

Merawat kulit dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk menyehatkan kulit. Selain itu, merawat kulit dari dalam bisa sangat menunjang penggunaan skincare sehingga efeknya bisa terasa lebih maksimal.

Nah, apa saja makanan yang bisa membuat wajah glowing secara alami? Yuk, simak 5 makanan yang bisa membuat wajah glowing berikut ini!

Tomat

Tomat dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Rupanya, tomat juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat wajah glowing, lho.  Ini karena tomat mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen dan lutein.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Photochemical and Photobiological Sciences. Dalam jurnal tersebut, dikatakan bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Selain itu, kandungan beta karoten dan lutein juga dapat membantu meringankan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ketiga senyawa tersebut juga dapat membantu meremajakan kulit wajah dan mencegah munculnya tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@vklee via Unsplash

Brokoli

Sama seperti tomat, brokoli juga merupakan makanan yang bisa membuat wajah glowing karena mengandung senyawa beta karoten. Kandungan lutenin dalam brokoli dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat membuat kulit menjadi kering dan kusut.

Kuntum brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang memiliki efek antikanker. Karenanya, mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu mencegah atau melawan kanker kulit. Sulforaphane juga menjadi agen pelindung terhadap kerusakan kulit wajah akibat sinar matahari.

Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, dan zinc yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, mengonsumsi brokoli juga dapat membuat kulit terlihat segar.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@anniespratt via Unsplash

Ubi Jalar

Kandungan beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan kulit juga ada pada ubi jalar. Beta karoten ini bisa berperan sebagai tabir surya alami, yang menjadikan ubi jalar sebagai salah satu makanan yang bisa membuat wajah glowing.

Zat beta karoten yang terkandung dalam 100 gram ubi jalar mengandung provitamin A yangbisa membuat kulit sehat alami. Nantinya, provitamin A ini dapat menyediakan vitamin A enam kali lipat dari jumlah kebutuhan vitamin A harian.

Ubi jalar juga mengandung antioksidan yang bisa berperan sebagai antiaging untuk kulit wajahmu. Makanan yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian ini diklaim dapat mencegah kulit terbakar, kematian sel, serta berbagai tanda penuaan.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@louishansel via Unsplash

Ikan Berlemak

Menurut Health Line, ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan tuna bisa menjadi makanan yang bisa membuat wajah glowing. Pasalnya jenis ikan berlemak tersebut kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang bisa membuat kulit tetap kenyal, tebal, dan lembab.

Lemak omega 3 ini juga bermanfaat untuk menangkal paparan sinar UV yang sangat berbahaya. Selain itu, lemak omega-3 pada ikan juga dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kemerahan pada jerawat di wajah.

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik bagi kulit. Kandungan vitamin ini dapat membantu menangkal radikal bebas pada wajah. Belum lagi kandungan protein yang sangat tinggi pada ikan berlemak. Protein sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan integritas kulit pada wajah.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@micheile via Unsplash

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Selain bisa menyehatkan kulit, ternyata alpukat juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat wajah glowing secara alami. Ini karena alpukat mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat membuat kulit tampak bercahaya.

Buah ini juga kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids atau MUFA). Jenis asam lemak ini dikenal mampu melembabkan serta melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Selain itu, asam lemak ini juga dapat menjaga kulit tetap kenyal dan lembut.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian tahun 2010 yang dilakukan pada 700 wanita. Penelitian ini mengamati hubungan kondisi kulit dan asupan lemak serta antioksidan mikro. Hasilnya, asupan lemak tersebut dapat membuat kulit tampak sehat alami dan glowing.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@gilndjouwou via Unsplash

Stroberi

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dapat membantu menyehatkan kulit. Stroberi salah satunya, menjadi salah satu makanan yang bisa membuat wajah glowing secara alami.

Kandungan vitamin C pada stroberi dapat membantu memeperlambat munculnya garis halus, keriput, dan masalah kulit kering karena proses penuaan. Vitamin C juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas akibat sinar UV.

Di samping itu, stroberi juga bisa mendorong proses sintesis kolagen. Kolagen dipercaya dapat berfungsi menjaga elastisitas kulit, termasuk kulit wajah. Stroberi juga efektif untuk membasmi jerawat membandel di wajah, lho.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@disguise_truth via Unsplash

Paprika Merah

Makanan yang bisa membuat wajah glowing yang terakhir adalah paprika merah. Jenis paprika yang satu ini juga merupakan sumber beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan kulit. 150 gram paprika merah yang dicincang, dapat mencakupi 156 persen kebutuhan vitamin A harian.

Paprika merah juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat memproduksi protein kolagen, yang bisa berperan sebagai antiaging dan menjaga kulit tetap kencang, kuat, dan sehat. Dalam 150 gram paprika cincang, bisa memenuhi 221 persen kebutuhan vitamin C harianmu.

Sebuah penelitian yang melibatkan wanita, membuktikan adanya korelasi antara mengonsumsi banyak vitamin C dengan pengurangan risiko penuaan dini. Jadi, dapat disimpulkan bahwa konsumsi paprika merah bisa sangat membantu untuk membuat wajahmu glowing alami.

Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!
@vish448 via Unsplash

Itulah 7 jenis makanan yang bisa membuat wajahmu glowing secara alami. Ingatlah untuk mengonsumsinya secara rutin ya, agar mendapatkan hasil wajah glowing yang maksimal.

Staycation di Bobobox, yuk!

Selain mengonsumsi makanan yang bisa membuat wajah glowing, kesehatan kulit juga bisa dijaga dengan memperhatikan pola tidurmu. Kamu bisa banget lho mendapatkan pengalaman beristirahat dengan nyaman dan tenang dengan staycation di Bobobox!

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Tak usah khawatir dengan masalah kesehatan, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dengan rutin melakukan pembersihan serta menyemprotkan disinfektan.

Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya, karena interior Bobobox juga instagrammable banget. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar di aplikasi sekarang!

kamar bobobox

You might also like